Jenius IT Hackathon Internal 2017 - BTPN

Jenius IT Hackathon 2017 merupakan event Hackathon yang diselenggarakan oleh Jenius dan juga IT Division BTPN. Event ini diselenggarakan pada tanggal 12-13 Agustus 2017 dan bertempat di Menara BTPN lantai 18 (Kantor Jenius) dan Lantai 27 (Lounge).

Panitia yang terdiri dari karyawan Jenius dan juga IT BTPN telah mempersiapkan setiap kebutuhan pelaksanaan acara untuk 2 hari kedepan. Acara dimulai dari jam 9 pagi, dibuka dengan sambutan dan juga penjelasan aturan main dan jadwal kegiatan Hackathon.

Para peserta terbagi ke dalam 33 tim dengan berbagi usulan ide yang unik dan menarik untuk dalam meningkatkan pelayanan dari Jenius app. Hackathon internal ini diikuti oleh peserta yang tediri dari karyawan Internal BTPN dan juga beberapa merupakan peserta undangan dari pihak eksternal BTPN.

Main Lounge Hackathon

Peserta Hackathon telah bersiap dan diposisikan di ruangan sesuai ketentuan dari panitia, masing masing diberikan kaos dan ID card sebagai pengenal peserta hackathon Jenius IT BTPN.

Cemilan Asik Saat Presentasi

Selama proses pengembangan prototype dari ide yang diajukan masing masing tim, peserta diberikan fasilitas yang cukup lengkap mulai dari kebutuhan logistik sampai hiburan. Diantaranya Kursi Pijat, PS4, Snack dan minuman, bahkan disediakan sleeping bag apabila ada yang ingin istirahat saat malam hari.

Main Lounge Hackathon 2

Hari pertama berlangsung dengan fokus peserta untuk pengembangan prototype, beberapa diantaranya ada yang santai dan ada pula yang sangat serius diskusi dan koding.

Agenda di malam hari akan ada kunjungan dari Juri ke setiap tim.Juri mendengarkan penjelasan tiap tim mengenai ide dan prototype yang mereka kembangkan, kemudian juri memberikan masukan dan juga menentukan skor dari tiap ide dan presentasi masing-masing tim.

Kunjungan Juri ke tiap Tim

Keesokan hari nya, acara dimulai sejak jam 10 siang dengan setiap peserta pindah ke lantai 27 BTPN untuk hadir di acara puncak. Peserta dihimbau untuk menghentikan proses pengembangan prototype (meski beberapa curi-curi waktu untuk menyempurnakan prototype). Briefing Panitia Semifinal

Kemudian setelah sambutan dan pembukaan oleh MC dengan beberapa jargon yang membangkinkan semangat peserta Hackathon, MC mulai mengumumkan beberapa tim yang lolos ke 10 besar yang diberikan kesempatan untuk presentasi di depan Juri dan juga tim lainnya.

Empat orang juri Hackathon diantaranya yaitu :

  • Bapak Alfonso (Digital Banking Solution Head BTPN)
  • Bapak Jufri Fan (IT Solution Architect BTPN)
  • Rizqi Meydiarso (CTO Kata.ai)
  • Sofyan Hadiwijaya (co-Founder Pinjam.co.id)

Penjurian & Presentasi 10 Finalis

Dari 33 Tim yang masuk Jenius IT Hackathon Internal, terpilihlah 10 Finalis berikut ini

  • MonteCarloDev
  • Jenius Teens
  • SBR
  • Cah Slipi
  • Funtastic 5
  • Invictus
  • Somewhere I Belong
  • 3 Fox
  • SJC Squad
  • Uwvuvwevwue

Para finalis ini akan mempresentasikan ide dan produknya di hadapan para Juri dan juga peserta lainnya. Selama proses presentasi setiap Juri memberikan pembobotan nilai dan juga mengajukan pertanyaan kepada finalis.

3 Tim Pemenang Hackathon

Setelah 10 tim presentasikan Ide dan prototype mereka dan melalui tahap tanya jawab dengan juri, terpilihlah 3 tim terbaik yang menjadi pemenang, yaitu :

  1. Invictus : Produknya adalah Jenius Arisan, dimana nasabah Jenius dapat membuat grup Arisan yang secara otomatis autodebet saldo tabungannya untuk arisan.
  2. SBR Produknya adalah Jenius Virtual Keyboard, dimana saat menemukan keyword transaksi maka keyboard dengan cerdas menyarankan beberapa perintah untuk melakukan transaksi secara langsung diaplikasi apapun.
  3. Uvuvweue: Produk yang diajukan adalah Jenius Reward Points, dimana reward tersebut dapat ditukarkan dengan penawaran menarik dari Jenius.

Hadiah yang diberikan cukup menarik, berikut ini hadiah yang diberikan :

  • Juara pertama : Macbook Air 13" 2015 (untuk setiap anggota tim)
  • Juara Kedua : Uang tunai Rp 30.000.000,-
  • Juara Ketiga : Uang tunai Rp 15.000.000,-

Baca jugaSeminar dan Hackathon RIoT - Republic of IoT


Setelah pengumuman dilaksanakan, acara ditutup oleh foto bersama dan juga pemberian penghargaan dan goodies kepada Juri dan juga peserta yang telah mengikuti acara hackathon.

Penutupan dan Foto Bersama

Harapan Jenius dan IT BTPN dengan terlaksananya Hackathon Internal ini dapat memotivasi Karyawan dan juga beberapa peserta dari pihak luar untuk terus berinovasi dalam bidang perbankan dan memberikan dampak baik untuk masyarakat luas.

Dilihat 1454 kali

Is this helpful?

Share This Post