Konversi JSON Menjadi Kelas Data Android Otomatis dengan DTOnator

Ditulis oleh Lord Voldemort, dipublikasi pada 20 Aug 2017 dalam kategori Tutorial
Konversi JSON Menjadi Kelas Data Android Otomatis dengan DTOnator  - CodePolitan.com

Saat membuat aplikasi Android, pembaca pasti pernah membuat kelas data untuk merepresentasikan data yang terdapat di dalam suatu file JSON. Kelas data ini biasanya dipakai untuk memetakan data yang berasal dari suatu API secara otomatis. Beberapa pembaca mungkin pernah menulis kelas data secara manual dan merasakan betapa repotnya jika data yang dimiliki berjumlah banyak. Karena penulisan secara manual dapat meningkatkan kemungkinan terjadinya kesalahan, developer biasanya menggunakan layanan konverter seperti jsonschema2pojo.com.

Sekarang kita dapat langsung mengonversi suatu file JSON menjadi kelas data yang diperlukan secara otomatis lewat Android Studio. Kemampuan ini dapat ditambahkan melalui plugin DTO generator yang dapat dipasang lewat jendela File > Settings > Plugins > Browse Repositry, cari dengan keyword DTO lalu klik tombol install plugin. Jangan lupa restart Android Studio agar plugin ini bisa dipakai.

Selanjutnya kita akan membuat kelas data untuk membaca data dari muslimsalat.com. Pertama buat dulu kelas utamanya, misalnya penulis membuat MuslimShalat.java. Di kelas yang baru, klik kanan lalu pilih Generate. Pada menu yang muncul, pilih DTO from JSON.

Pada jendela Generate DTO yang muncul, masukkan teks JSON ke dalam kotak di sebelah kiri. Pilih opsi Create separate file for each project untuk membuat file baru apabila ada kelas lain yang diperlukan saat pembuatan file. Jika ingin membuat field data private, pilih opsi Make Fields Private.

Apabila pembaca ingin menambahkan anotasi GSON, pilih opsi Gson. Namun, bila hanya ingin membuat kelas data biasa, cukup pilih opsi POJO.

DIbagian Prefixing field with, isikan simbol yang akan ditambahkan apabila ada nama field (variabel) yang tidak valid (misalnya menggunakan keyword Java seperti for, dll.).

Pilih opsi Use Camel Case untuk mendapatkan penamaan yang sesuai dengan aturan Java. Klik tombol OK untuk membuat kelas-kelas datanya.

Berikut ini contoh hasil kelas data yang dibuat oleh plugin DTO Generator.

Karena data JSON dari muslimsalat.com ternyata akan memerlukan objek baru, maka plugin membuatkan dua kelas tambahkan yakni Items.java dan TodayWeather.java:



Berlangganan Informasi CodePolitan Melalui Email

Jangan sampai kamu melewatkan informasi penting tentang pemrograman dan teknologi! Kamu bisa berlangganan Newsletter CodePolitan dengan cara mengisi formulir di samping.