Panduan Penggunaan Tizen - System and Services with Tizen

Cara mengaktifkan GPS di OS Tizen

Fitur GPS, dan location pada TIZEN berada di Privacy and safety. Untuk mengaktifkan location services, user harus membuka settings lalu telusuri privacy and safety yang terletak pada bagian personal.

gambar 1 artikel 3

Setelah memilih privacy and safety, akan muncul tampilan seperti ini.

gambar 2, artikel 3

Untuk mengaktifkan GPS dan location services, user cukup memilih location services dan user bisa memilih via apa smartphone bisa melacak lokasi anda, bisa via GPS and wireless netwotks, bisa wireless network saja, ataupun GPS saja.

gambar 3, artikel 3

Bagaimana Mengatifkan fitur SOS messages

Mengaktifkan pesan SOS, langkah langkah untuk mengaktifkannya sama dengan cara mengaftikan GPS yaitu melalui settings dan privacy and safety, akan tetapi yang membedakan adalah, untuk mengaktifkan SOS, user harus memilih option send sos messages dan menghidupkannya. Untuk bisa mengaktifkan fungsi tersebut, user setidaknya harus mempunyai 1 kontak untuk menghidupkan fungsi ini seperti yang terlihat pada gambar dibawah ini.

gambar 4, artikel 3

Bagaimana cara menjalankan Backup and Reset

Untuk menjalankan fungsi ini, user tetap harus memulai dari settings dan pergi ke backup and reset, lalu jika user ingin melakukan backup data atau restore terlebih dahulu, user harus sign in  menggunakan Samsung account. Sedangkan untuk mereset data, user tidak perlu untuk login ke Samsung account terlebih dahulu dan OS akan mereset settingan dan semua data yang ada pada smartphone user.

gambar 5, artikel 3

gambar 6, artikel 3

gambar 6, artikel 3

gambar 8, artikel 3

Bagaimana cara mengganti bahasa yang digunakan

Untuk fungsi ini, prosedur untuk mengganti bahasa yang digunakan sama dengan Operating Sistem pada umumnya. Dari settings dan pilih language and input yang ada pada bagian system, dan ganti display language ke bagian yang user inginkan.

Baterai

Untuk melihat informasi baterai dan details tentang aplikasi apa saja yang menghabiskan baterai, user bisa masuk ke settings dan memilih option battery pada bagian system.

gambar 9, artikel 3

Ram and storage

RAM dan storage adalah 2 figur penting yang harus ada dalam suatu Operating System agar membantu usernya untuk mengontrol dan cek memori yang sudah digunakan. Dengan adanya fitur ini akan sangat membantu user karena user akan tau penyebab mengapa smartphone mereka menjadi lambat misalnya. Langkah untuk melakukan pengecekan pada ram dan storage pada TIZEN sama dengan OS lainnya, user harus masuk melalu settings terlebih dahulu.

gambar 10, artikel 3

gambar 11, artikel 3

Dilihat 1628 kali

Is this helpful?

Share This Post