Mengaktifkan Fitur Font Ligature dengan Fira Code

Dalam tipografi, font ligatures adalah sebuah konsep menggabungkan karakter yang berdekatan menjadi satu. Beberapa font seperti Fira Code memiliki fitur ini. Sebagian besar editor dan IDE juga sudah mendukung fitur ini. Penggunaan font ligatures secara teknis memang tidak memberikan pengaruh apa-apa kepada program, tapi ia membantu memberikan gambaran simbol-simbol penting yang ditampilkan berbeda dengan yang lain.

Di tutorial ini kita akan memasang fitur font ligatures ke Visual Studio Code dan keluarga IntelliJ (Android Studio, PhpStorm, PyCharm, WebStorm, dkk.).

Pertama, kita harus memasang Fira Code dulu (banyak font lain yang mendukung font ligatures tapi penulis memilih Fira Code karena gratis dan cukup populer).

Pengguna Ubuntu bisa langsung memasangnya dengan perintah sudo apt install fonts-firacode. Sistem Linux lain mungkin memiliki cara khusus untuk memasangnya. Jika tidak, cukup download file .ttf dan masukkan ke folder ~/.fonts dan jalankan perintah fc-cache.

Untuk pengguna Windows dan Mac, silahkan pasang seperti pemasangan font pada umumnya.

Visual Studio Code

Buka aplikasi Visual Studio Code, lalu klik File > Preferences > Settings (atau CTRL + , ). Pilih file User Settings dan tambahkan dua baris berikut:

{
    "editor.fontFamily": "Fira Code",
    "editor.fontLigatures": true
}

IntelliJ dan Kawan-kawan

Buka File > Settings > Editor > Color & Fonts > Font . Pilih Fira Code dibagian Primary Font dan klik Enable font ligatures.

Penutup

Untuk editor yang lain caranya tidak jauh berbeda. Pembaca hanya perlu mencari file settings dan mengaktifkan opsi font ligatures.

Semoga artikel ini bermanfaat.

Dilihat kali

Is this helpful?

Share This Post