Mozilla Rilis Browser Virtual Reality Open Source

Mozilla baru-baru ini mengumumkan Firefox versi standalone untuk Virtual Reality. Browser yang diberi nama Firefox Reality ini menjadi browser cross-platform, open source, dan ramah akan privasi pengguna untuk penggunaan headset VR. Meski sudah bisa dicoba di HTC Vive Focus, Firefox Reality belum tersedia untuk publik dan Mozilla pun belum mengumumkan perangkat headset apa saja yag bisa memakainya.

Berdasarkan demo, Firefox Reality terlihat mirip sekali dengan browser tradisional, hanya saja bedanya ia terlihat mengapung di dunia virtual. Dari video tersebut, terlihat bagaimana sistem navigasi dan scrolling bisa dilakukan dengan lancar menggunakan controller VR.

Firefox Reality bukanlah browser VR pertama. Perusahaan pembuat headset VR sebetulnya telah mengembangkan browser VR untuk perangkat masing-masing. Oculus misalnya, mereka merilis Oculus Browser, Google juga memiliki versi eksperimental Chrome untuk DayDream, bahkan Microsoft sudah membuat browser Edge untuk berjalan di Windows Mixed Reality.

Mozilla merilis Firefox Reality agar seperti Firefox yang dipakai di komputer biasa. Firefox yang bisa dipasang diberbagai headset tanpa mengenal produsennya, yang siapa tahu menambang informasi dari penggunaan browser yang mereka rilis. Firefox Reality juga dibangun dari awal untuk memanfaatkan kelebihan Quantum browser sehingga membuat performa Firefox Reality menjadi lebih gegas.

Sumber: The Verge, Mozilla

Dilihat kali

Is this helpful?

Share This Post