Mekanisme Publikasi Aplikasi Tizen di Tizen Store

Tizen Store adalah toko aplikasi yang dirancang khusus untuk aplikasi Tizen. Tizen Store menyediakan aplikasi yang dioptimalkan untuk perangkat Tizen bagi pengguna di lebih dari 180 negara. Pengguna baru perangkat Tizen dapat mengunjungi Tizen Store, mengunduh aplikasi yang diinginkan, dan menyesuaikan perangkat baru mereka. Tidak hanya untuk pengguna baru, pengguna lama perangkat Tizen pun dapat mengecek Tizen Store secara berkala untuk mengunduh aplikasi baru.

Beberapa pengembang telah menyediakan berbagai aplikasi di Tizen Store dengan harapan aplikasi yang dibuat dapat memberi nilai tambah perangkat Tizen dan meningkatkan kehidupan pengguna Tizen. Sekarang, Kamu pun dapat mengambil kesempatan untuk bergabung dengan mereka di Tizen Store, bertemu dengan pengguna Tizen di seluruh dunia, dan menghadirkan aplikasi yang akan mereka sukai.

Laman web Tizen Store menyediakan beragam informasi layanan seperti pengenalan Tizen Store dan kumpulan konten yang direkomendasikan. Selain itu, menu bantuan dalam laman web tersebut menyediakan tautan menuju situs Samsung Customer Service dimana pengguna dapat membaca FAQ atau mengajukan pertanyaan secara langsung.

Kategori

Tizen Store memiliki beragam aplikasi dalam berbagai kategori termasuk All Games, Entertainment, Kids, dan Social Networking. Jumlah aplikasi paling banyak ada pada kategori All Games dan merupakan kategori paling popular di Tizen Store. Dalam kategori All Games, terdapat 11 subkategori untuk memudahkan pencarian.

1-combined

Saat Kamu mendaftarkan aplikasimu di Seller Office, Kamu dapat memilih hingga 2 kategori untuk memudahkan pengguna menemukan aplikasi yang mereka inginkan. Pada menu di setiap kategori, kamu bisa melihat aplikasi yang populer pada masing-masing kategori (aplikasi Top free/paid dan New free/paid didaftarkan secara terpisah). Peringkatnya ditentukan oleh berbagai faktor termasuk jumlah unduh, pendapatan, penilaian pengguna, dan lainnya.

Featured

Laman Featured pada Tizen Store memungkinkan pengguna untuk melihat dan memilih aplikasi yang direkomendasikan. Laman ini digunakan untuk mempromosikan aplikasi dan memberi peluang bagi pengembang untuk mendapatkan keuntungan lebih besar, dan memberi pengguna kesempatan untuk mencoba aneka aplikasi.

distribution_store03

Laman Featured diperbarui secara berkala oleh tim editor Tizen dengan menampilkan aplikasi populer pada tiap kategori, termasuk aplikasi terbaik dari aplikasi yang baru terdaftar di Tizen Store. Laman Featured menyediakan beragam konten yang dikumpulkan sesuai tema.

Laman Detail Aplikasi

Laman detail aplikasi menampilkan screenshot, info dasar, deskripsi aplikasi, ulasan (rating/komentar), dan produk-produk terkait.

2-combined

Registrasi di Tizen Seller Office

Hal pertama yang harus dilakukan untuk dapat mempublikasikan aplikasi kita di Tizen Store adalah registrasi sebagai seller. Buka halaman http://seller.tizenstore.com/ lalu klik tautan Sign Up Now untuk menuju ke halaman registrasi. Ada dua opsi registrasi, yakni sebagai Private Seller dan Corporate Seller. Jika Kamu hendak menjual aplikasi atas nama pribadi, pilih Private Seller, dan bila Kamu hendak menjual atas nama perusahaan, gunakan Corporate Seller. Kedua opsi tersebut memiliki tahapan registrasi yang sama, hanya ada beberapa field saja yang berbeda.

1

Saya akan gunakan opsi Private Seller. Akan ada 4 tahapan registrasi, seperti dapat kita lihat di bagian atas halaman registrasi. Tahap pertama adalah Terms and Privacy. Di halaman ini kita harus memilih Country atau negara domisili kita, dan menceklis semua terms yang harus kita setujui. Kemudian klik tombol Next di bagian bawah halaman.

