Kotlin Native 0.5 Kini Bisa Memanggil Program Kotlin dari Swift dan C

Ditulis oleh Lord Voldemort, dipublikasi pada 20 Dec 2017 dalam kategori News
Kotlin Native 0.5 Kini Bisa Memanggil Program Kotlin dari Swift dan C - CodePolitan.com

Kotlin lebih dikenal sebagai bahasa pemrograman yang berjalan di JVM dan dapat bekerja dengan bersama bahasa pemrograman Java. Tahu kah pembaca bahwa Kotlin juga memiliki varian Kotlin/Native yang merupakan compiler untuk menerjemahkan kode-kode Kotlin menjadi bahasa mesin seperti halnya bahasa C?

Kotlin/Native baru saja merilis versi 0.5 yang membawa dukungan untuk pemanggilan kode Kotlin dari C, Objective-C dan Swift, mendukung iOS simulator, LLVM 5, dan kemampuan untuk membuat WebAssembly dari Linux dan Windows.

Reverse Interopability dari Objective-C dan Swift

Salah satu yang membuat Kotlin begitu happening adalah interoperabilitas 100% terhadap bahasa pemrograman Java. Dari Java kita bisa memanggil kode-kode program Kotlin dan begitu pula sebaliknya seakan-akan mereka masih ditulis dalam bahasa yang sama.

Dirilis sebelumnya, kita sudah bisa memanggil framework Apple dari Kotlin/Native dan dirilis 0.5 ini Objective-C dan Swift sekarang sudah bisa memanggil kode-kode program Kotlin yang seakan-akan ditulis dengan bahasa yang sama.

Untuk melihat demo fitur ini, silahkan buka contoh program kalkulator ini. UI aplikasi ini ditulis dengan Swift dan logic-nya ditulis dengan Kotlin.

Fitur-fitur Lain

  • Kotlin/Native mendukung operasi dari package kotlin.math yang mana telah ditambahkan di Kotlin 1.2
  • Versi 0.5 mendukung LLVM 5.0.0
  • Kode WebAssembly (-target wasm32) sekarang sudah bisa dijalankan di Linux dan Windows (sebelumnya hanya bisa di macOS)
  • Worker API telah ditingkatkan untuk memudahkan konsumsi worker execution result dan menambahkan kemampuan untuk mengirimkan primitive values dari dan ke worker

Download

Kotlin/Native dapat diunduh dari tautan-tautan berikut:

Sumber: jetbrains



Berlangganan Informasi CodePolitan Melalui Email

Jangan sampai kamu melewatkan informasi penting tentang pemrograman dan teknologi! Kamu bisa berlangganan Newsletter CodePolitan dengan cara mengisi formulir di samping.

Banner foot-promo-update is not found.