Promo #CODINGDIRUMAH DISKON 55%, Termurah Sepanjang Sejarah CODEPOLITAN. Klaim Promo
Lebih terarah belajar coding melalui Kelas Online dan Interactive Coding Lihat Materi Belajar

Tips Mengambil Gambar dan Video Layar Perangkat Android dari Android Studio

Ditulis oleh Bagus Aji Santoso, dipublikasi pada 17 Jan 2018 dalam kategori Tutorial
Tips Mengambil Gambar dan Video Layar Perangkat Android dari Android Studio - CodePolitan.com

Saat akan mempublikasikan aplikasi Android di Google Play Store, kita tentu memerlukan kumpulan gambar atau video aplikasi kita saat sedang dijalankan. Dengan memberikan gambaran fungsi aplikasi dari contoh gambar dan video yang ditampilkan di laman Google Play Store, diharapkan calon pengguna akan lebih yakin untuk memasangnya.

Mengambil gambar atau video layar perangkat Android sebetulnya sangat mudah dan dapat dilakukan tanpa memasang aplikasi tambahan. Cukup dengan menggunakan Android Studio dimana kita mengembangkan aplikasi tersebut, kita bisa menggunakannya untuk mengambil gambar atau video. Bagaimana caranya?

Buka Tab Logcat

Untuk mengambil gambar atau video aplikasi kita, jalankan terlebih dahulu Android Studio lalu buka tab Logcat. Klik tombol >>> yang ditunjukkan oleh panah merah.

Tombol tersebut selanjutnya akan menampilkan menu-menu tambahan yang lain. Berikut gambar menu-menunya. Tombol yang ditunjuk panah biru untuk mengambil gambar dan tombol yang ditunjuk oleh panah merah untuk mengambil video.

Mengambil Gambar

Untuk mengambil gambar, klik tombol kamera (yang ditandai oleh panah biru pada gambar sebelumnya).

Pada jendela Screen Capture yang muncul kita diberikan beberapa opsi untuk mengatur hasil gambar yang diambil. Misalnya kita bisa memutar gambar ke kiri, ke kanan, menyalin gambar ke clipboard, memberi frame dengan perangkat tertentu, dll. Klik Save untuk menyimpan, pilih lokasi penyimpanan dan klik tombol OK.

Mengambil Video

Untuk mengambil video, klik tombol play (yang ditandai oleh panah merah pada gambar logcat sebelumnya). Pada jendela yang muncul atur bit rate dan resolution untuk mendapatkan hasil yang diinginkan. Lalu klik Start Recording.

Selanjutnya, Android Studio akan memulai proses perekaman gerakan di layar. Jika sudah selesai, klik Stop Recording. Pilih lokasi penyimpanan dan klik OK.

Pada jendela yang muncul, klik Open untuk memutar video, Show in Files untuk melihat di File Explorer dan klik OK untuk menutup jendela tersebut.

Penutup

Semoga tips singkat ini dapat membantu pembaca yang akan mengambil gambar dan video aplikasi untuk kebutuhan apapun. Sampai jumpa di artikel selanjutnya.


background

Gabung CodePolitan Membership

Ingin belajar coding secara online dengan lebih terarah? Gabung sekarang dalam program Premium Membership di CodePolitan. Dapatkan ratusan modul belajar pemrograman premium dalam beragam format dengan materi silabus lengkap dan tersusun rapi dari awal hingga mahir.

LIHAT MATERI BELAJAR GABUNG MEMBERSHIP