Promo Lebaran, Kelas Online CODEPOLITAN Cukup Bayar Setengah Harga KLAIM PROMO
Lebih terarah belajar coding melalui Kelas Online dan Interactive Coding Lihat Materi Belajar

Memulai Pengembangan Android dengan React Native di Windows

Ditulis oleh Ahmad Hasyim, dipublikasi pada 20 Sep 2016 dalam kategori Tutorial
Memulai Pengembangan Android dengan React Native  di Windows - CodePolitan.com

halo teman teman nyankoder :) saya mau share hasil belajar kemarin, sembari belajar javascript biar nambah semangat belajarnya harus ikutan update banyak hal baru tentang perkembangan javascript itu sendiri, pandangan mata saya tertuju pada react native, siapakah dia?,

Perkenalan

React Native adalah framework open source besutan facebook yang dibuat setelah facebook sebelumnya membuat react.js, ReactJS sendiri merupakan sebuah library dari facebook yang dapat digunakan untuk membangun antarmuka pengguna (UI). nah apa itu react native, adalah framework open source untuk membuat aplikasi multi-platform (android, ios dan windows platform”dalam tahap pengembangan”) dengan bahasa javascript, sesuai dengan deskripsi di situs resminya“Learn once, write anywhere”. semoga paham dengan penjelasan singkat saya :), oke sebelum bicara lebih jauh lagi sekarang kita mulai persiapan nya terlebih dahulu sehingga kedepannya bisa enak explore coding an nya, disini saya share tentang menggunakan react native untuk membuat aplikasi android di windows.

Persiapan

Variable : JAVA_HOME
Value    : C:\Program Files\Java\jdk1.7.0_79

Kemudian lakukan hal yang sama untuk android sdk-nya

set environment variables

Konfigurasi SDK, Emulator disini saya menggunakan emulator genymotion dengan alasan spek laptop saya :), setelah download genymotion nya kemudian download emulatornya sesuai kebutuhan, jika teman teman menggunakan emulator bawaan android studio seperti ini,

  • Install Android Studio
  • Buat projek kosong di Android Studio
  • Buat Android Virtual device : Manage AVD → Create
  • jalan kan emulatornya

Sekarang mulai deh bikin app di react native nya, buka command prompt nya, untuk memudahkan teman teman bisa gunakan git bash, disini saya menggunakan cmder (custom command prompt) yang sudah include git.

bash
cd /Users/Hasyim/react-native-workspace/

Sesuaikan di direktori masing masing jika belum ada folder nya maka buat dulu dengan perintah mkdir. Kemudian sekarang kita install react-native nya,

npm install -g react-native-cli

Tunggu hingga instalasi selesai, jika sudah selesai sekarang kita buat projek pertama untuk uji coba,

react-native init ProjekPertama
init projek

Tunggu hingga proses pembuatan projek selesai, sambil menunggu nyalakan emulatornya. setelah proses pembuatan projek selesai cek isi folder nya, kemudian buka di text editor/IDE anda. Anda juga bisa mengecek file apa saja yang dibuat oleh react native.

ls folder view

Kurang lebih seperti gambar di atas, saya menggunakan view demikian ketika sedang belajar react-native, file induk ada di index.android.js. sekarang kita coba jalankan, menggunakan perintah :

react-native run-android

Tunggu hingga proses building selesai.

app run

Bagaimana? Tidak terlalu sulit untuk melakukan persiapan react native di windows, selamat mencoba.

Referensi :
https://facebook.github.io/react-native/docs/getting-started.html
https://www.raywenderlich.com/126063/react-native-tutorial
https://shift.infinite.redgetting-started-with-react-native-development-on-windows-90d85a72ae65#.n5ol31yro



background

Gabung CodePolitan Membership

Ingin belajar coding secara online dengan lebih terarah? Gabung sekarang dalam program Premium Membership di CodePolitan. Dapatkan ratusan modul belajar pemrograman premium dalam beragam format dengan materi silabus lengkap dan tersusun rapi dari awal hingga mahir.

LIHAT MATERI BELAJAR GABUNG MEMBERSHIP