Bromo, Distro IGOS Nusantara 2.0 untuk Kebutuhan Server

Bagi seorang sysadmin, server adalah makanan sehari-hari. Didalamnya terdapat macam-macam distro server yang digunakan seperti CentOS, Debian, Ubuntu, FreeBSD dan masih banyak lagi. Namun tidak hanya itu saja, negeri kita juga punya distro server sendiri, sebut saja IGOS Nusantara (IGN).

IGOS Nusantara Server sudah mencapai versi 2.0, masih cukup muda memang. Namun jangan salah, distro server ini dikembangkan secara konsisten oleh pengembang. Setelah dua tahun bekerja, akhirnya IGOS Nusantara 2.0 Server rilis pada tanggal 27 februari 2015. Sedangkan kode rilis dinamai dengan Bromo.

Tujuan pengembangan IGOS Nusantara memang difokuskan untuk melayani kebutuhan enterprise sehingga mempunyai jadwal rilis yang lumayan lama. Salah satu keuntungannya, pengembang bisa fokus pada fitur keamanan yang lebih baik. Selain itu, teknologi yang dikembangkan juga diuji sehingga stabil ketika digunakan.

IGN server 2.0 menggunakan basis distro RHEL 7 dan CentOS 7. Keuntungan yang didapatkan diantaranya IGN server 2.0 memiliki update yang sama dengan RHEL 7. Karena RHEL 7 memang dibangun secara konsisten dengan memakan waktu kurang lebih 7 tahun lamanya.

Sedangkan untuk fitur keamanan, IGN server 2.0 menyediakan SELinux. Didalam SELinux, kita bisa mendapatkan penyempurnaan keamanan untuk mengatur otorisasi aplikasi dan melakukan kontrol pada layanan sistem yang tersedia. Jika kita ingin menggunakannya untuk keperluan virtualisasi, kita bisa menggunakan sVirt. Keuntungan yang didapat diantaranya kita bisa mengamankan celah keamanan pada Hypervisor melalui guest system dan menutup akses virtual machine lainnya.

Apa saja aplikasi default yang disediakan distro IGN server 2.0? Diantaranya web server, mail server, proxy server, OpenGeo, OpenStack, CloudStack dan lain-lain. Sedangkan kernel sudah didukung hingga versi 4.0.4. Distro IGN server 2.0 memang cocok untuk cloud computing dengan aplikasi default dan kernel yang disediakan.

Untuk cara instalasi IGN Server 2.0, kita bisa menggunakannya via CD maupun file ISO image yang disediakan di repositori IGN dan LIPI.

(yp/igos-nusantara)

Dilihat 661 kali

Is this helpful?

Share This Post