Inilah Visi Yang Wajib Dimiliki Startup

Halo sobat coders, kembali Saya akan mensharingkan pengalaman dari apa yang saya baca dan yang saya praktekan secara langsung. Saya baru dapat mensharingkan hari ini setelah saya disibukan dengan projects kemarin-kemarin dan launching platform bimbel pemrograman online kopdar.co.id yang baru saja saya rilis beberapa hari ini. Artikel ini menjadi artikel pertama saya setelah mendapat juara 2 di kontes Codepolitan kemarin, itu merupakan apresiasi yang sangat besar bagi saya dan Itu semua tidak lepas dari dukungan teman-teman coders. Hal tersebut membuat saya ingin lebih lagi untuk membagikan cerita kepada teman-teman mengenai dunia ITPreneur, dan tentunya saya juga akan membagikan tentang tips dan trik mengenai Startup dalam mengembangkan aplikasi sampai mengenalkan produknya kepada khalayak.

Untuk kamu yang suka dengan website dan ingin mengembangkan startup dengan teknologi web, Teknologi Hybrid boleh dicoba untuk membuat Android. Jadi tidak perlu lagi mempelajari Native Android tapi dengan Hybrid karena sudah mampu menghandle itu semua seperti pada aplikasi Facebook dan lain-lain itu menggunakan hybrid. Pada next tutorial saya akan memberikan tips dari segi tampilan atau user interface suatu aplikasi sehingga aplikasi itu menjadi lebih menarik untuk orang mau menggunakan aplikasi tersebut.

Pada postingan kali ini saya akan membahas tentang visi StartUp yang wajib kita miliki, saya akan to the point pada artikel kali ini sehingga teman-teman dapat mengerti apa yang saya bagikan.

Kita berbicara tentang perubahan

Untuk mencapai hasil tentu saja kita melakukan tindakan sampai melewati masa proses, pertanyaan saya adalah Apakah teman-teman sudah merasa cukup dengan hasil yang diterima selama ini? kalo kita berbicara tentang hasil, tidak serta merta menyangkut tentang uang saja, namun hasil merupakan sesuatu yang kita dapatkan dari tindakan kita biasanya, misal seperti penghargaan, kebanggaan, hubungan baik antara perusahaan dan klien, atau yang freelance mempunyai banyak Project sejauh ini. Itu semua adalah hasil yang dicapai tentang tindakan yang kita lakukan, saya banyak mendapat keluhan dari teman tentang hasil yang mereka capai tidak sesuai dengan apa yang mereka harapkan. Namun tetap saja mereka melakukan tindakan yang mereka lakukan tidak ada perubahan, maka hasil yang mereka capai juga tidak akan ada perubahan juga.

Maka dari itu visi harus dikedepankan supaya Harapan dapat terealisasi menjadi hasil, Bagaimana kalau sudah terlanjur take action dan tidak sesuai dengan hasil? disinilah perlu adanya perubahan sikap atau perubahan tindakan yang kita rubah untuk mendapatkan hasil yang berbeda tentu saja. Perubahan tindakan inilah yang akan membuat perubahan hasil yang akan kita capai.

Kemudian apa kaitannya dengan start up ?

Tidak sedikit StartUp yang mulai berguguran karena mereka tidak mempunyai visi ke depan yang jelas, mereka hanya ikut-ikutan tentang trend yang sekarang ada. Memang trik atau teknik meniru merupakan salah satu cara untuk mencapai hasil yang bagus. dan biasanya orang menyebutnya trik ATM (Amati Tiru Modifikasi modifikasi), namun jika tidak memiliki visi yang jelas maka semua itu hanya akan menjadi bayangan dari bisnis yang sudah ada.

Untuk mendapatkan hasil yang sesuai dengan harapan,

  1. Mari luangkan waktu untuk memikirkan apa saja tindakan yang sudah kita lakukan selama ini. Mungkin ada yang salah dengan tindakan yang kita lakukan sehingga hasil tidak sesuai yang kita harapkan.
  2. Pikirkan 2 tahun kedepan apa yang harus anda capai, apa saja yang dilakukan supaya dapat mencapai tujuan tersebut.

Pada artikel Sebelumnya saya sudah membahas bagaimana analisis swot untuk menjadi web development, itu akan sangat membantu teman-teman dalam menganalisis kelebihan dan kekurangan untuk mengembangkan bisnis yang teman-teman tekuni.

Baca Juga : Strategi Menjadi Entrepreneur di Bidang Web Development

Berikut pertanyaan-pertanyaan yang harus dijawab :

  1. Kemudian Bagaimana gambaran tentang diri sendiri?
  2. Seorang pemimpin StartUp harus mempunyai visi dan itu dimulai dari diri sendiri kalau diri sendiri tidak mempunyai visi bagaimana cara untuk visioner kepada perusahaan?
  3. dan jika anda seorang StartUp bagaimana anda mengomunikasikan visi tersebut kepada tim, Apakah tim mau menerima visi yang kita sampaikan?

Harus memiliki gambaran bagaimana StartUp tetap hidup. dengan adanya komunikasi dan kesepakatan bersama maka StartUp itu akan menjadi satu visi untuk berkembang dan menjadi maju.

Kemudian berbicara tentang interaksi kepada klien yang kita tuju dan target market yang kita tentukan, berilah mereka alasan yang jelas Mengapa mereka sangat membutuhkan produk dari startup kita. berilah alasan yang kuat sehingga mereka mau membeli produk kita atau menggunakan produk yang kita buat. persiapkan juga kira-kira keraguan apa yang ada pada klien tidak menggunakan produk kita, tangkis hal tersebut dengan jawaban yang sudah kita persiapkan sehingga mereka menjadi yakin terhadap produk yang kita buat.

Oke seperti itu tips singkat dari saya semoga membantu dalam mengembangkan ide menjadi dreams come true.

Dilihat 1446 kali

Is this helpful?

Share This Post