Programmer JavaScript lokal keren yang bisa kalian ikuti

Disclaimer: artikel ini dibuat berdasarkan opini pribadi, tidak ada maksud untuk meng-endorse atau menjatuhkan siapapun. Adapun bila banyak teman-teman keren lain yang tidak bisa disebutkan dikarenakan memang terbatasnya media ini. Semoga berkenan.

Pasti sudah pada tahu JavaScript kan ? Salah satu bahasa pemrograman yang (baca: katanya) lagi hype beberapa waktu belakangan ini. Pada artikel kali ini kita akan sebutkan beberapa programmer JavaScript lokal keren yang bisa kita ikuti baik sosial medianya ataupun kalau sempat bertemu bisa langsung coba menyapa dan ngobrol dengan mereka-mereka ini. Kenapa saya rekomendasikan untuk mengikuti sosial media mereka ? Karena menurut saya beberapa dari mereka memang rajin untuk berbagi banyak informasi menarik baik perkembangan JavaScript terkini, tulisan-tulisan, maupun project-project yang sedang mereka kerjakan yang seringkali menarik dan layak untuk kita pelajari.

Berikut daftar mereka yang tidak saya urutkan berdasarkan apapun, jadi jangan berekspektasi bahwa yang lebih atas berarti lebih keren daripada yang ada di daftar bawahnya. Semuanya keren-keren, berikut daftarnya:

1. Sonny Lazuardi

Sonny Lazuardi

Sonny Lazuardi, sekarang bekerja di Grab Singapore sebagai UX Engineer. Ketika berbicara mengenai JavaScript di Indonesia tentu nama orang yang satu ini tidak boleh terlewat. Sudah coba lihat ke akun Github nya ? Sudah tidak terhitung berapa banyak projek open source yang dikerjakan olehnya yang menurut saya sendiri seringkali terlalu keren untuk di open source kan. Namun begitulah Sonny, sangat passionate dalam berbagi ke teman-teman di luar sana. Sonny juga aktif menjadi speaker di beberapa conference dan meetup di kalangan programmer. Yang paling heboh adalah ketika menjadi pembicara di JSConf Asia akhir tahun 2016 kemarin. Videonya bisa dilihat di tautan berikut https://www.youtube.com/watch?v=tokHz64qXs8

2. Muhammad Azammudin

Muhammad Azammudin

Mas Azam, salah satu orang yang pertama menjadi ambasador ReactJS di Indonesia ketika teman-teman lain bahkan mungkin belum mendengar apa itu ReactJS. Mas Azam ini juga aktif sekali berbagi banyak informasi menarik lewat halaman di facebook https://www.facebook.com/arrowfunxtion/. Ada banyak mini seri baik screencast maupun tutorial kecil yang berguna baik bagi level pemula sampai menengah. Silahkan add akun sosial medianya dan ikuti berbagai info menarik yang beliau sebarkan.

3. Muhammad Naufal Rabbani

Muhammad Naufal Rabbani

Mas Naufal ini salah satu programmer JavaScript keren asal Sidoarjo. Aktif sebagai speaker di beberapa meetup lokal yang diadakan di kawasan Sidoarjo, Surabaya dan sekitarnya. Menilik ke akun Githubnya juga tidak main-main luar biasanya. Ada banyak open source keren yang memiliki bintang lebih dari 100 yang menunjukkan bawa projek tersebut setidaknya bermanfaat dan digunakan banyak orang.

4. Antony Budianto

Antony Budianto

Antony Budianto merupakan kontributor open source di banyak repositori. Membuat banyak projek starter kit untuk beberapa framework sehingga memudahkan teman-teman lain yang ingin cepat mencari skeleton untuk projeknya. Di Facebook beliau juga rajin membagikan banyak artikel terbaru mengenai perkembangan JavaScript khususnya ReactJS.

5. Rian Yulianto W

Rian Yulianto W

Mas Rian atau kalian mungkin akan lebih familiar dengan gambar kucing di berbagai akun sosial medianya. Mas Rian ini aslinya programmer Java dengan spesialisasi di Android namun beberapa tahun terakhir juga aktif di komunitas JavaScript terutama Angular dan Typescript. Ikuti sosial medianya dan pasti kalian akan dapat banyak info menarik, berita terbaru dan berbagai projek menarik terbaru karena memang beliau sangat aktif untuk berbagi informasi yang beliau dapatkan.

6. Jihad Dzikri Waspada

Jihad Dzikri Waspada

Mas Jihad, mantan programmer di TechInAsia Indonesia yang ternyata sekarang sudah melalang buana ke negeri orang. Kalau ditanya soal JavaScript programmer di Indonesia tentu nama beliau akan selalu saya sebut diantara banyak yang lain. Satu yang menjadi kelebihan beliau adalah karena pemahaman functional programmingnya berada diatas rata-rata, ini didapatkan karena beliau juga fasih di bahasa Haskell yang menganut paradigma ini. Wajar saja kalau kita kunjungi akun mediumnya maka akan kita temukan berbagai artikel mengenai functional programming yang tentunya diimplementasikan menggunakan JavaScript.

