Apa itu CodePolitan?

CodePolitan adalah media edukasi dan informasi tentang pemrograman dan teknologi. CodePolitan dibangun untuk memfasilitasi para developer dalam mendapatkan informasi dan pengetahuan seputar pemrograman dan teknologi. Konten-konten yang ada di CodePolitan disusun sedemikian rupa dan dalam bahasa Indonesia agar mudah dipahami oleh para developer Indonesia.

CodePolitan menerapkan sistem gamifikasi pada proses belajarnya yang diharapkan akan membuat belajar coding di CodePolitan menjadi lebih menarik dan menyenangkan.

 

Apa saja yang ada di CodePolitan?

Sebagai media edukasi dan informasi, berikut ini adalah kanal-kanal belajar yang ada di CodePolitan:

ONLINE

Nama Kanal Deskripsi
Articles Konten-konten dalam format artikel berupa informasi, berita, tutorial teknikal, tips & trik dan opini seputar pemrograman dan teknologi. Selain para CodePolitan Rangers (official author), para user di CodePolitan pun bisa berkontribusi memberikan pengetahuan yang dimilikinya. Selengkapnya.
Interactive Coding Konten pembelajaran tentang bahasa pemrograman tertentu yang disusun secara sistematis disertai contoh-contoh kode yang bisa langsung dipraktekan. Sangat cocok bagi yang ingin menguasai bahasa pemrograman tertentu. Selengkapnya.
Tutorial Set Kumpulan tutorial yang telah dikelompokan secara khusus berdasarkan teknologi tertentu. Selengkapnya.
Academy Konten pembelajaran seputar mobile dan game development yang disusun secara sistematis sesuai dengan standar indutsri. Merupakan kerjasama dengan Dicoding Indonesia. Selengkapnya.
E-Book Konten pembelajaran tentang pemrograman dan teknologi yang membahas tentang tema-tema tertentu dengan format buku elektronik (e-book) yang bisa didownload oleh user. Selengkapnya.
Video Blog Konten pembelajaran tentang pemrograman dan teknologi yang membahas tentang tema-tema tertentu dengan format video. Video Blog ini bisa ditonton melalui kanal Youtube CodePolitan. Selengkapnya.
Event Kumpulan jadwal kegiatan yang berhubungan dengan pemrograman dan teknologi. Selain CodePolitan Rangers, para user yang memiliki kegiatan bisa melakukan publikasi acaranya melalui kanal ini asalkan memenuhi persyaratan sebagai media partner CodePolitan. Selengkapnya.

OFFLINE

Untuk mewadahi user yang ingin belajar pemrograman secara tatap muka langsung dengan intensif, CodePolitan juga memiliki berbagai program kegiatan belajar yang dilakukan secara offline. Diantaranya antara lain kursus offline, bootcamp, workshop dan seminar. Selengkapnya.

 

Bagaimana cara berkontribusi di CodePolitan?

Untuk bisa melakukan kontribusi di CodePolitan, user harus register dan login terlebih dahulu kemudian membuka halaman user dashboard untuk memulai kontribusi. Dan untuk setiap aksi kontribusi yang dilakukan, user akan mendapatkan tambahan VAL untuk meningkatkan level akunnya. Tambahan VAL yang diberikan akan bebeda-beda untuk setiap aksinya.

 

Apa itu VAL?

VAL merupakan satuan untuk mengukur keaktifan user dalam berkontribusi di CodePolitan. Ketika pertama kali bergabung di CodePolitan, user akan mendapatkan nilai VAL sama dengan 0. VAL tersebut akan terus bertambah sesuai dengan aktivitas yang dilakukan oleh user di CodePolitan. Nilai VAL yang dimiliki oleh user tidak akan berkurang.

Semakin tinggi nilai VAL yang dimiliki oleh user maka akan semakin tinggi tingkat otoritas user tersebut dalam CodePolitan. User yang memiliki otoritas lebih tinggi akan mendapatkan manfaat lebih banyak dari CodePolitan.

 

Bagaimana cara mendapatkan VAL?

Untuk mendapatkan VAL di CodePolitan adalah dengan cara berkontribusi dan melakukan beberapa aksi yang telah ditentukan oleh CodePolitan. Beberapa aksi tersebut adalah sebagai berikut:

Nama Aksi Deskripsi VAL
Menyempurnakan profile Melengkapi semua informasi dasar profile akun pada halaman Account Setting. Hanya berlaku sekali. 200 VAL
Publikasi artikel atau Event User akan mendapatkan tambahan VAL untuk setiap artikel atau event baru yang ditulis. Satu artikel atau event hanya akan mendapatkan tambahan VAL sekali. Tambahan VAL akan diberikan setelah artikel atau event disetujui dan dipublikasi. 100 VAL
Mendapatkan Thanks Setiap kali artikel yang ditulis oleh user mendapatkan Thanks dari user lainnya, maka user yang menulis artikel tersebut akan mendapatkan tambahan VAL. Seorang user hanya bisa melakukan Thanks sekali saja untuk sebuah artikel. 1 VAL
Menyelesaikan Interactive Coding Setiap kali user menyelesaikan sebuah interactive coding, user akan mendapatkan penambahan nilai VAL. Nilai dari penambahan VAL setiap interactive coding berbeda antara satu dengan yang lainnya yang tercantum pada halaman detail dari masing-masing interactive coding. 1000 - 5000 VAL
Aksi Khusus Ada aksi-aksi khusus yang diadakan pada waktu-waktu tertentu yang bila user melakukannya akan mendapatkan tambahan VAL tertentu. Nilai VAL dan aksinya beragam sesuai dengan pemberitahuan yang diberikan oleh CodePolitan. 100 - 5000 VAL
 

Apa yang bisa dilakukan dengan VAL?

Semakin tinggi nilai VAL yang dimiliki oleh user maka akan semakin tinggi tingkat otoritas user tersebut dalam CodePolitan. User yang memiliki otoritas lebih tinggi akan mendapatkan manfaat lebih banyak dari CodePolitan.

Manfaat-manfaat yang bisa didapatkan antara lain:

  • Bisa mendownload ebook premium tertentu
  • Bisa mengikuti interactive coding tertentu
  • Bisa mendapatkan hadiah tertentu yang diberikan pada waktu tertentu oleh CodePolitan
  • Bisa mengikuti giveaway yang diadakan oleh CodePolitan dan atau partner CodePolitan
  • Bisa mengikuti event-event tertentu yang diadakan oleh CodePolitan dan atau partner CodePolitan
 

Bagaimana cara belajar di CodePolitan?

Sesuaikan cara dan kanal belajar yang ada di CodePolitan dengan level kemampuanmu dalam coding.

Zero

Buat kamu yang baru tertarik ingin mempelajari pemrograman, masih belum mengerti secara detail tentang pemrograman dan masih bingung harus mulai belajar dari mana, kamu bisa mulai belajar dari Start Learning.

Novice

Buat kamu yang masih pemula dan belum menguasai bahasa pemrograman tertentu, kamu bisa mulai mempelajari salah satu bahasa pemrograman melalui kanal Interactive Coding dan Academy dan Intensive Learning.

Advance

Buat kamu yang sudah mulai mengerti tentang pemrograman dan sudah mulai menguasai salah satu bahasa pemrograman, kamu bisa meningkatkan skill kamu melalui kanal Tutorial Set, E-book, Event dan Intensive Learning.