2

Tahap kedua adalah mengisikan data diri kita sebagai seller, seperti email, password untuk mengakses halaman dasbor developer, nama lengkap dan sebagainya. Setelah semua kolom wajib terisi, klik tombol Confirm untuk melanjutkan tahapan registrasi.

3

Setelah tombol Confirm diklik, kita akan dikirim email untuk memvalidasi email.

4

Buka emailmu dan cek email yang dating dari Tizen Store. Klik tautan verifikasi yang ada di dalamnya.

5

Kamu akan diarahkan ke halaman login. Loginlah menggunakan email dan password yang sudah Kamu masukkan pada tahapan kedua registrasi.

6

Kamu akan dialihkan ke halaman dasbor seller. Dari situ Kamu dapat mulai mendaftarkan aplikasimu ke Tizen Store.

7

Siapkan Binary Aplikasi

Pada tutorial Membuat Aplikasi Mobile Native Tizen, kita sudah mempraktekkan bagaimana cara membuat aplikasinya. Kamu mungkin juga sudah membuat aplikasi lain yang lebih baik sesuai idemu dan siap untuk dipublikasikan di Tizen Store. Ada beberapa pengaturan pada aplikasi yang tidak boleh terlewat supaya aplikasi kita dapat disubmit dengan lancar di Tizen Store.

Informasi Aplikasi

Pada file tizen-manifest.xml, pastikan Kamu sudah melengkapi semua informasi terkait aplikasi, seperti Application ID, Package, Version, Label, Exec, dan Icon. Isi juga bagian Author dan Desciption.

7.0

Pilihan Layar

Masih di Tizen Manifest Editor, pada tab Features, tambahkan fitur-fitur yang terdapat pada aplikasi Kamu. Setidaknya fitur ukuran layar harus terpilih disini. Bila aplikasimu mendukung semua ukuran layar misalnya, maka pilih fitur http://tizen.org/feature/screen.size.all.

7.1

Build Release

Pada saat kita membuild aplikasi, ada dua opsi build, yakni Debug dan Release. Untuk file binary yang akan disubmit ke Tizen Store, pilih mode Release. File binary yang mode Release dapat diakses pada folder Release di dalam folder project.

Upload Binary

Bagian pertama untuk mendaftarkan aplikasi kita di Tizen Store Seller Office adalah mengunggah binary aplikasi. Pada tab Binary terdapat beberapa bagian yang harus dilengkapi, diantaranya:

  • Application Title Pilih kolom Default Language dengan bahasa default aplikasi Kamu. Bila Kamu ingin mendistribusikan aplikasimu ke berbagai negara, pilih English sebagai Default Languagenya. Setelah itu isikan nama aplikasimu di bawahnya sesuai dengan bahasa yang dipilih. 7.2
  • Binary File Pada bagian ini, klik tombol Upload a new binary untuk menampilkan jendela popup tempat kita memilih dan menggunggah file binary aplikasi.distribution_binary_00Klik tombol Upload untuk memilih dan menggunggah file binarynya. File yang bisa dipilih hanya yang berekstensi .wgt atau .tpk. Pilih file .tpk dari hasil build aplikasi kita yang ada di dalam folder Release pada folder project, lalu tunggu hingga proses unggah selesai, dan tampilan popup menjadi seperti ini:8Klik tombol Save untuk menyimpan file binary. Apabila muncul pesan error pada saat mengunggah, maka modifikasi dahulu aplikasi Kamu dan perbaiki kesalahan-kesalahan sesuai dengan pesan yang tertera. Kemudian build ulang dan coba unggah lagi. Apabila proses unggah berhasil, Tizen Store akan menampilkan kelengkapan informasi yang terdapat pada file manifest.xml dari aplikasi ke dalam bentuk tabel seperti ini:9
  • Validation InformationPada bagian ini Kamu bisa menambahkan informasi yang sekiranya dapat dipertimbangkan sebagai referensi untuk proses validasi aplikasi.10.4Setelah semua bagian selesai diisi, klik tombol Save di kanan atas laman untuk menyimpan perubahan.

Mengeset Harga, Kategori dan Age Restriction

Pada tab Sales, ada beberapa kolom informasi aplikasi seperti negara, harga, dan batasan usia.

