waktu tersisa untuk klaim DISKON 40% dalam program Full Stack Membership. Klaim Promo!
Lebih terarah belajar coding melalui Kelas Online dan Interactive Coding Lihat Materi Belajar

Kode Rahasia yang Terdapat di Dalam Film 'Ex Machina'

Ditulis oleh Soeleman, dipublikasi pada 11 Aug 2017 dalam kategori Info
Kode Rahasia yang Terdapat di Dalam Film  'Ex Machina' - CodePolitan.com

Banyak sudah movie yang bertema teknologi menampilkan kode dalam scene. Kadang kodenya hanya potongan dan random. Dari source-code, xml bahkan configuration saja.

Bagi yang sudah menonton Ex Machina, ada potongan kode yang utuh dan bisa di execute. Dan menarik juga melihat apa yang di kerjakan oleh kode itu.

alt text

Kode didalam film

Seperti yang di gambar bawah, kita mendapatkan kode untuk men-decryt pesan. kode itu di bernama Bluebook.

alt text

Kebetulan code itu menggunakan Python dan bisa di-execute dengan Python 2.7 ( pip 1.5.6 dan setuptools 7.0 ). Lebih jelasnya code-nya seperti di bawah.

alt text

.NET

Melihat kode itu, kita tahu itu menggunakan Prime-Sieve algo. Tampaknya seru juga kalau bisa terjemahkan ke dalam .NET languge seperti C# dan VB.NET. Lumayan khan jadi lebih mengerti maksud kode itu dengan bahasa yang biasa kita gunakan.

Banyak cara meng-convert kode ini, tapi kita coba semirip mungkin dengan original. Walau kita tahu bahwa kode itu sendiri masih bisa dioptimalkan dengan algo yang berbeda.

Sieve

Method ini akan membuat Array yang dijadikan sebagai prime-squre. Disini kita menggunakan bantuan LINQ untuk membuat itu.

< VB.NET >

alt text

< C# >

alt text

Prime

Dalam ini kita membuat pencarian dari array diatas. Boleh dibilang ini 'mirip' sekali dengan kode aslinya.

< VB.NET >

alt text

< C# >

alt text

Kode

Kedua method sudah dibuat. Dan saatnya kita menggunakan untuk mendapakan hasil yang sama dengan kode asli. Kode ini lebih banyak memasukkan variable dan mengolahnya. Kalau dibandingkan, tidak banyak perbedaan juga.

< VB.NET >

alt text

< C# >

alt text

Pesan dalam Kode

Hasil dari code itu ternyata cukup menarik. Kode itu memberikan informasi tentang sebuah buku. ISBN = 9780199226559 dan kalau kita cari di-amazon maka kita akan mendapatkan judul buku seperti di gambar bawah. Sutradaranya kreatif, untuk menyisipkan 'pesan' itu dalam code-in-scene.

alt text

Referensi

Perhatian! Code yang ditampilkan dalam tulisan ini merupakan ilustrasi dari yang ingin dipaparkan dan bukan production ready code. Sudah banyak kejadian karena asal meng-copy-and-paste tanpa mengerti code yang diambil itu ke dalam production. Selain itu perlu ada tambahan code dan test sebelum siap untuk digunakan secara utuh.


background

Gabung CodePolitan Membership

Ingin belajar coding secara online dengan lebih terarah? Gabung sekarang dalam program Premium Membership di CodePolitan. Dapatkan ratusan modul belajar pemrograman premium dalam beragam format dengan materi silabus lengkap dan tersusun rapi dari awal hingga mahir.

LIHAT MATERI BELAJAR GABUNG MEMBERSHIP