Phaser 3, Framework Game HTML5 Jaman Now

Phaser merupakan salah satu framework game HTML5 paling populer saat ini. Framework yang satu ini tersedia secara gratis, memiliki komunitas yang besar, performa yang cepat, ditambah dukungan plugin yang membantu proses pembuatan game. Game yang dihasilkan pun dapat di kompilasi ke iOS, Android dan berbagai sistem lain.

Setelah proses pengembangan yang sudah cukup lama, Photon Storm akhirnya merilis Phaser 3. Sempat akan berganti nama menjadi Lazers karena menghindari masalah copyright, Phaser 3 akhirnya tetap dipakai karena dorongan dari komunitas. Rilis Phaser kali ini memiliki dua versi: Phaser 3 dan Phaser CE - Community Edition. Apa bedanya?

Koleksi Aset Gambar Gratis Untuk Membuat Game

Phaser 3 adalah versi terkini dengan perubahan yang cukup besar dan tidak backward compatible dengan Phaser 2. Oleh karena itu untuk tetap mendukung developer yang memakai Phaser 2, Phaser CE diluncurkan sebagai penerus Phaser 2 dimana pengembangannya dilepas ke komunitas.

Perjalanan dalam proses pengembangan Phaser 3 dapat pembaca ikuti lewat developer log berikut. Disini pengembangnya menuliskan update seputar proses pengembangan. Selain berbagi lewat developer log, Phaser juga memiliki newsletter bernama Phaser World dengan konten yang lebih lengkap termasuk highlight game yang dibuat dengan Phaser, link tutorial, juga informasi lain seputar dunia game development khususnya yang menggunakan HTML5.

Beberapa Tools Pemrograman yang Asik Bagi Anak-anak

Phaser sudah memiliki komunitas yang cukup besar. Kita bisa bergabung lewat forum html5gamedevs, StackOverflow, Slack, bahkan Discord.

Untuk mendapatkan informasi terkini tentang Phaser 3 dan komunitasnya, ikuti akun Phaser di Twitter, kunjungi situs resminya di phaser.io, dan tentu saja laman GitHub-nya.

Dilihat kali

Is this helpful?

Share This Post