7. Muhammad Mustadi

Muhammad Mustadi

Muhammad Mustadi atau biasa dipanggil Ody ini salah seorang programmer Hackaton mania. Kalau ada Hackaton dan Ody ikut, itu berarti pemberitahuan untuk peserta lain untuk tidak terlalu berharap. Ody seorang programmer yang membuat banyak produk keren baik untuk hackaton maupun di sela-sela waktu luangnya. Mengikuti sosial medianya terutama akun Twitternya memang agak riskan bagi yang tidak sepemikiran, seringkali memang tweetnya agak berbahaya untuk dibaca anak-anak :-).

8. Alfred Crosby

Alfred Crosby

Programmer Tokopedia yang sekarang sudah hijrah ke Grab ini mungkin tidak begitu banyak terdengar di telinga temen-temen - ya paling tidak, tidak seheboh Sonny ya :-). Namun Osby ini juga senang berbagi, ada beberapa artikelnya yang ditulis dengan komprehensif dan keren untuk dibaca.

9. Ega Wachid Radiegtya

Ega Wachid Radiegtya

Mas Ega pemilik DumbWays.id ini banyak membuat konten dan screencast untuk teman-teman belajar JavaScript, beliau juga mengadakan bootcamp offline yang bisa kalian ikuti juga lewat page DumbWays.id miliknya.

10. Yohan Toting

Yohan Toting

Mas Yohan, salah satu Google Developer Advocate yang jika kita kunjungi akun Mediumnya banyak membahas soal Web pada umumnya serta PWA akhir-akhir ini. Sering mengisi berbagai conference dan meetup dari komunitas di berbagai kota di Indonesia. Yang paling hebat dari mas Yohan ini semangatnya dalam berbagi ke teman-teman, caranya memproduksi konten baik tulisan maupun talks selalu bisa membuat kalian berdecak kagum pada orang ini.

11. Riza Fahmi

Riza Fahmi

Mas Riza ini salah satu organizer di JakartaJS, salah satu dari 3 Lead Facebook Developer Circle Jakarta. Aktif berbagi informasi di sosial media terutama Facebook. Beliau sekarang menjadi Curriculum Director di Hacktiv8 dan saat ini sedang berusaha berbagi cerita-cerita menarik dari berbagai programmer yang berhasil di wawancarai lewat podcast yang tidak kalah unik di https://www.ceritanyadeveloper.com/.

12. Fatih Kalifa

Fatih Kalifa

Fatih Kalifa saat ini bekerja di Traveloka dan dengan pekerjaan sehari-hari yang berkaitan dengan ReactJS, mas Fatih masih sempat membuat beberapa library-library keren yang kebanyakan berbasiskan ReactJS. Silahkan ikuti saja akun Githubnya.

13. Mulia Nasution

Mulia Nasution

Mas Mulia sekarang bisa dibilang top ambassador bagi framework JavaScript VueJS. Namanya menjadi orang yang harus disebut ketika membicarakan framework hijau ini. Mas Mulia juga yang menjadi Admin di group Facebook Vue.js Indonesia yang juga aktif menjawab pertanyaan dari teman-teman di group tersebut.

14. Hengki Sihombing

Hengki Sihombing

Co-Founder dan CTO Urbanhire tentu saja familiar di telinga semua programmer JavaScript tanah air. Menjadi salah satu organizer di JakartaJS, beliau ini sangat fasih dengan ExpressJS.

15. Galih Pratama

Galih Pratama

Pemilik Belajarkoding dan Head Front End Developer di Crowde.co ini aktif membuat konten screencast dan berbagai tutorial berbagai bahasa pemrograman dan salah satu orang yang fasih dengan salah satu framework JavaScript yakni VueJS.

Tentu masih banyak teman-teman lain yang tidak kalah keren di luar sana namun tidak masuk kedalam daftar ini. Bila ingin melihat beberapa programmer JavaScript lokal keren lain yang tidak bisa disebutkan di artikel ini, silahkan kunjungi tautan ini : http://git-awards.com/users?country=indonesia&language=javascript Sekali lagi mohon maaf karena tidak bisa menyebutkan semua temen-temen keren lain ya.

Semoga bermanfaat.

Saya Irfan Maulana, kalian bisa ikuti tulisan-tulisan saya di berbagai publikasi Medium seperti Vuejs-ID, Blibli.com Tech Blog, AngularID, and mazipan-mind. Saya menulis berbagai hal teknikal maupun non-teknikal terkait dengan dunia programming terutama yang berkaitan dengan web programming dan sebagian besar saya tulis dalam bahasa Indonesia. Saya juga senang bereksplorasi dan membuat berbagai percobaan mengenai apa yang saya sudah atau sedang saya pelajari. Anda bisa ikuti dan lihat semuanya di Github saya di mazipan.

Dilihat kali

Is this helpful?

Share This Post