Lebih terarah belajar coding melalui Kelas Online dan Interactive Coding Lihat Materi Belajar

7 Programmer Wanita yang Terkenal di Dunia

Ditulis oleh Tarom Apriyanto, dipublikasi pada 12 Jun 2014 dalam kategori Info
7 Programmer Wanita yang Terkenal di Dunia - CodePolitan.com

Programmer kerap dipandang sebelah mata dalam urusan percintaan. Bagaimana tidak, profesi yang mayoritas didominasi oleh seorang pria ini (berdasarkan pernyataan Sara Chipps dilansir dari “inet.detik.com” 91% developer termasuk programmer di dunia itu adalah para pria) sering dipanggil dengan sebutan “manusia kaku” yang selalu dekat dengan komputer dan juga penguasa permainan logika. Menakhlukan hati seorang wanita merupakan tantangan tersulit yang harus mereka hadapi. Apa benar demikian? Silahkan dijawab sendiri.

Meskipun ada yang sering bilang bahwa “kalau jodoh tidak akan kemana” tapi apa kita harus pasrah? Diam saja tanpa ada usaha yang nyata. Dan apalagi setelah ada istilah baru yaitu “kejarlah jodoh, kau ku tangkap” (istilah siapa ini?) apakah kalian tetap mengelak untuk mencari jodoh tanpa usaha?

Dalam memilih seorang wanita idaman hati, para pria pada umumnya mempunyai beberapa persyaratan yang mesti dipenuhi. Contohnya sebagai berikut:

  1. Paras cantik (tidak cantik juga boleh, asalkan pas :)..)
  2. Tidak matre (matre boleh tapi jangan “Ter-la-lu”)
  3. Mau menerima kita apa adanya (bukan malah “ada apanya”)
  4. Bisa memberikan semangat hidup
  5. Bisa mengerti
  6. Dan lain-lain(tambah sendiri…..)

Bukan hanya pria, seorang wanita pun juga memiliki beberapa persyaratan dalam menentukan pria idaman hatinya. Dan pasti juga tidak akan jauh berbeda dengan persyaratan yang diberikan oleh para pria, tetapi “mungkin” memiliki beberapa tambahan yang mesti terpenuhi dalam diri pria tersebut. Berikut tambahan yang sangat mungkin harus ada dalam diri seorang pria idaman para wanita:

  1. Pria harus mau mengalah (walaupun wanita yang salah :)..)
  2. Tidak berperangai kasar (pada nyengir programmer sambil bilang “ini gue banget brow” gimana mau kasar ngomong aja jarang hehehe)
  3. Selalu SIAGA alias Siap Antar Jaga (wah yang ini syarat terberat bagi para programmer)
  4. Mau diajak belanja ke pasar (apalagi ini??kenapa harus ke pasar?, OL-Shop kan banyak)
  5. Dan lain-lain lagi (tambah sendiri juga yaa)

Dari semua itu, apakah programmer juga menentukan syaratnya dalam memilih pasangan idaman hatinya?

Jawabannya saya yakin “iya, tentu punya kriteria dalam memilih pasangan hidup”

Programmer juga manusia” tentunya sama seperti manusia pada umumnya ingin dimengerti dan juga ingin dikasih karena itu adalah kodratnya sebagai manusia. Kalau secara spesifik, itu tergantung pribadi masing-masing.

Namun, dilihat dari beberapa watak & kebiasaan para programmer (pria khususnya) serasa sangat jauh sekali dari harapan untuk dijadikan “pria idaman” bagi para wanita (wah ngece ini! haha). Beberapa sifat programmer yang umum dimiliki di antaranya:

  1. Suka tidak ingat semua hal ketika sedang coding (kecuali ibadah, sholat & codingan-nya)
  2. Kadang-kadang suka bengong (mikirin bugs yang ada dicodingan-nya)
  3. Tiba-tiba berteriak sendiri (“Owh itu!!” saat tahu kenapa ada bugs dalam codingnya)
  4. Suka pusing sendiri (aduh pusing, banyak deadline bro)
  5. Ditelponin atasan, harus menyelesaikan project (aduh pusing lagi bro haha)

Itu semua yang menyebabkan para beauty ladies menjauh guys, so sekarang perlu berhati-hati dalam meluapkan emosi untuk menjalankan karakter sebagai seorang programmer di depan para ladies.

