Sebelum Interview, Programmer Harus Melakukan Ini

Ditulis oleh Ridwan Fajar, dipublikasi pada 15 Jul 2014 dalam kategori Tips & Trik
Sebelum Interview, Programmer Harus Melakukan Ini - CodePolitan.com

Seseorang yang baru lulus kuliah atau yang sedang membutuhkan pengalaman dan dana biasanya akan mencari pekerjaan terlebih dahulu. Ditambah lagi apabila Anda orang tersebut seorang programmer, biasanya orang tersebut akan mencari lowongan pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan programming yang dimilikinya. Seseorang yang memiliki kemampuan programming biasanya bekerja secara freelance atau tetap di sebuah perusahaan.

Jika Anda adalah orang yang memiliki kemampuan programming dan Anda percaya diri untuk dapat menawarkan kemampuan Anda kepada suatu perusahaan, itu merupakan hal yang sangat keren. Ketika Anda mencoba untuk melamar ke suatu perusahaan, mungkin saja Anda harus interview atau jika Anda beruntung malah langsung diterima di perusahaan tersebut karena Anda sudah sangat meyakinkan dan kredibel. Tapi bagaimana jika Anda harus melewati interview yang diajukan oleh perusahaan? sebagai programmer, Anda harus memerhatikan beberapa hal berikut:

1. Beri kabar dahulu kepada pihak tempat yang Anda lamar

Memberi kabar dahulu sebelum melakukan interview merupakan hal penting. Karena ketika Anda akan interview, banyak orang yang terlibat dengan interview tersebut mulai dari pihak sumber daya manusia, manager proyek, programmer senior, dan mungkin pimpinan dari perusahaan tersebut. Di dalam interview tersebut, biasanya terdapat tes kejiwaan, tes kemampuan, tes kepribadian dan negosiasi untuk menentukan seberapa besar Anda akan mendapatkan fee. Jika Anda memutuskan untuk tidak interview secara tiba - tiba, tentu itu adalah hal yang tidak baik. Karena banyak orang yang terlibat di dalam interview mengagendakan waktu untuk Anda.

2. Makan yang cukup

Karena agenda yang akan dilalui cukup banyak, jangan sampai lupa makan di pagi hari. Jika Anda lupa makan pagi, maka siap - siaplah untuk menghadapi lapar ketika sedang tes kepribadian, tes kejiwaan, atau tes kemampuan yang diajukan oleh perusahaan kepada Anda. Dan tes yang akan dilalui tersebut akan memakan energi yang cukup banyak.

3. Baca - baca tutorial

Tidak ada salahnya jika Anda mencoba membuka kembali tutorial atau panduan yang Anda simpan di laptop Anda terkait dengan bidang programming yang dilamar. Hal tersebut dapat berguna untuk menyegarkan ingatan dari bidang yang Anda tekuni. Siapa tahu tes kemampuan yang nanti dilalui tidak terlalu beda jauh dengan tutorial yang baru saja Anda baca.

4. Bangun lebih pagi

Agar poin 1 dan 2 dapat dilakukan, Anda harus berkomitmen untuk bangun pagi. Jangan ambil jarak yang terlalu mepet, karena perusahaan yang Anda lamar tidak akan suka jika Anda terlambat datang interview. Alangkah lebih baiknya Anda menunggu di perusahaan yang Anda lamar sekitar satu jam sebelum interview dimulai.

5. Berdoa dan minta support

Kekuatan doa akan membuat kita lebih semangat dan tegar. Jangan lupa berdoa sebelum interview dan meminta restu kepada ibunda atau ayahanda tercinta agar Anda lebih beruntung.

(rfs)



Berlangganan Informasi CodePolitan Melalui Email

Jangan sampai kamu melewatkan informasi penting tentang pemrograman dan teknologi! Kamu bisa berlangganan Newsletter CodePolitan dengan cara mengisi formulir di samping.