Para Pemenang Kompetisi Challenge Tizen Indonesia Next Apps 3.0

Ditulis oleh Hadyan Palupi, dipublikasi pada 24 Oct 2016 dalam kategori News
Para Pemenang Kompetisi Challenge Tizen Indonesia Next Apps 3.0 - CodePolitan.com

Bertempat di Hotel Intercontinental Jakarta Rabu 19 Oktober, Samsung mengakhiri kegiatan yang disponsorinya yaitu kompetisi tahunan Indonesia Next Apps (INA) 3.0 dengan mengumumkan para pemenang yang telah mengikuti challange yang diadakan oleh Samsung. Challange ini merupakan rangkaian dari kegiatan yang diadakan oleh Samsung guna mengenalkan kepada para programmer Indonesia sebuah Operating System bernama Tizen. Sebuah OS yang akan menjadi dasar pondasi di hampir semua device yang dikeluarkan oleh Samsung, mulai dari gadget hingga wearable rumah tangga.

Baca juga: Mengenal Sistem Operasi Tizen

Kompetisi ini mengambil tiga kategori yang dilombakan yaitu Tizen Apps, Virtual Reality, dan Wearable masing-masing kategori akan diambil 3 pemenang. Sebelum diadakan kompetisi ini Samsung terlebih dahulu mengadakan serangkaian kegiatan sosialiasi melalui Workshop dan Developer Code Night di kota-kota besar seperti Yogyakarta, Surabaya, Malang, Bogor, Bandung, dan Jakarta. Dengan tujuan mengenalkan secara cukup rinci OS Tizen, pembuatan aplikasi hingga konsultasi teknis dengan Tim SRIN (Samsung RnD Institute Indonesia).

Melalui platform challange dicoding, terkumpul 209 aplikasi yang masuk dalam seluruh kategori yang dikompetisikan. Dengan katagori Tizen Apps sebanyak 196 aplikasi, wearable sebanyak 53 aplikasi, dan VR sebanyak 33 aplikasi. Dari 209 aplikasi yang ada disaring 5 aplikasi terbaik dari masing-masing kategori, kemudian di saring kembali oleh tim juri yang terdiri dari tim Samsung, tim DailySocial, dan tim ahli hingga tersisa 3 pemenang dari masing-masing kategori.

Baca juga: Mekanisme Publikasi Aplikasi Tizen di Tizen Store

Berikut adalah para pemenangnya :

1. Pemenang kategori aplikasi atau game untuk Tizen OS

WhatsApp Image 2016-10-21 at 09.01.05 (1)

Merupakan para pemenang kompetisi dengan kategori aplikasi atau game untuk Tizen OS. (kiri) Froggy and The Pesticide juara 3, Badminton Stars (Juara Bulutangkis) juara 2 dan Cute Munchies juara 1.

2. Pemenang kategori aplikasi atau game untuk Wearable Device

WhatsApp Image 2016-10-21 at 09.01.05

Merupakan para pemenang kompetisi dengan kategori aplikasi atau game untuk wearable device, (kiri) Rolling Hams juara 1, Devil in My Heart juara 2, dan 15 Second Bezel Frenzy juara 3

3. Pemenang kategori Virtual Reality aplikasi atau game untuk Samsung gear VR

WhatsApp Image 2016-10-21 at 09.01.06

Merupakan para pemenang kompetisi dengan kategori virtual reality aplikasi atau game untuk samsung gear VR adalah (kiri) Orbiz : Lost in VR juara 3, Giant Hunter VR juara 2 dan Kawaii Pew Pew VR juara 1.

Dalam kegiatan penutup INA 3.0 ini selain berlangsung pengumuman pemenang juga bersamaan dengan peluncuran samsung Z2 yang menggunakan sistem operasi Tizen dan menjadi satu-satunya gadget samsung yang rilis secara resmi menggunakan OS Tizen. Samsung berjanji akan terus mengadakan kegiatan ataupun sejenis kompetisi secara rutin sebagai wujud dukungan dan keseriusan samsung dalam membangun ekosistem teknologi yang semakin baik di Indonesia.



Berlangganan Informasi CodePolitan Melalui Email

Jangan sampai kamu melewatkan informasi penting tentang pemrograman dan teknologi! Kamu bisa berlangganan Newsletter CodePolitan dengan cara mengisi formulir di samping.