Laragon, Alternatif XAMPP Terbaik di Windows

Pembaca yang menggunakan Windows pasti sudah cukup akrab dengan XAMPP. XAMPP adalah aplikasi pilihan untuk kebutuhan development web PHP di komputer lokal. Untuk penggunaan PHP biasa, XAMPP sudah sangat mumpuni. Namun, XAMPP kurang fleksibel untuk framework yang membutuhkan versi PHP tertentu, memasang ekstensi tertentu, atau membutuhkan konfigurasi lain yang perlu dikostumisasi.

Jika kalian sudah capek ngoprek XAMPP untuk menyokong pengembangan web di komputer lokal, cobalah untuk memasang Laragon.

Apa itu Laragon?

Laragon adalah universal development environment untuk PHP, Node.js, Python, Java, Go, Ruby, yang portable, terisolasi, cepat, ringan, dan mudah dipakai. Laragon bisa dipakai sebagai pengganti XAMPP.

Apa yang Ditawarkan Oleh Laragon?

  • Pretty URLs

    Dengan memakai laragon kita bisa mengakses project lewat app.test daripada menggunakan localhost/app.

  • Portable

    Folder Laragon bisa dipindah-pindah tanpa perlu merusak sistemnya.

  • Isolated

    Sistem Laragon terisolasi dari sistem operasi yang kita miliki sehingga apapun yang kita lakukan dengan Laragon tidak akan mempengaruhi komputer lokal.

  • Easy Operation

    Laragon sudah mengotomatiskan banyak konfigurasi yang kompleks sehinga kita "tinggal pakai" saja. Kita bisa menambah versi baru dari PHP, Python, Ruby, Java, Go, Apache, Nginx, MySQL, PostgreSQL, MongoDB, atau yang lainnya tanpa kesulitan yang berarti dan tanpa merusak sistem yang sudah ada.

  • Modern & Powerful

    Laragon memiliki arsitektur modern yang cocok untuk dipakai mengembangkan aplikasi web mdoern. Kita bisa menggunakan Apache & Nginx sekaligus.

Tangkapan Layar

Untuk memberikan pembaca gambaran tentang Laragon, berikut ini beberapa tangkapan layar antarmukanya.

Download

Laragon tersedia secara cuma-cuma alias gratis. Kita bisa mengunduh file installer-nya di halaman Download. Semua paket Laragon baik itu PHP, RoR, Node.js, Python, Java, dkk. bisa dipasang salah satu atau sekaligus. Untuk panduan pemasangan dan cara penggunaannya silahkan ikuti di laragon.org/docs/.

Perlu diketahui bahwa Laragon hanya tersedia untuk sistem operasi Microsoft Windows saja.

Dilihat kali

Is this helpful?

Share This Post