Pengguna Layanan AWS Terbesar

Slack

Dengan menggunakan AWS Global Deployment, Slack saat ini memiliki 5 Juta Daily Active User dan lebih dari 30 Juta messages mengalir melalui Slack setiap minggu baik itu melalui integrasi dengan layanan lain, maupun di dalam internal slack.

Banyak orang yang menggunakan Slack hingga 10 Jam atau lebih, berbeda dengan aplikasi seperti Facebook atau Twitter, yang orang hanya sesekali mengecek disaat meeting, atau waktu senggang lainnya.

Slack menggunakan beberapa produk AWS seperti EC2 dengan tipe instance I3 yang support NVME SSD, Elastic Load Balancer, EMR, S3, VPC, Route53, Athena, SNS, SQS, CloudFront dan CloudWatch.

Salah satu keunggulan Slack adalah kemudahan membuat aplikasi diatas Slack, seperti integrasi dengan github, jenkins dan pagerduty. Saat ini AWS Lex sudah terintegrasi dengan Slack. Dengan Lex, membuat bot menjadi sangat mudah.

https://d0.awsstatic.com/architecture-diagrams/customers/slack-arch-diagram.png

Sumber :

Netflix

Dengan menggunakan AWS Global Deployment, Netflix mampu menjangkau banyak negara, mampu membuat banyak instance aws untuk dipergunakan dalam skenario testing maupun development dalam hitungan menit.

Pada tahun 2009, Netflix beralih menuju Infrastruktur cloud AWS. Developer / Engineer Netflix diberi kebebasan untuk menjalankan instance di atas AWS. Sedangkan di masa lalu, mereka harus bicara kepada tim Infra, dan ini membutuhkan waktu yang sangat lama.

Layanan AWS bisa membuat Netflix untuk melakukan scale secara elastis, yaitu ketika traffic meningkat, mereka bisa menambah instance, dan ketika traffic sudah turun mereka bisa mengurangi jumlah instance, dan ini adalah hal yang sangat penting bagi perusahaan internet global seperti Netflix

Netflix dalam angka

  • > 81 Juta Anggota
  • > 125 Juta Jam Video Streaming / hari
  • Lebih dari 1/3 dari Traffic Internet di Amerika Utara
  • 600 Miliar Event / hari
  • 40 Peta Bytes di dalam Data Warehouse
  • 3 Peta Bytes Read / hari
  • 300 TB Write / hari
  • Di tahun 2016 sudah menjangkau banyak negara, negara besar kecuali china

Sumber :

Airbnb

Airbnb adalah sebuah community marketplace yang memperbolehkan pemilik properti dan traveler untuk saling terhubung satu sama lain dengan tujuan menyewa tempat berlibur yang unik di seluruh dunia. Aktivitas pengguna komunitas Airbnb kebanyakan dilakukan melalui website perusahaan dan melalui aplikasi iPhone / Android. Saat ini Airbnb mendukung penyewaan property di 25,000 kota dan dalam 192 Negara.

Airbnb menggunakan AWS sejak hari pertama mereka memulai bisnis, dan hingga tahun 2013 Airbnb sudah memiliki 9 Juta pengunjung, dari angka tersebut tidak menunjukan sedikitpun pengurangan pengunjung, hingga pada suatu malam, jumlah pesanan Airbnb mencapai angka 150,000.

Beberapa produk yang digunakan Airbnb diantaranya EC2, ELB, EMR, RDS, S3, DynamoDB, Elasticache, dan Route53.

Pada tahun 2013 data Airbnb sudah mencapai 2 Miliar baris data yang tersimpan dalam RDS. Jumlah instance EC2 sudah mencapai 1000. 50 TB data foto tersimpan di S3. Yang lebih menarik, untuk menangani infrastruktur sebesar itu, cukup ditangani oleh 5 orang yang berada di divisi operations.

Sumber :

Kesimpulan

Slack, Netflix dan Airbnb memiliki mimpi yang sama, yaitu ingin memberikan pelayanan yang terbaik kepada para penggunanya di seluruh dunia. Dan mereka semua memilih AWS sebagai partner, karena mereka yakin dengan layanan dan kemudahan yang ditawarkan oleh AWS.

Dilihat 963 kali

Is this helpful?

Share This Post