Tapi jangan khawatir, bagi programmer yang belum sanggup untuk menyembunyikan karakternya. Masih ada kok wanita yang bisa diajak ngobrol serius dan pasti nyambung tanpa harus menyembunyikan sifat asli kalian, karena dia seprofesi dan mungkin bisa kalian jadikan referensi dalam memilih seorang pasangan hidup nantinya. Atau yang bukan programmer juga boleh ngarep bisa jadi pasangan hidup para wanita ini atau sekedar cari referensi juga, pantengin aja yaa hehehe. This the important point!

Dari pernyataan “Sara chipps” di atas bahwa mayoritas developer di dunia adalah pria yaitu sebanyak 91%. Tentunya bisa disimpulkan bahwa masih ada wanita yang berprofesi sebagai programmer dan developer di muka bumi ini sebanyak 9%. Dan siapa tahu mungkin salah satu dari mereka merupakan tipe orang yang kalian cari.

Oke langsung saja ya, berikut ini merupakan 7 wanita cantik yang terkenal dengan profesi sebagai programmer dan juga developer. Cekidot!

1. Leah Culver

Bro bro! ini ni programmer wanita yang akan kita bahas duluan. Namanya Leah Culver,wanita yang sekarang menginjak usia kurang lebih 31 tahun ini merupakan lulusan dari University of Minnesota dengan jurusan ilmu komputer pada tahun 2006 lalu. Programmer wanita yang masih cukup cantik di usianya tersebut ternyata cukup berpengaruh dan pernah masuk di dalam daftar Most Influential Women in Web 2.0 dari majalah teknologi Fast Company.

2. Corine Yu

The second ladies ini adalah wanita berdarah China, dia begitu menyukai dunia gaming, bukan karena hobi memainkannya tapi karena dia adalah “pembuat aplikasi game” (keren banget). Yu begitu sapaannya, ternyata adalah wanita pertama yang menjabat sebagai Technical Leaddi Microsoft Game Studios. Dia juga termasuk pendiri Microsoft’s Direct 3D Advisory Board.

Bukan hanya itu, Yu juga adalah seorang Principal Engine Architecht di Halo, yang merupakan salah satu video game paling populer di Xbox. Dia terlibat dalam pengembangan fitur baru di game Halo versi terbarunya. Pada tahun 2010, dia termasuk dalam daftar 10 wanita paling berpengaruh di dunia game dalam media teknologi Kotaku. Begitulah paparan tentang Yu berdasarkan referensi yang saya ambil.

3. Sara Haider

Ladies berikutnya ini bernama Sara Haider. Programmer wanita berkebangsaan Kanada ini lulus dari University of Waterloo dengan jurusan Software Engineering and Cognitive Science. Wanita nan cantik ini juga merupakan wanita berdarah pakistan, yang ternyata pernah bekerja di situs jejaringan sosial berlambangkan burung yang biasa kita kenal dengan sebutan twitter yaitu di bagian pengembangan software. Dan kemudian Sara diberikan tanggungjawab oleh twitter dalam pengembangan aplikasi Twitter for Android.

Dari sekilas beberapa perannya tersebut, tidak dipungkiri bahwa wanita ini sangat-sangat benar bila kita sebut sebagai programmer wanita yang paling berpengaruh di dunia IT, karena twitter yang hampir seluruh dunia menggunakannya mempercayakan Sara sebagai salah satu pengembang aplikasinya. Wow!! udah cantik programmer pula, mana tahaaaan. Hahaha.

4. Jade Raymond

Ada yang pernah mendengar game Assasin’s Creed? Pastinya pernah lah walaupun mungkin belum tentu pernah memainkannya (kalau saya sih udah pernah mainin-pamer). Game yang begitu seru dan menegangkan dalam setiap petualangannya ternyata pembuat dan pemiliknya adalah seorang wanita guys, gile gat tuh hihihi. Jade Raymond itulah nama wanita tersebut. Dia kabarnya adalah wanita blasteran Australia, China, dan Kanada (kok ga ada Indonesianya yaaa) walaupun asalnya dari kanada. Dan ternyata, Jade ini adalah Managing Director di perusahaan game tenar Ubisoft.

