Promo Member Baru 40%! Program Full Stack Membership! Hanya 3 Hari! Klaim Promo
Lebih terarah belajar coding melalui Kelas Online dan Interactive Coding Lihat Materi Belajar

Optimasi Kinerja Emulator Android

Ditulis oleh Ardiansyah Putra, dipublikasi pada 08 Apr 2017 dalam kategori Tutorial
Optimasi Kinerja Emulator Android - CodePolitan.com

Android emulator sudah dibuat sejak lama dan kinerjanya semakin cepat dari waktu ke waktu selama pengaturan konfigurasinya dilakukan dengan benar. Agar Android emulator dapat berjalan pada kondisi paling prima, ada beberapa konfigurasi yang harus disesuaikan.

Akselerasi Virtual Machine

Penggunaan akselerasi VM dapat membantu meningkatkan performa Android emulator, khusus untuk untuk pengguna Intel CPU kita dapat menggunakan piranti lunak Intel HAXM yang tesedia pada platform Mac dan Windows, sedangkan untuk platform Linux kita dapat menggunakan KVM (dapat digunakan untuk Intel dan AMD) .

Rincian instruksi menggunakan Intel HAXM dapat dilihat pada tautan Intel HAXM Installation; sedangkan untuk instalasi KVM dapat dilihat pada tautan KVM Installation.

Memilih Defenisi Perangkat AVD

Sebenarnya pengaturan defenisi perangkat dalam pembuatan AVD pada Android Studio sudah cukup optimal secara bawaan, namun perlu diketahui bahwa pengaturan bawaan itu juga disesuaikan dengan persyaratan minimum perangkat yg disarankan Google.

Jika tidak memiliki komputer tingkat tinggi dengan GPU yang cepat, sebaiknya pilihlah defenisi perangkat dengan ukuran layar serta densitas yang sedang. Biasanya untuk tahap pengembangan, ukuran 480x800 hdpi sudah cukup. Lihat impilkasi penentuan densitas emulator terhadap penggunaan memori dan responsifitas pada gambar di bawah ini:

Android Emulator Putraxor

Penggunaan memori tidak terlalu signifikan, hanya 100MB, namun emulator dengan densitas sedang memiliki responsifitas yang lebih baik.

Memilih System Image yang Tepat

Hal yang perlu diperhatikan dalam memilih System Image yaitu:

  • Pilihlah system image dengan API level paling terbaru karena biasanya lebih cepat
  • Pastikan pilih system image untuk x86 agar dapat berjalan lebih cepat pada komputer x86
  • Terakhir, jika aplikasi yang dibangun pasti menggunakan Google Service, sebaiknya pilih system image x86 dengan label "with System Image"

Secara umum konfigurasi AVD yang terasa nyaman digunakan dapat dilihat pada gambar di bawah ini:
Android Emulator Putraxor


background

Gabung CodePolitan Membership

Ingin belajar coding secara online dengan lebih terarah? Gabung sekarang dalam program Premium Membership di CodePolitan. Dapatkan ratusan modul belajar pemrograman premium dalam beragam format dengan materi silabus lengkap dan tersusun rapi dari awal hingga mahir.

LIHAT MATERI BELAJAR GABUNG MEMBERSHIP