Permainan Offline yang Cocok Dimainkan Programmer Sambil Istirahat

Programmer tidak melulu menulis kode. Terkadang ada waktu dimana kita harus berhenti ngoding untuk istirahat, refreshing sebentar atau menunggu proses loading. Ada beberapa permainan offline yang cocok dimainkan dalam mengisi waktu kosong tersebut. Selain bermanfaat untuk mengisi waktu, permainan ini juga membantu menjaga pikiran agar tetap fokus. Apa saja permainan itu?

Teka Teki Silang (TTS)

Teka-teki silang (TTS) atau crosswords merupakan permainan puzzle dimana kita harus mengisi kotak-kotak kosong dengan jawaban. Jawaban-jawaban tersebut bisa berupa nama tempat, singkatan, nama orang, atau hal-hal lainnya seputar kehidupan sehari-hari.

TTS bisa kita temukan biasanya di surat kabar akhir pekan atau buku-buku koleksi TTS. Game bertema TTS juag sudah cukup banyak tersedia di Play Store jika tidak ingin membeli buku.

Sudoku

Sumber gambar: abcnews

Sudoku adalah permainain jenis puzzle dimana kita harus mengisi kotak 9x9 dengan angka dari 1-9. Setiap kolom, baris, dan kotak 3x3 yang lebih kecil harus memiliki angka dari 1-9 dan tidak boleh ada angka yang sama berulang di ketiga bagian tersebut.

Tidak perlu ada teknik khusus dalam memainkan sudoku. Kita hanya perlu memainkan logika angka mana saja yang mungkin bisa dituliskan dikotak tersebut sambil mengeliminasi kotak-kotak yang sudah tidak mungkin dituliskan dengan angka tertentu. Sudoku sudah terbukti mampu meningkatkan daya ingat.

Catur

Catur memang permainan yang dimainkan oleh dua orang dan bisa memakan waktu cukup lama. Namun, permainan catur juga memiliki kumpulan puzzle yang bisa dimainkan sendiri. Puzzle-puzzle ini meminta kita untuk mencari tahu bagaimana mematikan raja dalam 1, 2, 3, atau 5 langkah. Ada juga puzzle yang meminta kita untuk mencari langkah terbaik berdasarkan posisi tertentu.

Ada cukup banyak permainan puzzle catur yang tersedia di Play Store sehingga kita tidak perlu membeli bukunya yang agak sulit ditemukan di toko buku.

Rubik

Rubik adalah permainan kombinasi 3D yang diciptakan tahun 1974 oleh profesor arsitektur asal Hungaria, Ernő Rubik. Rubik berbentuk persegi dengan masing-masing sisi memiliki enam warna putih, merah, biru, oranye, hijau, dan kuning.

Di awal permainain kotak kecil di tiap sisi akan memiliki warna-warna yang diacak. Selanjutnya, kita diminta untuk menyusun kembali warna tiap kotak kecil yang diacak menjadi satu warna di tiap sisinya dengan cara memutar-mutar baris dan kolom yang ada. Rubik memiliki cukup banyak varian diantarnaya rubik berukuran 2x2x2 (mini), 3x3x3 (standar dan paling banyak beredar), 4x4x4, dan 5x5x5.

Ada permainain offline lain yang pembaca juga mainkan?

Dilihat kali

Is this helpful?

Share This Post