Jenius - Layanan Perbankan Digital Dengan Keunikan Budaya Agile

JENIUS, merupakan inovasi Digital Banking dari Bank BTPN yang memiliki visi untuk mengubah hidup jutaan rakyat Indonesia. Sebagai sebuah produk yang terus dikembangkan mengikuti kebutuhan penggunanya dengan mengandalkan sistem kerja Agile dan SCRUM Framework sebagai budaya kerjanya, Jenius telah merevolusi bidang perbankan karena menghadirkan proses digitalisasi perbankan sejak awal.

Kita bisa melakukan pembukaan rekening, mengatur limit kartu, blokir dan buka blokir kartu, serta menyusun manajemen keuangan secara mandiri dengan menggunakan smartphone berbasis Android dan iOS, juga melalui Web. Jadi kita semakin mudah dan bahkan lebih aman dalam pengaturan keuangan sehari-hari.

Kita sekarang bisa membuka rekening Jenius dan melakukan transaksi tanpa perlu pergi ke kantor bank atau cabang. Calon pengguna dapat mengunduh aplikasi Jenius dari Google Play Store atau App Store, lantas mendaftar lewat aplikasi. Cukup dengan menyediakan kartu identitas (KTP), NPWP, dan tanda tangan di atas selembar kertas putih, diikuti dengan melakukan selfie bersama KTP dan meng-upload foto NPWP serta tanda tangan.

Jenius memiliki berbagai fitur yang memudahkan pengguna dalam melakukan transaksi dan perencanaan keuangan mereka, antara lain :

  1. Kirim uang ke keluarga, teman, dan bayar tagihan (atau meminta uang dari mereka)

    • Send It: Lakukan pembayaran dari satu tempat. Mulai dari bayar tagihan hingga kirim uang ke siapa pun di Indonesia, tanpa perlu tahu informasi bank tujuan.
    • Pay Me: Kita bisa kirim permintaan uang melalui $Cashtag, nomor handphone, atau alamat e-mail, langsung dari smartphone.
    • Split Bill: Bagi rata tagihan dengan Split Bill. Kita tinggal memasukkan tagihan yang mau dibagi, kirim notifikasinya via Jenius atau instant messaging.
  2. Menabung untuk mimpi dan semua tujuan di masa depan

    • Save It: Kamu bisa simpan dana darurat di Flexi Saver dengan bunga 5% per tahun, nabung untuk impian di Dream Saver dengan bunga 5% per tahun, dan membuka deposito di Maxi Saver dengan bunga hingga 6,25%.
  3. Kontrol anggaran belanja kamu melalui x-Card dan kategorisasi pengeluaran

    • Card Center: Satu tempat untuk mengatur semua kartu debit Jenius-mu mulai dari membatasi limit transaksi dan tarikan tunai harian sampai (un)block kartu.
    • In & Out: Kamu bisa cek, cari, dan download semua histori transaksi tanpa batas waktu dan tanpa perlu pergi ke bank.

Selain itu, Jenius juga memiliki layanan Chat di dalam aplikasi. Kapan saja kita bisa bertanya seolah-olah memiliki CS (customer service) pribadi untuk menjawab berbagai pertanyaan kita seputar Jenius.

Jenius Kelebihan ini nih yang paling asyik, Jenius dilengkapi dengan tiga jenis kartu debit VISA untuk transaksi retail online maupun offline di seluruh dunia dan tersambung dengan jaringan perbankan nasional. Salah satunya adalah e-Card yang memungkinkan penggunanya melakukan transaksi online. Jadi ga perlu ribet lagi urus pake Credit Card atau VCC untuk transaksi online.

Jenius membentuk pendekatan baru ke masyarakat dalam hal perbankan dan keuangan yang dirancang sesuai dengan perubahan dinamis secara digital. Hubungan yang tak dapat terpisahkan antara hidup dan keuangan ini sebagai: Life Finance.

Jenius adalah nadi dari Life Finance.

