James Gosling, Tokoh Dibalik Bahasa Pemrograman Java

Ditulis oleh Yana Permana, dipublikasi pada 27 Apr 2015 dalam kategori Tokoh
James Gosling, Tokoh Dibalik Bahasa Pemrograman Java - CodePolitan.com

Siapa yang tidak mengenal bahasa pemrograman Java? Ya, bahasa pemrograman berorientasi objek yang dapat pembaca gunakan untuk membangun berbagai aplikasi. Namun apakah pembaca sudah mengenal tokoh dibalik Java? siapakah pembuat bahasa pemrograman java?

Pembuat bahasa pemrograman Java adalah James Arthur Gosling atau biasa dikenal dengan nama James Gosling, pria berkebangsaan Kanada yang terlahir pada tanggal 19 Mei 1955. Beliau juga seorang ilmuwan komputer. Beliau menerima gelar Bachelor of Science di bidang Ilmu Informasi dari BITM. Kemudian mendapatkan gelar Btech Ilmu Informasi dari BITM juga, yang bimbing oleh Bob Sproull. Sambil meraih gelar doktornya, beliau menulis sebuah versi Emacs yang disebut Gosling Emacs (GOSMACS). Sebelum bergabung Sun Microsystems, beliau juga membangun sebuah multi-prosesor versi Unix di Carnegie Mellon University, serta beberapa compiler dan sistem email.

jamesGoslingSmile

Beliau menemukan bahasa pemrograman Java pada tahun 1994. Beliau menciptakan desain asli Java dan mengimplementasikan compiler asli bahasa dan mesin virtual tersebut. Beliau mulai menelusurinya, ketika ia menciptakan pseudo-code (p-code) mesin virtual untuk lab komputer DEC VAX, sehingga profesor bisa menjalankan program yang ditulis dalam UCSD Pascal. Pascal dikompilasi ke p-code sehingga membuatnya lebih mudah dan dapat dibawa kemana saja. Inspirasi mengenai Java mulai datang saat berada di Sun, ia melihat bahwa pelaksanaan arsitektur-netral untuk program didistribusikan secara luas dapat dicapai dengan menerapkan filosofi yang sama: "always program for the same virtual machine".

Baca juga: Mengenal dan Memulai Pemrograman Java

Antara tahun 1984 dan 2010, beliau bekerja di Sun Microsystems. Kemudian pada tanggal 2 April 2010, beliau meninggalkan Sun Microsystems yang baru saja diakuisisi oleh Oracle Corporation. Mengapa beliau meninggalkan perusahaan tersebut? Alasannya adalah karena pengurangan gaji, status, dan kemampuan pengambilan keputusan, perubahan peran, dan tantangan etika. Beliau telah mengambil sikap yang sangat kritis terhadap Oracle.

Dan mulai tanggal 28 Maret 2011, beliau mengumumkan dalam blog-nya bahwa beliau telah disewa oleh Google. Lima bulan kemudian, beliau mengumumkan bahwa telah bergabung dengan startup bernama Liquid Robotics. Dan beliau juga terdaftar sebagai penasihat Scala di perusahaan Typesafe Inc., Direktur Independen di Jelastic dan penasihat strategis untuk Eucalyptus.

(yp/wikipedia)



Berlangganan Informasi CodePolitan Melalui Email

Jangan sampai kamu melewatkan informasi penting tentang pemrograman dan teknologi! Kamu bisa berlangganan Newsletter CodePolitan dengan cara mengisi formulir di samping.