Python 3.6 Telah Resmi Rilis, Tengok Fitur Barunya

Hari ini, Python yang kita kenal merupakan salah satu bahasa pemrograman yang paling banyak digunakan. Pertumbuhan Python yang pesat mulai dinikmati dalam berbagai teknologi dengan cakupan yang luas. Kecanggihan yang ditawarkan oleh Python tidak lepas dari kemudahan dan keuntungan dalam menggunakan Python.

Versi terbaru dari Python yaitu Python 3.6 kini telah bisa dinikamti secara resmi. Dibandingkan dengan dengan versi lawasnya 3.5. Python 3.6 membawa banyak sekali fitur baru, di tambah dengan sejumlah tahap keamanan, dan mencoba untuk membuat programmer lebih produktif dan mudah dalam membangun sebuah program. Artikel ini akan memberimu info review singkat mengenai fitur dan syntax tambahan di Python 3.6.

Fitur Python 3.6

Format string literals. Terdapat jenis baru dari string literals yang disebut dengan f-stings. String ini diawali dengan 'f' dan berisi pengganti dari field yang berada di dalam {}. Penggantian dalam field tersebut merupakan ekspresi yang dievaluasi saat runtime dan diformat menggunakan format () protokol.

Garis bawah pada numeric literals. Agar bisa dibaca dengan lebih baik, Python 3.6 membawa kemampuan untuk menggunakan garis bawah pada literal numerik. Saat ini, garis bawah tunggal digunakan di antara angka dan setelah untuk setiap dasar yang ditentukan.

Syntax untuk variable annotations. Disini kita sedang berbicara tentang standar untuk jenis annotation pada fungsi parameter. Tambahan sintaks pada annotation ini untuk menjelaskan perbedaan dari berbagai jenis variabel.

Generator Asynchronous. Python 3.6 hadir dengan ditingkatkannya dukungan pada native coroutines dan sintaks sync / await yang dikenalkan pada Python 3.5 Saat ini, Kamu bisa menggunakan fungsi await dan yield di dalam isi fungsi yang sama.

Asynchronous comprehensions. Terdapat dukungan untuk menggunakan async dalam list yang diberikan, set, dict comprehensions dan generator expressions. Dan juga kini await expressions didukung dalam semua jenis comprehensions.

Python 3.6 juga menambahkan modul library baru dalam updatenya, Peningkatan dalam implementasi CPython dan banyak dari peningkatan keamanan.

Kamu bisa mengunjungi halaman Python 3.6 untuk mengetahui apa saja hal-hal baru secara lebih mendetail.

Masa dukungan Python 3.6

Versi ini akan terus mendapatkan perbaikan bugs setiap 3-6 bulan selama 18 bulan kedepan. Setelah Python 3.7 rilis, perbaikan bug 3.6 terakhir juga akan rilis. Setelah itu 3.6 diharapkan akan mendapat update security sampai Desember 2021.

sumber : Python 3.6 Officially Released | New Features

Dilihat 1641 kali

Is this helpful?

Share This Post