Diskusi Azril Syamin

Selesai
Azril Syamin
Ditanyakan pada: Mengenal Lifecyle Hooks VueJS

properti didalam Vue

saya kurang yakin apa benar istilah yang dipanggil, tapi itu bukan permasalahan yang sebenarnya

soalan saya, apa saja properti yang ada didalam Vue?

misal ni, kalo dilihat pada link ini https://v2.vuejs.org/v2/guide/instance#Lifecycle-Diagram

atau gambar ini

dapat dilihat dilink/gambar diatas ada properti mounted dan lainnya, tapi ga nemu properti methods,filters,computed yang akan dibahas di video-video kedepan, apa methods,filters,computed ini penamaannya bisa dicustom sesuai kebutuhan?

var app = new Vue({ el: "#app", data: { maximum: 10, products: null }, mounted: function () { fetch("https://hplussport.com/api/products/order/price") .then(res => res.json()) .then(data => this.products = data) }, computed:{ } }, methods:{ } filters:{ } });

saya lihat ada divideo ada yang tutor typo type methods dengan method malah menghasilkan error jadi dugaan saya ini memeng properti bawaan dari Vue itu sendiri, mungkin ada link yang bisa saya rujuk atau boleh jelaskan secara ringkas supaya mudah dimengerti, properti bawaan Vue itu apa saja sebenarnya

2 Jawaban

Avatar
BroKoding

sebulan yang lalu

Jawaban Terpilih

Halo kak, perlu diketahui methods, filters, dan computed properties dalam bukanlah bagian dari siklus hidup komponen (component lifecycle), melainkan properti-properti yang digunakan untuk mendefinisikan perilaku dan tampilan komponen. Methods digunakan untuk menentukan fungsi-fungsi yang dapat dipanggil dalam komponen, filters digunakan untuk memformat tampilan data dalam template, sementara computed properties menghasilkan nilai secara dinamis berdasarkan properti-properti lain dalam komponen.

Kalau mounted adalah method dalam lifecycle yang dipanggil setelah sebuah komponen dipasang (mounted) ke DOM. Ini adalah titik di mana kita dapat melakukan manipulasi DOM lanjutan, seperti memanipulasi elemen yang telah dipasang atau menginisialisasi data yang bergantung pada DOM.

Avatar
Muhammad Fakhry Burhanuddin

sebulan yang lalu

Untuk methods bisa lihat https://v2.vuejs.org/v2/api/#vm-emit

Untuk filters bisa lihat https://v2.vuejs.org/v2/guide/filters#ad

Untuk yang lainnya bisa manfaatkan fasilitas search yang ada pada dokumentasi Vue.