Visi Jenius adalah untuk membantu masyarakat urban dan digital savvy dalam menjalankan dan mengatur life finance secara lebih mudah, cerdas, dan aman melalui smartphone berbasis Android maupun iOS. Jenius terus mengembangkan fitur-fitunya berdasarkan kebutuhan dan gaya hidup masyarakat digital savvy. Jenius juga akan ber-evolusi mengikuti perubahan dunia yang begitu cepat dan berkembang serta sangat fokus kepada nasabahnya (customer-centric).

Aktifitas Sprint Planning Dalam prosesnya Jenius melakukan review dan updates secara berkala untuk menyediakan layanan yang lebih baik lagi ke depannya, mengikuti perkembangan kebutuhan pengguna. Karena dengan mengutamakan orang (manusianya) sebelum uang mereka, Jenius percaya dan berkomitmen untuk berkolaborasi/co-creation bersama masyarakat digital savvy, komunitas, dan mitra yang relevan dalam membangun Jenius sebagai platform keuangan dan hidup.

Dikutip dari artikel Media Indonesia, Digital Banking SCRUM Master BTPN, Wijayawati, menuturkan bahwa sejak dirilis agustus 2016 lalu Jenius telah diunduh lebih dari 2,5 juta kali.

Bank BTPN mengembangkan Jenius dengan Agile manifesto dengan menerapkan praktik SCRUM Framework dalam sistem kerjanya. Dalam menerapkan agile, tentu tidak hanya dengan membangun tim dengan mengumpulkan talenta yang tepat, melainkan juga penyesuaian dalam banyak hal. Salah satu penyesuaian yang dilakukan adalah dengan menciptakan lingkungan dan budaya kerja dinamis yang bisa menunjang prinsip-prinsip dasar agile.

Suasana kerja di kantor Jenius BTPN, Menara BTPN Lantai 18

Pengembangan Jenius dengan Agile manifesto ini terinspirasi dari Agile working practices (Spotify dan ING), technology stack & architecture (Amazon, Netflix, dan masih banyak lagi), serta beberapa layanan perbankan (seperti beberapa bank digital di Eropa dan Amerika Serikat).

Tujuan dari penerapan agile manifesto ini adalah menghasilkan perangkat lunak bernilai jual tinggi, berbiaya lebih murah, dan bekerja secara optimal. Agile pun mengakomodasi untuk menghasilkan perangkat lunak yang selalu mengalami perubahan dan revolusioner dengan tujuan menghasilkan produk yang mampu menyesuaikan dengan kebutuhan pengguna.

Pada tanggal 12-13 Juli 2017 lalu, Bank BTPN menunjukan keseriusan budaya agile dengan menjadi tuan rumah pelaksanaan Agile Indonesia Conference dengan tujuan menyebarkan pengetahuan, kesadaran dan pengalaman tentang agile manifesto untuk perusahaan-perusahaan di indonesia

Selain itu, dalam pengembangan aplikasi Jenius dilakukan melalui sebuah proses co-creation yang melibatkan berbagai banyak orang dengan berbagai latar belakang untuk mencoba aplikasi ini dan memberikan pendapat akan apa yang mereka suka dan apa yang perlu diperbaiki. Metode ini tentu sangat sesuai untuk menjawab kebutuhan konsumen yang sangat cepat dan dinamis.

Fasilitas lingkungan kerja Jenius BTPN

Selain tempat kerja dan lingkungan yang agile, Bank BTPN pun menyediakan fasilitas yang menyenangkan dan lengkap untuk karyawannya di Menara BTPN, seperti kantin, tempat karaoke, billiar, PS4, perpustakaan, dan studio band ditambah dengan corner yang menyenangkan untuk bekerja apabila bosan di ruang kerja. Tak ketinggalan juga tempat training center dan tempat ibadah seperti mushola yang luas dan bersih menjadi perhatian utama Bank BTPN.

Jadi, kapan kamu buka akun Jenius? download di App Store/Google Play Store.

Namun, Jika kamu berminat untuk bergabung menjadi bagian dari Jenius dengan pesona budaya agile nya kamu bisa apply ke https://www.jenius.com/career/

Dilihat 3392 kali

Is this helpful?

Share This Post