Panduan Penggunaan Tizen - New Display Settings with Tizen

Ditulis oleh Samsung R&D Institute Indonesia, dipublikasi pada 16 Sep 2016 dalam kategori Tutorial
Panduan Penggunaan Tizen - New Display Settings with Tizen

Fitur STYLER, dan bagaimana cara mengcustom tema sesuai dengan keinginan user

Tizen hadir dengan salah satu fitur yang membuatnya tampil beda dibandingkan operasi system lainnya. Dengan fitur STYLER, user bisa meng-custom dan mengganti tema sesuai dengan selera yang mereka inginkan. User bisa mengganti tampilan jam di lock screen, mengganti icon aplikasi seperti kamera, galeri, bisa mengganti warna, mengganti jenis tema yang ditampilkan karena ada 3  pilihan tema dan mengcustom 3 tema tersebut seperti selera user, mengganti tampilan camera timer style, dan mengganti keyboard style seperti gambar dibawah ini.

A. Mengganti Tampilan Lock Screen

Untuk mengganti tampilan jam di lock screen, user harus masuk ke settings terlebih dahulu lalu masuk ke styler  dan pada tab lock, click Clock pada bagian wallpaper, dan dari 3 pilihan jenis font jam yang ada, user bisa memilih salah satu yang menjadi selera mereka.

(gambar 1, artikel 2) (gambar 2, artikel 2) (gambar 3, artikel 2)

B. Mengganti icon aplikasi

Fitur styler ini, bisa juga membuat user untuk mengganti icon Aplikasi yang ada pada home sehingga membuat tampilan home lebih menarik seperti yang terlihat pada gambar dibawah.

(gambar 4, artikel 2) (gambar 4, artikel 2) (gambar 5, artikel 2)

(gambar 6, artikel 2)

Untuk menjalankan fitur ini, user harus masuk melalui settings, lalu styler dan pilih tab Home hingga muncul gambar seperti dibawah, lalu sentuh icon icon yang ada pada wallpaper sehingga bisa mengatur jenis icon seperti pada gambar diatas.

(gambar 8, artikel 2)

C. Mengganti Tema

Untuk fitur ini, Tizen menyediakan 3 jenis tema dasar untuk kemudian diotak atik dan dicustom sendiri oleh user. 3 tema tersebut ada Tema dasar TIZEN, flora dan fauna, dan juga royal Indian. Walaupun hanya 3 tema, user tetap bisa mengembangkan dan mengcustom tema sesuai selera mereka dengan hal hal yang sudah disebutkan diatas seperti mengganti tampilan icon Aplikasi, tampilan waktu. Untuk mengganti tema, caranya sama dengan proses proses sebelumnya yaitu dengan open settings lalu styler dan pilih tab Themes dan user bisa memilih tema dasar diantara 3 pilihan tersebut untuk kemudian di custom sesuai dengan selera mereka.

(gambar 9, artikel 2)

D. Fitur di tab others

Di fitur styler, ada tab others yang bisa mengatur alarm background style, camera timer style, keyboard style, font, dan juga sound. Cara mengaksesnya juga sama yaitu dengan open settings pilih styler dan pilih tab others. Tampilannya seperti yang terlihat di bawah ini.

(gambar 10, artikel 2) (gambar 10, artikel 2)

Untuk mengatur background alarm, user bisa memilih dan memakai gambar dari galeri untuk dipakai sebagai background untuk alarm seperti yang terlihat pada gambar dibawah ini

(gambar 11, artikel 2)

Camera timer style pun bisa diubah untuk membuat tampilannya lebih menarik seperti ini

(gambar 12, artikel 2)

gambar ini menampilkan camera timer style dalam bentuk fingers 

Dan mengganti tampilan keyboard seperti match with theme, atau custom sendiri seperti yang terlihat dibawah ini

(gambar 13, artikel 2)

Fitur special days, keunikan, dan bagaimana cara mengoperasikannya

Selain fitur styler dan kemampuan untuk mengcustom tema sesuai selera user, TIZEN juga menambahkan fitur special days. Keunikan fitur ini sebenarnya adalah fitur dimana wallpaper akan mengganti tampilannya sendiri secara otomatis pada hari yang ditentukan yang terkait dengan gambar wallpaper tersebut. Contohnya seperti wallpaper yang berbeda saat perayaan hari natal dan pada saat tahun baru.

(gambar 14, artikel 2) (gambar 15, artikel 2)

Untuk mengaksesnya, open settings lalu pilih special days. Untuk special days user harus mengaktifkan fitur ini terlebih dahulu dengan memilih special days dan memilih perayaan pada hari apa saja yang ingin diaktifkan fitur ini seperti pada gambar dibawah ini.

(gambar 16, artikel 2)

Fitur lock screen yang sedikit berbeda dengan Android jika menggunakan tipe lock type pattern, dan ada tambahan antivirus software yang sebelumnya tidak ada di Android’.

Fitur lock screen juga dibuat sedikit berbeda oleh TIZEN. Fitur lock screen dibuat lebih menarik seperti yang terlihat di gambar dibawah

(gambar 17, artikel 2) (gambar 18, artikel 2)

Untuk mengaktifkan password, user cukup membuka settings lalu memilih fitur lock screen and security lalu pilih screen lock type Pattern untuk membuat password seperti gambar diatas. Adapun pilihan screen lock type sama dengan Android yang terdiri atas swipe, pattern, PIN, password, dan None jika user tidak ingin memakai password.

(gambar 19, artikel 2) (gambar 20, artikel 2) (gambar 21, artikel 2)

Artikel Lainnya

Berlangganan Informasi CodePolitan Melalui Email

Jangan sampai kamu melewatkan informasi penting tentang pemrograman dan teknologi! Kamu bisa berlangganan Newsletter CodePolitan dengan cara mengisi formulir di samping.

Promo potongan 10% untuk bergabung dalam kelas online Menjadi Web Programmer