Panduan Penggunaan Tizen - Samsung Gear S2 Review

Ditulis oleh Samsung R&D Institute Indonesia, dipublikasi pada 19 Sep 2016 dalam kategori Tutorial
Panduan Penggunaan Tizen - Samsung Gear S2 Review
<!-- [if gte mso 9]><xml> Normal 0 false false false EN-US X-NONE X-NONE </xml><![endif]-->

Menghidupkan dan Menonaktifkan Smartwatch Samsung Gear S2

Untuk mematikan dan menghidupkan Smarwatch, seperti pada umumnya, user hanya harus menahan tombol power sampai muncul pilihan power off dan power saving. Pilih power off untuk menonaktifkan Gear S2. Seperti menonaktifkan, user hanya harus menahan tombol yang sama untuk menghidupkan Gear S2.

Screenshots pada Samsung gear S2

Samsung gear S2, yang memiliki tampilan mewah sebagai jam tangan mempunyai fitur screenshots seperti pada Smart-watch pada umumnya seperti Apple watch misalnya. Cara menjalankannya cukup dengan menahan tombol home dan swipe layar dari kiri ke kanan.

Melakukan screenshots pada jam Samsung gear s2 ini bukanlah sesuatu yang sulit untuk dilakukan. Akan tetapi semudah apapun melakukan Screenshots, ada beberapa aplikasi dan features yang tidak bisa di screenshots oleh user pada saat menjalankan applikasi atau fitur tersebut. Gambar dibawah ini adalah contoh screenshot pada Samsung gear s2.

gambar 1, artikel 6 gambar 2, artikel 6 gambar 3, artikel 6

Rotating Bezel

Rotating bezel ini menjadi salah satu fitur Yang unik dan fitur favorit bagi para samsung gear S2 user. Dengan rotating bezel, membantu user saat menggunakan dan mengoperasikan smart-watch tersebut, karena mereka tidak harus swipe layar ke kiri, kanan melainkan hanya tinggal memutarkan rotating bezelnya saja untuk mencari aplikasi, atau memainkan smart-watchnya. Samsung sudah lebih berinisiatif untung mengembangkan dan memuaskan customernya di smart-watch “market” dengan menggunakan rotating bezel ini dengan system operasi TIZEN. Dengan rotating bezel ini user bisa switch antar aplikasi, kembali ke notifications, mengganti volume suara, dan brightness, mengganti watch faces, dan lainnya.

gambar 4, artikel 6 artikel

Samsung Gear S2 dengan TIZEN

TIZEN, yang menjadi OS yang dikembangkan Samsung sendiri, menjadi operation system produk Samsung ini. Samsung gear S2 dengan TIZENnya, adalah produk yang gampang sekali untuk digunakan dan dipelajari. Home screen pada jam ini adalah watch face screen yang bisa diganti ganti tampilannya sesuai selera user dengan hanya swipe layar ke kiri untuk melihat notifications terbaru, geser ke kanan untuk melihat apps icon, buddy ( untuk mengcontact orang orang penting yang ada dalam kontak anda supaya lebih mudah untuk menghubungi mereka), settings, dan S voice. Swipe ke kanan sekali lagi untuk mendapatkan informasi lain seperti Alarm, music player, news briefing, S health, dan fitur lainnya.

Health and Fitness

Bisa dibilang semua smart-watch sekarang sudah memiliki fitur yang satu ini. Health and fitness Samsung, menghitung step dengan akurat, dan menyediakan tampilan progress yang mudah dimengerti yang menunjukkan progress user dalam mencapai specific goals langkah yang sudah mereka targetkan di smart-phone.
User juga bisa memasukkan jumlah berapa gelas air atau berapa cangkir kopi yang sudah mereka minum selama satu hari. Fitur ini yang membedakan Samsung gear s2 dengan smart-watch lainnya karena memasukkan data air dan kopi adalah fitur yang baru bisa di input di beberapa smart-watch saja. User juga bisa mengaktifkan fitur reminder jika sang user sudah terlalu lama duduk, maka aplikasi health and fitness ini bisa menjadi reminder untuk user.

Di fitur health and fitness ini, user juga bisa mengatur kegiatan apa yang ingin mereka lakukan dan berapa lama waktu yang ingin mereka habiskan untuk olahraga. Beberapa olahraga yang ada seperti lari, berjalan, bersepeda, hiking, exercise bike, treadmill.  Apps ini juga menunjukan heart rate seseorang seperti yang ditunjukkan gambar gambar dibawah ini

gambar 5, artikel 6      gambar 7, artikel 6

 

 

gambar 6, artikel 6   gambar 8, artikel 6

 

gambar 9, artikel 6  gambar 10, artikel 6

 

gambar 11, artikel 6  gambar 12, artikel 6

Daya tahan baterai dan charging

Daya tahan baterai menjadi masalah serius bagi semua produk smartwatch yang sudah diluncurkan. Daya tahan baterai pada smart-watch, tergantung dengan bagaimana user menggunakannya, aplikasi apa saja yang dijalankan dan sebagainya. Tetapi, seperti prinsip TIZEN yang mengutamakan low power dan high performance, baterai pada Samsung gear s2 ini termasuk lebih baik dibandingkan baterai pada smart-watch lain pada umumnya. Baterai dengan 300mAh memungkinkan smart-watch bisa bertahan selama 2 atau 3 hari. Memang tergantung bagaimana cara kita menggunakannya, seperti seberapa sering kita menggunakan S voice, ataupun GPS.

Artikel Lainnya

Berlangganan Informasi CodePolitan Melalui Email

Jangan sampai kamu melewatkan informasi penting tentang pemrograman dan teknologi! Kamu bisa berlangganan Newsletter CodePolitan dengan cara mengisi formulir di samping.

Promo potongan 10% untuk bergabung dalam kelas online Menjadi Web Programmer