Wanita ini juga menjadi produser game yang populer semacam The Sims Online sampai yang saya tadi katakan di awal yaitu Assasin's Creed. Konon katanya, karena dia selalu tampil begitu menawan dan itu menjadikannya memiliki banyak fans. Jade adalah lulusan McGill University jurusan ilmu komputer. Owh iya sebelum ke Ubisoft dia juga pernah bekerja di Sony lho.

5. Sara Chipps

Nah ini wanita yang pada mukodimah telah disebutkan yaitu Sara Chipps, Dia sangat menyayangkan kenapa para wanita di dunia ini sangat sedikit sekali yang berminat untuk berkecimpung di dunia IT yaitu hanya 9% menurutnya.

Berdasarkan sumber, dia adalah wanita yang paling ingin sekali menggerakan para hati wanita untuk menggeluti dunia teknologi. Tidak main-main dengan keinginannya itu, Sara pun mendirikan sebuah perusahaan dan websitenya yang bernama Girl Develop It yang bertujuan untuk mendorong dan memberi ilmu pada wanita untuk berkecimpung di dunia pemrograman. Haduh…haduh ambisi sekali ternyata, tapi bagus ya usahanya…hehehe…

6. Amanda Uiksted

Ada yang ga kenal game FarmVille?? Waktu saya kuliah dulu pernah mainin game ini dan ini seru banget, terutama bagi anak seorang petani tulen seperti saya (malah curhat). Amanda senyummu yang manis sekali itu membuat aku klepek-klepek (lho eh malah ngegombal, lanjutkan!). Oke di lajeng, ternyata pendiri sekaligus manager club game FarmVille tersebut adalah si Amanda Uiksted ini, oh my God wanita yang membuat gamenya kalah aku mak.

Amanda lebih banyak berkecimpung di aplikasi mobile. Pekerjaan Amanda ini adalah sebagai seorang konsultan dan manajer di beberapa perusahaan besar dalam bidang komputer.

7. Tracy Chu

Wew, awas mba ular, nanti ngegigit lho, kan bisa atit! (yaaaaaaaaah - gariiiiiing hahaha). Ini wanita terakhir yang akan kita bahas yaitu Tracy Chu. Dia adalah programmer wanita pecinta ular (Ular apa nih..hihihi), prestasinya juga tidak kalah dari programmer-programmer wanita sebelumnya.

Tracy sudah lama bergelut di dunia pemrograman, terutama yang berhubungan dengan dunia maya (baca Internet) dan juga media social. Tracy juga berkontribusi besar dalam pengembangan Google, facebook dan Quora. Dia juga bekerja di Pinterest sebagai seorang programmer.

Tracy ini adalah programmer wanita lulusan jurusan teknik elektro dan juga mengambil gelar master jurusan ilmu komputer di Stanford university. Pas banget sih dengan background lulusannya, jadi tidak diherankan lagi kalau tracy ini adalah seorang programmer handal.

Nah guys, dari ke 7 wanita di atas ada yang minat? Atau masih belum ada yang percaya dengan sesama programmer dalam hubungan percintaan? Atau jangan-jangan masih menunggu si doi datang sendiri secara tiba-tiba?. Haduuh…haduuuh, sayang sekali ya, mereka cantik-cantik lho.

Ya sudahlah terlepas dari itu semua semoga informasi ini bermanfaat. Dan saya doakan semoga para nyankoders semua dapat jodoh yang baik dari Sang Maha Kuasa, dan tetap terus meningkatkan skill serta terus berkarya dalam dunia teknologi dan science. Biar bangsa ini semakin maju dengan teknologinya dan sumber daya manusianya (SDM). See You!

 

Referensi : inet.detik.com, www.vemale.com


background

Gabung CodePolitan Membership

Ingin belajar coding secara online dengan lebih terarah? Gabung sekarang dalam program Premium Membership di CodePolitan. Dapatkan ratusan modul belajar pemrograman premium dalam beragam format dengan materi silabus lengkap dan tersusun rapi dari awal hingga mahir.

LIHAT MATERI BELAJAR GABUNG MEMBERSHIP