GOKIL FLASH SALE 50% 12 12. Bonus Kalender Unyu 2020! Klaim Promo
Lebih terarah belajar coding melalui Kelas Online dan Interactive Coding Lihat Materi Belajar

Selamat Ulang Tahun JavaScript yang Ke - 20

Ditulis oleh Bagus Aji Santoso, dipublikasi pada 17 May 2015 dalam kategori Info
Selamat Ulang Tahun JavaScript yang Ke - 20 - CodePolitan.com

Siapa yang tak kenal JavaScript. Bahasa pemrograman yang dikenal sebagai the language of the web alias bahasanya web ini pasti pernah digunakan oleh hampir semua web developer, baik itu pemula maupun mahir. JavaScript pertama kali dirilis pada bulan Mei 1995 oleh Brendan Eich setelah dikerjakan selama 10 hari. Brendan Eich sendiri lupa tepatnya pada tanggal berapa ia merilis JavaScript (saat itu masih bernama Mocha). Yang pasti tanggal rilisnya berkisar antara 6 - 15 Mei 1995. Karena hari ini sudah tanggal 16 Mei, maka sudah dipastikan bahwa JavaScript menginjak umur 20 tahun.

[caption id="" align="alignnone" width="640"] Brendan Eich, official Mozilla Foundation photo (CC BY-SA 3.0)[/caption]

JavaScript memang bahasa pemrograman yang dibuat dengan waktu sangat singkat, hanya 10 hari. Meskipun begitu, JavaScript dewasa ini telah menjelma menjadi bahasa pemrograman yang dapat digunakan baik di frontend maupun backend. Ratusan pustaka dan framework yang sukses ditulis dengan JavaScript.

Pada awalnya JavaScript bukanlah bernama JavaScript. Nama aslinya adalah Mocha, nama yang dipilih oleh founder Netscape, Marc Andreessen. Pada bulan september ber tahun 1995, namanya berubah menjadi LiveScript. Kemudian pada tahun yang sama dibulan Desember, LiveScript berubah menjadi JavaScript setelah mendapatkan ijin lisensi dari Sun Microsystem. Banyak yang menyangka bahwa JavaScript merupakan bahasa pemrograman turunan Java. Meskipun faktanya bukan, namun tujuan penamaan JavaScript memang untuk mengekor kepopuleran Java pada waktu itu.

Setelah beberapa waktu dipergunakan secara luas, dirasa perlu untuk merumuskan standar untuk bahasa pemrograman ini. Maka dari itu pada tahun 1996 - 1997, JavaScript dibawa ke European Computer Manufacturers Association (ECMA) untuk mengurus spesifikasi standarnya. Karena nama JavaScript ada lisensi dari perusahan Sun Microsystem maka dipilihlah nama ECMAScript sebagai nama resminya. Nama ECMAScript maupun JavaScript dapat digunakan bergantian karena keduanya memang merujuk pada bahasa yang sama. Versi terbrau ECMAScript adalah versi 6 dan kabarnya ECMAScript 2015 juga akan segera dirilis tahun ini.

Melihat kepopuleran JavaScript saat ini sepertinya sejarah JavaScript akan terus bertambah panjang hingga bertahun-tahun mendatang. Semoga JavaScript bisa terus berkembang menjadi bahasa web yang andal dan tak tergantikan.

(bas/i-programmer/w3)


background

Gabung CodePolitan Membership

Ingin belajar coding secara online dengan lebih terarah? Gabung sekarang dalam program Premium Membership di CodePolitan. Dapatkan ratusan modul belajar pemrograman premium dalam beragam format dengan materi silabus lengkap dan tersusun rapi dari awal hingga mahir.

LIHAT MATERI BELAJAR GABUNG MEMBERSHIP