  • Country & Price Ada dua opsi pilihan pengaturan harga, yakni Free dan Paid. Pilih ‘Free’ jika Kamu ingin menyediakan aplikasi secara gratis. Bila Kamu hendak menjual aplikasimu maka pilih opsi Paid. Untuk pertama kali Kamu harus mengajukan permohonan untuk dapat mensubmit aplikasi berbayar, dengan mengklik tombol Request Commercial Seller Status di dasbor.12Kamu dapat mengubah harga aplikasimu tanpa validasi apapun bahkan setelah Kamu mulai menjual aplikasi tersebut. Namun, Kamu hanya dapat mengubah negara jika terjadi pembaruan aplikasi.

    Jika Kamu ingin menjual aplikasi berbayar, hapus centang pada checkbox dan masukkan harga standar (dalam Dollar US). Jika Kamu mengeklik Auto convert local currency, harga jual akan secara otomatis dihitung dan dimasukkan berdasarkan nilai tukar yang telah ditentukan untuk masing-masing negara. Untuk negara-negara yang memiliki kebijakan harga yang berbeda, Kamu dapat mengganti harganya secara manual. (Kamu dapat mengubah harga aplikasimu tanpa validasi apapun bahkan setelah Kamu mulai menjual aplikasi tersebut. Namun, Kamu hanya dapat mengubah negara jika terjadi pembaruan aplikasi.)

    distribution_sales01

    Kamu bisa menentukan apakah akan menjual aplikasi jika lebih banyak negara ditambahkan pada layanan dan penjualan Tizen Store. Pilih “Select All Countries”, atau gunakan checkbox untuk negara yang Kamu inginkan.

    Saat memasukkan harga aplikasi, ikon kunci terbuka akan muncul. Klik ikon itu untuk mengubahnya menjadi terkunci, hal ini akan memastikan harga aplikasi tidak dapat diubah. Dengan demikian Kamu tidak dapat mengubah harga aplikasi untuk negara tersebut meskipun Kamu mengeklik tombol Auto convert local currency. Buka ikon kunci dengan cara mengekliknya kembali jika ingin mengubah harga.

    sales2-330x99  

  • Availability Date Atur periode penjualan aplikasi pada menu Availability Date. Kamu dapat mengatur penjualan dimulai segera setelah validasi dan ijin telah diberikan dengan memberi centang pada checkbox. Jika Kamu ingin mengatur jangka waktu tertentu, klik ikon kalender untu memilih tanggal.13
  • Category Pada kolom kategori, kita dapat memasukkan satu atau dua kategori yang sesuai dengan tema aplikasi kita. Manfaatkan kategori ini karena akan sangat membantu pengguna dalam menemukan aplikasi kita.10
  • Age Restriction Pada Age Restriction, pilih All, 12+, 16+ atau 18+ sesuai dengan target usia minimum aplikasi Kamu.10.2Jika kamu memilih kategori Game dan memilih Korea atau Brazil sebagai negara penjualan, maka informasi rating harus dimasukkan. Sertifikat batasan usia harus diterbitkan oleh otoritas sertifikasi eksternal. Batasan usia akan disetujui jika dokumen yang relevan tersedia. Oleh karena itu, Kamu harus mengunggah dokumen batasan usia yang diterbitkan oleh negara yang bersangkutan. Ketika Kamu mengunggah GRB untuk Korea, atau MJ/sertifikat DEJUS untuk Brasil, pilih batasan usia yang cocok dengan dokumen. Jika tidak ada sertifikat atau sertifikat tidak dapat diterbitkan, hapus negara dari daftar negara mana aplikasi akan dijual.

Mengatur Tampilan Detail Aplikasi

Masukkan informasi aplikasi untuk ditampilkan pada Tizen Store.

