Jadilah Bagian dari Solusi Developer Indonesia dengan Bergabung Sebagai Instructor di HACKTIV8

Kebutuhan akan programmer oleh industri terutama di bidang teknologi semakin besar. Sinyal inilah yang ditangkap oleh HACKTIV8 dengan menggulirkan program pelatihan untuk membantu siapapun yang berminat menjadi programmer untuk belajar dan menjadi programmer profesional yang siap bekerja. Untuk dapat melakukan percepatan atas tujuan tersebut, HACKTIV8 membuka peluang bagi programmer untuk bergabung sebagai instructor atau pengajar.

Baca Juga: HACKTIV8, Solusi Belajar Coding dengan Jaminan Kerja

Para Instructor memiliki peran dalam memimpin proses diskusi, menjalankan pair-programming, mendukung siswa dalam menyelesaikan setiap proyek dan challenges yang diberikan, dan tentunya memberikan feedback demi tujuan yang lebih baik. Instructor di HACKTIV8 mampu mengembangkan meta-skills dan core concepts dari software engineering. Mereka juga dituntut untuk tidak hanya mengajarkan siswa untuk paham ‘how to code’ tetapi juga mengajarkan mereka untuk memahami ‘how to learn’.

Di HACKTIV8, Instructor juga berperan sebagai panutan. Mereka mampu mendemonstrasikan passion mereka dalam hal belajar, mengajar dan tidak kompromi terhadap standard. Instructor di HACKTIV8 berperan layaknya guide dalam petualangan, atau seperti triathlon coach. Dalam kata lain, Instructor di HACKTIV8 tidak hanya sekedar pengajar yang mengikuti textbook. Mereka melihat proses ‘mengajar’ sebagai sesuatu yang menantang, berarti, dan sangat menyenangkan.

Budaya dalam HACKTIV8 mendorong karyawannya untuk bisa menjadi diri mereka sendiri di lingkungan kerja dan membantu mereka untuk bekerja berdasarkan keahlian, minat, dan rasa ingin tahu mereka. Kamu adalah orang yang tepat untuk menjadi keluarga HACKTIV8 bila Kamu:

  • menikmati bekerja dalam lingkungan yang bergerak dengan cepat
  • serius terhadap pekerjaan, tetapi tetap bisa bersenang-senang
  • memiliki ketertarikan terhadap dunia pendidikan dan teknologi
  • punya passion yang besar terhadap sharing ilmu dengan sesama
  • percaya bahwa totalitas dalam edukasi adalah hal yang sangat dibutuhkan
  • mengapresiasi proses belajar mengajar dan melihat diri sebagai pribadi yang tidak pernah berhenti untuk belajar

Sebagai bentuk apresiasi atas dedikasi yang tinggi terhadap profesionalitas kerja, HACKTIV8 menawarkan salary yang menjanjikan bagi instructor, yakni berkisar di IDR 12,000,000 - IDR 18,000,000.

Bila Kamu merasa memiliki tanda-tanda di atas, atau Kamu melihat sebuah peluang karir yang menjanjikan yang layak Kamu terima, Kamu dapat mengajukan lamaran cukup dengan menyelesaikan tantangan ProblemSet di bawah ini.

ProblemSet

ProblemSet dari CodePolitan adalah tantangan yang diselenggarakan untuk menguji kemampuan (skill) programmer dalam teknologi tertentu. Setiap ProblemSet yang diadakan oleh CodePolitan telah didesain sedemikian rupa untuk menguji skill yang sesuai dengan kebutuhan hiring. Selain itu CodePolitan menyediakan reward bagi submission ProblemSet terbaik.

Tantangan ProblemSet kali ini adalah tentang React.js. Kamu harus menjawab tantangan ini untuk menunjukkan kemampuanmu di dalam pemrograman JavaScript menggunakan React.js, sehingga menjadi landasan bagi HACKTIV8 untuk dapat menerima Kamu sebagai instructor.

Kriteria Aplikasi

Kamu diminta untuk membuat aplikasi catatan (notes) berbasis React.js, dengan technology stack diantaranya:

  • Webpack
  • Express.js
  • RethinkDB/MongoDB
  • Arsitektur Redux/Flux (optional)
  • Relay.js dan GraphQL (optional)
  • Unit Testing (optional)

Adapun fitur yang terdapat di dalam aplikasi, diantaranya:

  • Create note
  • Update note
  • Display notes and single note
  • Delete note
  • Search note
  • Attach photo to note (optional)
  • Attach location to note (optional)
  • Note category (optional)
  • Note tag (optional)

Masing-masing kriteria technology stack maupun fitur berlabel optional yang diimplementasikan pada aplikasi akan memberikan nilai tambah. Adapun kriteria selain opsional adalah kriteria minimum yang wajib ada pada aplikasi. Kamu juga boleh menggunakan framework CSS atau CSS buatanmu sendiri untuk menata tampilan aplikasimu.

Baca juga: Ikuti Kompetisi Menulis Tutorial dan Menangkan Hadiah Beasiswa

Kriteria Pendukung

Berbeda dengan ProblemSet yang diselenggarakan sebelumnya, ProblemSet ini hanya ditujukan bagi pelamar sebagai instructor di HACKTIV8. Selain itu, karena posisi yang dicari adalah sebagai instructor, maka Kamu diharapkan untuk membuat sebuah video singkat berdurasi 3-5 menit yang berisi rekaman penjelasanmu terkait teknis pembuatan aplikasi yang sudah Kamu buat. Upload ke Youtube dan sertakan tautan video tersebut di form submission. Ini bukan kriteria wajib, namun menjadi bahan pertimbangan yang akan sangat membantu bagi HACKTIV8.

Hadiah

Xiaomi mi4c CodePolitan menyediakan 5 buah React.js T-Shirt dan Smartphone Xiaomi Mi 4C dengan komposisi pembagian hadiah seperti berikut:

  • 5 submission dengan nilai tertinggi akan mendapatkan React.js T-Shirt
  • 1 submission terbaik akan mendapatkan Smartphone Xiaomi Mi 4C

Catatan: Pemenang hadiah utama (smartphone) hanya peserta dengan submission terbaik dan diterima sebagai instructor di HACKTIV8.

Submission

Kamu dapat mulai mengerjakan ProblemSet sejak postingan ini dipublikasikan. Setelah aplikasi Kamu dirasa sudah selesai dan mantap, Kamu dapat mengirimkan URL kode project (file project dikemas dalam format .zip dan disimpan di cloud storage seperti Dropbox atau Google Drive) beserta data lainnya melalui form yang ada di bagian akhir artikel ini. Apabila Kamu hendak mengirimkan revisi kode, Kamu dapat submit ulang data dan Kami hanya akan menilai submission terbaru. Pastikan Kamu membundel file project lengkap beserta README untuk memudahkan tim penilai untuk dapat menjalankan aplikasimu. Batas akhir submission adalah tanggal 11 Desember 2016.

Pengumuman Pemenang

Daftar pemenang ProblemSet akan diumumkan paling lambat 2 minggu setelah tanggal akhir submission.

Form Submission

Powered byTypeform

Dilihat kali

Is this helpful?

Share This Post