Panduan Penggunaan Tizen - New Features with Tizen

Ultra power Saving Mode

TIZEN adalah operasi system yang hemat baterai dan ringan. Nah, keunikan ini ditambah lagi dengan fitur ultra power saving mode yang memungkinkan Smartphone anda bertahan sampai 12 hari, suatu hal yang sangat langka kepada user yang mempunyai Smartphone. Fitur ultrapower saving mode mempunyai tampilan yang simple dan membuat screen menjadi hitam putih dan beberapa hal lain yang berguna untuk menghemat baterai. Fitur ini sangat membantu khususnya ketika baterai sudah kritis, dan pada saat mengaktifkan ultra power saving ini, user tetap bisa screenshot, hal yang tidak dapat dilakukan di galaxy note 4. Cara untuk mengaktifkan fitur ini bisa dilakukan dengan cara yaitu melalui quick settings panel, maupun melalui settings sendiri.

• Quick Settings Panel

Jika sudah berhasil membuka quick settings panel, user hanya perlu untuk memilih U. power saving dan pilih enable untuk mengaktifkan.

(images 1, article 5)

(images 2, article 5)

• Settings

Jika sudah membuka settings, pilih battery di bagian system lalu pilih ultra power saving mode untuk mengaktifkan.

(images 3, article 5)

Icon yang berbeda di setiap tema

(images 4, article 5)

(images 5, article 5)

(images 6, article 5)

(images 7, article 5)

(images 8, article 5)

Seperti yang terlihat pada gambar diatas, user bisa mengganti display icon aplikasi sesuai dengan yang mereka mau, bisa sesuai Tizen Default, simple line icon style, little fun icon style, atau bahkan match dengan tema yang ditetapkan seperti icon yang match dengan tema flora & fauna, dan bahkan match dengan tema royal indian.

Special Days

Fitur special days ini, sebelumnya sudah kita bahas cara menjalankan dan mengaktifkannya di artikel sebelumnya. Pada artikel ini kita akan membahas sedikit lebih dalam dari fitur yang satu ini. Special days, seperti arti katanya, adalah fitur special terbaru yang ada pada Samsung dengan TIZEN sebagai OSnya. Fitur ini adalah fitur yang mengatur dan mengganti wallpaper lock screen sesuai hari special. Karena Samsung belum mengeluarkan product TIZENnya di Indonesia, fitur special days yang ada sementara lebih banyak didominasi oleh hari hari besar dan hari hari special di India. Hari special lain, yang tidak berkaitan dengan India sebenarnya sudah ada beberapa seperti tahun baru, Good Friday, hari raya paskah, hari raya buruh internasional, idul fitri, Children’s day, malam natal, dan hari raya natal.

(images 9, article 5)

(images 10, article 5)

Jika Samsung sudah meluncurkan produk mereka dengan OS TIZEN dan fitur special days sudah dilengkapi oleh hari hari raya besar dan hari hari nasional Indonesia, fitur ini akan sangat berguna dan membantu masyarakat Indonesia untuk ingat akan hari hari besar yang ada di Indonesia.

TIZEN Store

TIZEN store memiliki tampilan yang mirip dengan play store pada android versi lama. Ada pembagian kategori page, top free, top paid, top new paid, top new free, dan featured. Aplikasi seperti Twitter belum dapat ditemukan di TIZEN store, sedangkan aplikasi seperti whatsapp, facebook, dan messenger menjadi aplikasi bawaan dari system operasi TIZEN ini.

TIZEN store saat ini belum memiliki banyak aplikasi, karena itulah Samsung mengharapkan para developer untuk membantu melakukan develop OS ini, Karena TIZEN sendiri memang memiliki potensi untuk menjadi kompetitor bagi google dengan androidnya dan apple dengan IOS. Samsung sendiri sudah melakukan roadshow ke kota kota besar di Indonesia untuk sosialisasi dan presentasi TIZEN ke para engineer dan para sarjana IT yang berada di Indonesia, dan sudah mulai melakukan training di pabrik seperti yang baru baru ini dilakukan di sebuah pabrik di cikarang, sosialisasi dan presentasi akan TIZEN.

(images 11, article 5)

(images 12, article 5)

(images 13, article 5)

(images 14, article 5)

Dilihat kali

Is this helpful?

Share This Post