Lebih terarah belajar coding melalui Kelas Online dan Interactive Coding Lihat Materi Belajar

Package Yang Harus Kamu Install Ketika Membuat Project API di Laravel

Ditulis oleh Anugrah Sandi, dipublikasi pada 16 Nov 2017 dalam kategori Info
Package Yang Harus Kamu Install Ketika Membuat Project API di Laravel - CodePolitan.com

Siapa sih yang tidak tahu istilah package? Di era framework saat ini, package banyak digunakan untuk membantu mempercepat proses development, sebab dengan package anda tidak perlu lagi membuat sebuah fungsi yang diinginkan dari awal atau dengan kata lain package adalah library yang siap digunakan.

Saat ini aplikasi yang memiliki fitur API sedang banyak disenangi, sebab dengan layanan ini anda bisa membuat sebuah aplikasi yang dapat berkomunikasi dengan aplikasi lainnya baik dari aplikasi web based maupun mobile dan lain sebagainya. Laravel adalah salah satu framework terbaik untuk membuat aplikasi berbasis API, ia menawarkan kecepatan development dengan dukungan komunitas yang besar diseluruh dunia. Laravel mendukung penggunaan composer yang memungkinkan anda untuk menambahkan beberapa package untuk mempercepat proses development. Berikut adalah beberapa package yang berguna yang harus kamu install saat kamu ingin membuat aplikasi yang berbasis API.

Baca Juga: Mengenal Apa Itu Web API

1. Barryvdh/laravel-debugbar

Debugging adalah proses paling penting dalam development. Debugging adalah proses mengidentifikasi masalah, mencari sumber masalah dan kemudian memperbaiki masalah tersebut. Laravel debugbar adalah package yang memungkinkan anda untuk melakukan debugging dengan cepat selama proses development. Laravel debugbar adalah package untuk mengintegrasikan PHP Debug Bar dengan Laravel 5.

2. Tymondesign/jwt-auth

Authentication adalah proses verifikasi user untuk mengenali dan mengizinkan user yang telah mendapatkan izin untuk mengakses halaman tertentu yang sifatnya private. Untuk kemudahan, anda harus menggunakan JWT sebagai metode standar untuk proses otentikasi. JWT (Json Web Token) adalah sebuah token yang berbentuk JSON untuk keperluan otentikasi dan pertukaran data secara aman.

3. Zizaco/entrust

ACL (Access Control List) adalah sistem yang mengatur untuk memberikan hak akses kepada setiap pengguna. Laravel secara default telah memilik ACL bernama Gate. Gate adalah nama class dan facade yang dapat digunakan untuk membuat ACL, akan tetapi masih terkesan sulit, maka kita dapat menggunakan package agar dapat langsung digunakan. Zizaco/entrust adalah package untuk ACL yang banyak digunakan. Maka tidak ada salahnya untuk dijadikan pilihan untuk mempercepat proses development.

Baca Juga: Fitur Yang Harus Kamu Coba di Laravel 5

4. Spatie/laravel-fractal

Yang terpenting dalam membuat API adalah response yang dihasilkan. Laravel hadir dengan ORM yang bernama Eloquent yang memiliki output secara default berbentuk JSON atau array. Jika anda membuat response untuk satu atau dua table dengan menggunakan Eloquent bukan jadi masalah yang berarti, akan tetapi bagaimana jika kita ingin membuat response dari banyak table? Tentunya akan sangat merepotkan. Fractal hadir untuk memberikan solusi dalam menciptakan response untuk API anda. Fractal dapat meng-handle data yang yang cukup kompleks. Fractal dilengkapi dengan facade untuk dapat mengintegrasikannya dengan mudah pada project Laravel anda.

5. Webpatser/laravel-uuid

UUID (Universal Unique Identifier) adalah sebuah string yang berisi 128 bit karakter, mencakup angka dan huruf. Setiap string yang dihasilkan bersifat unik, sehingga dapat menjamin keunikan data yang akan anda dapatkan. UUID bisa mengamankan sistem anda saat penggunakan mengakses data. Webpatser/laravel-uuid adalah package untuk meng-generate sebuah UUID sesuai dengan standar RFC 4122.

6. Intervention/image

Intervention Image adalah library untuk menangani dan memanipulasi gambar pada PHP yang memberikan kemudahan dalam membuat, edit, dan memanipulasi gambar. Package tersebut mencakup Service Provider dan Facade sehingga mudah untuk diintegrasikan.

7. Davibennun/laravel-push-notification

Push notification adalah pesan pendek yang muncul secara otomatis di layar smartphone. Pemilik app dapat mengirimkan pesan-pesan tersebut setiap saat meskipun pemilik smartphone tidak sedang membuka app yang bersangkutan. Ada banyak informasi yang dikirimkan melalui push notification, misalnya informasi hasil pertandingan olah raga, meminta pengguna untuk melakukan sesuatu seperti mendonwload kupon diskon, informasi mengenai event menarik seperti sale di sebuah mall, dll. Davibennun/laravel-push-notification adalah package untuk mengirim push notification yang mudah digunakan. Package ini juga mendukung layanan push notification APNS (apple) dan GCM (google).

8. spatie/laravel-backup

Hal terakhir yang paling penting adalah mengutamakan backup pada project anda. Di Laravel tersedia sebuah package yang bernama laravel-backup yang dapat membantu anda dalam mengurus backup aplikasi anda. Backup yang dihasilkan berbentu zip file yang berisi semua file dalam direktori anda juga dengan database yang anda miliki. Backup tersebut akan disimpan didalam filestystem yang telah anda tentukan. Anda juga dapat membuat backup ke beberapa filesystem sekaligus.


background

Gabung CodePolitan Membership

Ingin belajar coding secara online dengan lebih terarah? Gabung sekarang dalam program Premium Membership di CodePolitan. Dapatkan ratusan modul belajar pemrograman premium dalam beragam format dengan materi silabus lengkap dan tersusun rapi dari awal hingga mahir.

LIHAT MATERI BELAJAR GABUNG MEMBERSHIP