Potensi Pasar yang Besar dan Keuntungan Menjadi Android Developer

Pada bulan Mei tahun 2017, Google menyebutkan bahwa perangkat Android yang aktif di dunia saat ini sudah mencapai lebih dari 2 miliar perangkat (sumber: Google I/O '17) sejak perangkat pertama HTC Dream dirilis 9 tahun yang lalu. Angka yang luar biasa ini menunjukkan fakta bahwa menjadi seorang Android developer akan membawa kita menuju sebuah pasar yang amat besar.

Dengan banyaknya jumlah perangkat Android yang beredar akan membuat makin banyak perusahaan yang ingin agar produk mereka dapat hadir secara langsung di tangan konsumen. Untuk mencapai tujuan tersebut, secara otomatis perusahaan akan membutuhkan seorang Android Developer. Karena masih terbatasnya jumlah Android Developer yang tersedia dibanding dengan kebutuhan, maka developer akan memiliki posisi daya tawar yang cukup baik.

Permintaan developer Android salah satu yang paling tinggi di bidang IT (Stackoverflow)

Bekerja di perusahaan bukan menjadi satu-satunya kesempatan bekerja bagi Android Developer. Freelancing menjadi opsi yang tak kalah menarik. Tengok saja di salah satu situs freelance terbesar di Indonesia, projects.co.id. Pembaca dapat melihat sendiri jumlah project untuk mobile programming jumlahnya jauh lebih banyak dibanding kategori yang lain, bahkan hampir dua kali lipat lebih banyak dibanding kategori terbanyak kedua. Jika ditelusuri lebih dalam, maka pembaca akan menemukan kata Android dihampir setiap project yang di-posting.

Project mobile paling banyak

Bila tak ingin bekerja dengan orang lain, kita juga dapat mengembangkan bisnis sendiri dengan memasarkan produk di Play Store. Karena sistem pemasaran aplikasi Android yang terpusat, kita dapat memasarkan produk kita tidak terbatas hanya untuk pengguna dari Indonesia, namun juga seluruh pengguna Android yang ada di dunia. Google juga menyediakan banyak opsi monetisasi aplikasi dinataranya iklan, pembelian dalam aplikasi, aplikasi berbayar, langganan, dan e-commerce.

Dengan keuntungan-keuntungan ini, apa lagi yang membuatmu berpikir dua kali untuk jadi Android developer? Ayo bergabung dengan program Codepolitan Developer School di kelas intensif Android App Development untuk meraih kesempatan menjadi Android Developer yang dicari.

Dilihat 4397 kali

Is this helpful?

Share This Post