Panduan Penggunaan Tizen - General dan Connectivity

Menyambungkan Handphone ke perangkat WIFI

Untuk menyambungkan Platform smartphone ke WIFI yang tersedia, ada 2 cara. Sama seperti Samsung Android, Samsung TIZEN menyambungkan Wifi dengan melalu settings atau juga dengan menggerakkan jari anda dari atas ke bawah layar sehingga muncul quick settings panel yang terdiri dari WI-Fi, mobile data, sound, torch, Bluetooth, ultra power saving, ultra data saving, auto rotate, location, dan flight mode.

Untuk menyambungkan ke wifi, cukup tekan option Wi-Fi dan user akan dibawa langsung ke pilihan wifi yang tersedia dan tinggal menyambungkan saja dengan memasukkan password wifi tersebut. Sedangkan jika melalui settings, buka settings lalu pilih Wi-fi dan sama seperti option pertama, user tinggal memilih wifi dan menyambungkan dengan wifi tersebut, sama persis seperti Android.

gambar 1 artikel 1

Menggunakan cara pertama.

gambar 2 artikel 1

gambar 3 artikel 1

Menyambung ke Wi-Fi dari Settings

Menscreenshoot pada Samsung TIZEN

Untuk hal yang satu ini, Samsung tidak mengganti dan membedakan Samsung TIZEN dan Samsung Android. Caranya tetap sama yaitu tekan dan tahan tombol power dan tombol hold secara bersamaan seperti yang terlihat pada gambar dibawah ini.

gambar 4 artikel 1

Fitur Bluetooth, Flight Mode, dan Hotspot tethering

Untuk mengaktifkan 3 fitur ini, persis sama dengan mengaktifkan dan menyambung perangkat ke Wi-fi. Cukup touch layar dari atas ke bawah sampai muncul quick settings panel seperti fitur Wi-fi, Bluetooth, dan sambungkan seperti yang ada pada gambar berikut.

gambar 5 artikel 1

gambar 6 artikel 1

Dan untuk mengaktifkan internet tethering dan flight mode cukup klik 2 fitur itu untuk menjalankannya.

Jika menjalankan dari setting, pilih fitur Hotspot and tethering dan pilih bagaimana anda ingin tethering, bisa melalui mobile hotspot, atau Bluetooth tethering atau bahkan usb tethering tergantung kebutuhan user seperti yang ditunjukkan oleh gambar ini.

gambar 7 artikel 1

gambar 8 artikel 1

Mengaktifkan mobile hotspot melalui settings.

Bagaimana allow or block notification dari setiap aplikasi yang terinstall di Samsung Tizen

Untuk menjalankan fitur ini, user harus membuka settings terlebih dahulu lalu cari sounds and notifications, setelah itu klik app notification lalu ada pilihan “allow all” dan pilihan setiap Aplikasi yang terinstall di OS user. Jika mau menonaktifkan cukup dengan satu ketukan seperti pada gambar.

gambar 9 artikel 1

gambar 9 artikel 1

gambar 10 artikel 1

Saat membuka App notifications ini adalah tampilan jika user menghidupkan fitur allow notifications untuk semua aplikasi.

gambar 11 artikel 1

gambar 12 artikel 1

Jika ingin block notification dari calculator cukup sentuk symbol kalkulator dan fungsi notification akan dimatikan, dan jika ingin blok semua notification dari applikasi cukup sentuh Allow all dan fitur tersebut akan memblok semua pemberitahuan yang terkait dengan applikasi yang ada di smartphone user.

Bagaimana cara mengatur font, font size, dan screen timeout

Untuk mengatur jenis Font, cukup masuk ke settings lalu pilih option font dan pilih tipe font dan font size yang user inginkan seperti yang terlihat dari gambar dibawah ini.

gambar 13 artikel 1

gambar 14 artikel 1

Untuk screen time out user bisa mengatur seberapa lama screen menyala, anda bisa mengatur selama 15 detik, 30 detik, 1 menit seperti yang terlihat pada gambar.

gambar 16 artikel 1

Dilihat kali

Is this helpful?

Share This Post