Kumpulan Extension Visual Studio Code Untuk Bantu Developer PHP Bekerja

Visual Studio Code atau biasa disingkat VSCode adalah editor keluaran Microsoft yang berhasil mencuri perhatian banyak developer. Editor teks yang open source ini sudah bisa langsung dipakai bekerja tanpa perlu melakukan banyak konfigurasi. Namun, jika ingin pekerjaan yang dilakukan lebih mudah lagi, VSCode memiliki plugin/extension yang bisa memberikan kemudahan itu untuk para developer. Berikut ini daftar extension yang akan membantu pekerjaan developer PHP.

Advanced New File

Demo

Saat membuat aplikasi, kita tentu akan sering membuat file baru. Extension ini dibuat untuk membantu mempercepat pembuatan file baru dengan kombinasi tombol CTRL + ALT + N yang akan menampilkan kotak dialog tempat menulis alamat pembuatan file. Jauh lebih cepat dibandingkan menggunakan mouse.

File Utils

demo

Extension ini membantu kita saat akan mengubah nama, membuat file duplikat, memindahkan atau menghapus file dan folder. Dengan extension ini kita tidak perlu mengakses sidebar file explorer. Cukup tekan CTRL + P lalu tulis File dan pilih operasi yang akan dilakukan untuk file yang sedang di buka.

PHP Intelephense

Intelephense memberikan fitur code completion dengan saran yang detail dan dukungan go to langsung ke sumber. Extension ini membuat kita tidak perlu mengingat seluruh sintaks perintah yang akan ditulis karena fitur intellisense dapat langsung bekerja tanpa konfigurasi.

Laravel 5 Snippets

Screenshot

Dengan menggunakan extension ini, proses penulis kode framework Laravel akan lebih cepat dan mudah. Tanpa perlu menulis kode Laravel secara utuh, kita cukup menulis prefix seperti Auth, Cache, Config, Route, Mail, View, dan kode template yang lebih lengkap akan muncul.

Laravel Blade Snippet

Demo

Mirip seperti extension yang sebelumnya, Laravel Blade Snippet memungkinkan kita untuk menulis sintaks blade dengan lebih cepat tanpa perlu seluruh kodenya secara utuh. Dengan menulis sintaks khusus yang lebih pendek, kita mendapat kode template yang lebih lengkap.

Laravel Artisan

Route List

Extension Laravel Artisan membuat kita bisa memanggil perintah artisan lewat command pallete. Cukup tekan tombol CTRL + Shift + P dan tuliskan Artisan, maka akan muncul daftar perintah yang bisa langsung dipanggil dari VSCode tanpa pindah ke aplikasi terminal.

Align

Pembaca mungkin pernah copy paste kode yang indentasinya jadi kacau? Extension ini memungkinkan kita untuk merapikan blok kode PHP sehingga lebih rapi yang enak dilihat. Kode yang rapi tentu saja akan memudahkan kita untuk mengidentifikasi posisi blok kode yang benar. Gunakan perintah CTRL + CMD + a untuk Mac dan CTRL + ALT + a untuk Windows/Linux.

Sumber: pusher

Dilihat kali

Is this helpful?

Share This Post