Membuat Aplikasi Web Untuk iOS dengan Construct 2

Tahukah kalian bahwa iOS mendukung web app - jenis aplikasi yang diinstall dari sebuah halaman web, bukan yang ada dari App Store? Aplikasi seperti itu bahkan juga dapat berjalan saat perangkat sedang dalam kondisi offline! Kita dapat menambahkannya ke Home screen layaknya aplikasi native. Berikut bagaimana cara membuatnya dengan Construct 2.

Pertama Buat Dulu Game-nya

Pertama-tama, kita perlu membuat gamenya terlebih dahulu. Beberapa hal yang perlu diingat saat mengembangkannya adalah:

  • Perangkat mobile (iPhone, iPad, dll.) biasanya memiliki hardware yang lebih lemah dari komputer biasa. Artinya mereka akan berjalan lebih lambat sehingga kurangi penggunaan objek atau event yang terlalu banyak .
  • Kita akan bekerja dengan ukuran layar yang berbeda-beda karena iPhone dan iPad memiliki ukuran layar yang berbeda. Berikut ini resolusi layar dari beberapa perangkat iOS (dalam orientasi portrait):

iPhone 3 ke bawah: 320x480 iPhone 4: 640x960 (satu pixel di iPhone 3 sama dengan empat pixels di layar iPhone 4 - ukuran fisiknya tetap sama) iPhone 5: 640x1136 (sedikit lebih tinggi dari iPhone 4) iPad 2 ke bawah: 768x1024 iPad 3+: 1536x2048

Bagaimana Menangani Perbedaan Layar

Pastikan game kita berjalan untuk beberapa ukuran layar yang berbeda.

You should make sure your game works for those different screen sizes. Ada tutorial lain yang membahas ini: Supporting multiple screen sizes

Menggunakan Touch object

Karena iPhone dan iPad menggunakan layar sentuh, maka untuk mendapatkan inputnya gunakan objek Touch dan atur beberapa event saat terjadi sentuhan di layar. Cara paling mudah yaitu menggunakan on screen controls (seperti yang ada di Mobile Legends) menggunakan beberapa sprite lalu mendeteksi sentuhan di sprite tersebut memanfaatkan kondisi On object touched dan Is touching object yang ada di objek Touch. Baca on-screen touch controls untuk informasi lebih lanjut.

Ekspor dan Upload

Ekspor project Construct 2 dan upload file-filenya ke sebuah server. Lihat contoh aplikasi yang di upload di sini http://www.scirra.com/labs/webapptest/ - contoh aplikasi ini hanya memiliki teksture di atas layar yang menampilkan WindowWidth* dan WindowHeight. Tidak menarik, tapi sangat bermanfaat untuk contoh.

Menggunakan Aplikasi yang Sudah di Ekspor

Untuk menggunakan aplikasi kita, pengguna cukup mengunjungi URL aplikasi kita yang ada di server.

Setelah mengunjungi alamat URL tadi, klik ikon menu yang menampilkan tombol Add to Home Screen. Lalu pengguna dapat memberikan nama kemudian ia akan tampil di home screen bersama dengan aplikasi-aplikasi yang lain! Berkat offline support dari Construct 2, aplikasi yang kita pasang di iOS akan tetap berjalan tanpa koneksi internet. Baca tutorial Game offline di Construct 2 untuk informasi lebih lanjut.

Tentang Ukuran Jendela Game

Saat aplikasi kita tampil di Safari, ukuran window-nya akan menjadi sedikit lebih kecil, hal ini karena Safari memiliki beberapa tombol di bagian atas dan bawah layar. Setelah kita menambahkan aplikasi ke home screen, ia akan tampil dalam bentuk full-screen - tombol di bagian atas dan bawah akan hilang. Jadi, meminta pengguna untuk menambahkan game kita ke Home screen merupakan ide yang sangat bagus!

Kita juga dapat mencoba mengaktifkan Hide address bar di Project Properties untuk meningkatkan ukuran layar di iPhone. Sayangnya iPad memiliki ukuran address bar yang fixed sehingga fitur ini tidak bisa digunakan disana.

Kelebihan dan Kekurangan

Aplikasi web merupakan teknik yang kurang populer untuk membuat aplikasi di iOS. Berikut ini beberapa perbandingan.

Kelebihan

  • Tidak perlu membayar ke Apple. Apple menarik biaya \$99 untuk setiap developer iOS setiap tahunnya agar mereka dapat mengunggah aplikasi ke App Store. Aplikasi web tidak memerlukan lisensi ini alias gratis.
  • Apple tidak bisa menolak. Apple terkenal karena menolak aplikasi iOS yang sudah dibuat orang dengan susah payah. Terkadang mereka juga membuat kita sulit meng-update aplikasi yang sudah ada. Aplikasi web hidup di internet yang tidak dikontrol oleh Apple. Jadi, kita bebas mempublikasikan dan meng-update game kita tanpa batasan.
  • Dapat bekerja offline. Berkat offline support di Construct 2, aplikasi kita akan tetap berjalan dengan baik meski tanpa koneksi internet sama seperti aplikasi asli.
  • Bisa menggunakan sistem pembayaran sendiri. App Store tidak memperbolehkan kita untuk menangani pembayaran sendiri. Kita harus menggunakan sistem pembayaran dari Apple dimana mereka akan memotongnya sebesar 30%. Dengan aplikasi web kita dapat menggunakan sistem pembayaran sendiri tanpa perlu berbagi dengan Apple.
  • Performa yang baik. Di iOS 5+, Safari merupakan browser yang sangat baik untuk menjalankan game HTML5. Kita tetap akan mendapatkan framerate yang bagus meski telah menambahkan game ke home screen.

Kekurangan

  • Tidak bisa menjual atau mempromosikan aplikasi di App Store
  • Audio tidak akan diputar sebelum ada sentuhan pertama. Namun, kekurangan ini bisa diakali dengan layar "touch to begin" yang akan memutar audio begitu disentuh.

Kesimpulan

Aplikasi web merupakan alternatif menarik untuk mempublikasikan aplikasi/game kita. Cara ini lebih murah dan lebih mudah, namun kekurangannya kita tidak masuk ke daftar aplikasi di App Store.

Making an iOS web app with Construct 2 originally published by Ashley

Dilihat kali

Is this helpful?

Share This Post