  • Application Detail
    • Masukkan detail aplikasi seperti judul, deskripsi, dan tag.
    • Jika Kamu sedang mengadakan atau berencana mengadakan promosi, Seller Promotion harus diisi dalam Bahasa Inggris.14
    • Application Title: Awalnya, judul aplikasi ditampilkan sesuai bahasa default. Jika kamu mengeklik tombol [Edit Languages], kamu dapat menambahkan judul sesuai dengan bahasa tersebut. Judul maksimal 200 bytes.
    • Description: Masukkan deskripsi dari aplikasi. Ukuran deskripsi maksimal 4000 bytes.
    • Tag: Masukkan tag yang Kamu perlukan. Masing-masing tag dipisahkan oleh koma dan maksimal 10 tag. Untuk diingat, ada beberapa tag yang tidak diijinkan di Tizen Store.
    • Jika Kamu ingin memasukkan detail dalam bahasa selain bahasa default, klik tombol Edit Languages dan tambahkan/modifikasi bahasa di layar pop-up Display Language dengan mengklik centang bahasa yang ingin ditambahkan.15
    • Kamu harus memasukkan judul aplikasi, deskripsi, dan tag pada bahasa yang dipilih agar dapat mengajukan aplikasi. Bahasa-bahasa yang Kamu ingin sediakan akan ditampilkan sebagai berikut16
  • Icon Image
    • Kamu dapat mengklik ikon ‘+’ untuk mengunggah gambar ikon aplikasi.
    • Ukuran gambar harus 512x512 pixel dan ukuran file harus kurang dari 1.024 KB; dalam format PNG saja.
    • Ikon utama merupakan perwakilan aplikasi dan dianjurkan untuk berbentuk lingkaran.17
  • Screenshots
    • Klik ikon ‘+’ untuk mendaftarkan 4 gambar screenshot.
    • Resolusi untuk gambar screenshot harus antara 480px dan 3,840px, dan rasio harus tidak melebihi 1: 2. Ukuran file harus kurang dari 1.024 KB; dalam format PNG saja.
    • Kamu dapat meng-upload baik landscape maupun gambar portrait.
    • Kamu dapat menarik file gambar yang terdaftar untuk mengatur urutan gambar.18
  • URL YouTube Jika ada file video yang berhubungan dengan aplikasi, pilihan Pre-View dan Play akan diberikan bila Kamu memasukkan URL YouTube yang valid.18
  • Banner Kamu dapat mendaftarkan gambar banner dan ikon, yang dapat Kamu gunakan untuk mempromosikan aplikasimu. Tapi harap dicatat bahwa tidak semua banner terdaftar akan ditampilkan di Tizen Store19

    • Jika Kamu ingin mendaftarkan banner atau ikon untuk mempromosikan aplikasi pada Tizen Store, pilih ‘Ya’. Jika Kamu memilih ‘Ya’, area pendaftaran banner akan muncul.
    • Klik ikon '+' dan [Upload image] untuk mendaftar gambar banner.
    • Jika gambar banner adalah file PSD, tidak boleh melebihi 10 MB.
    • Jika itu adalah JPG, PNG atau GIF, itu harus 1024X400 pixel dan tidak boleh melebihi 1.024 KB.
    • Jika Kamu menggunakan gambar ikon vektor, itu harus minimal 300 dpi dan tidak boleh melebihi 10 MB.
    • Deskripsi gambar banner maksimal 500 bytes.
  • Support20
    • Pemegang Hak Cipta: Catatan ini hanya diperlukan ketika pemegang copyright berbeda dengan nama penjual, dan Kamu ingin menampilkan nama pemegang hak cipta selain nama penjual kepada pembeli. Pemegang Hak Cipta akan ditampilkan, bukan nama penjual jika ada. Jika Kamu memilih ‘No’, tidak ada informasi yang diperlukan dan nama penjual secara otomatis ditampilkan sebagai Pemegang Hak Cipta.
    • Dukungan E-Mail: Masukkan alamat e-mail yang akan digunakan untuk dukungan pelanggan.
    • URL dukungan: Jika Anda memiliki situs dukungan pelanggan yang terpisah, masukkan di sini.
    • URL Kebijakan Privasi: Kamu harus mendaftarkan URL Kebijakan privasi untuk aplikasimu. Jika Kamu tidak atau belum memiliki kebijakan seperti itu, Kamu bisa mendaftarkannya nanti. URL akan ditampilkan di toko setelah proses validasi.
    • Apabila Kamu belum ingin mengisi bagian ini dan ingin langsung menyimpan perubahan data, klik centang pada bagian Register Later.
  • Pada tab Item, Kamu dapat mengatur apakah aplikasimu memiliki fitur In App Purchase atau tidak. Jika ada, Kamu harus memilih opsi 3rd Party In App Purchase dan mengisi Item Group ID.21Klik tombol Search Item Group ID untuk menampilkan jendela pop-up, lalu pilih item group yang sesuai dan klik tombol Save.

    22

Submit Aplikasi

Bila semua informasi yang wajib diisi sudah Kamu isi semua, Kamu dapat mengklik tombol Submit di kanan atas laman untuk mensubmit aplikasimu untuk masuk ke proses validasi aplikasi. Bila semua informasi sudah benar, maka proses validasi akan selesai dan aplikasimu akan langsung terpublikasi di Tizen Store.

Dilihat 8871 kali

Is this helpful?

Share This Post