Tips Menjaga Kesehatan Bagi Programmer

Menjadi programmer merupakan pekerjaan yang cukup melelahkan dan menguras banyak pikiran bagaimana tidak Seorang programmer di tuntut berinteraksi dengan sebuah komputer dan duduk seharian hanya untuk mengerjakan sebuah program atau mengembangkan suatu aplikasi. Maka dengan itu menjaga kesehatan bagi programmer sangatlah penting, teman-teman sebagai seorang programmer harus dapat menjaga kesehatan sebaik mungkin.

Baca juga: Saatnya "ROBOT" Mengambil Alih

Beberapa tips Kesehatan dan Penyebab yang akan terjadi bila kita abaikan:

1. Istirahatkan Mata

Dalam membuat program kita memerlukan setidaknya fokus perhatian terhadap source code yang sedang kita kerjakan hal ini mengakibatkan lelahnya mata bagaimana tidak secara normal manusia akan berkedip sebanyak 18 kali selama satu menit, namun akan tetapi ketika kita menatap layar monitor dan melihat ribuan barisan source code, mata kita akan jarang berkedip. Maka dari itu usahakanlah setiap 1 jam istirahatkan mata selama 5 menit saja hal itu merupakan bagian dari menjaga kesehatan bagi programmer. Dengan memejamkan mata dapat membantu mata kita agar tidak mudah iritasi atau mudah lelah dan jika hal itu tidak dilakukan, tentunyan teman-teman akan mendapatkan gejala dari Computer Vision Syndrome (CVS) seperti:

  • Gejala pandangan kabur dan tidak fokus.
  • Mata tegang dan lelah, Mata kering dan perih.
  • Sakit kepala akibat penggunaan komputer yang berlebihan seperti MIGRAN.

2. Perbanyak Olahraga

Mungkin teman-teman bekerja dan duduk didepan komputer selama 8 jam atau lebih dan bisa mengakibatkan RSI (Repetitive Strain Injuries). RSI adalah sejenis cedera pada persendian akibat ketegangan pada otot atau saraf karena aktivitas fisik yang terus menerus atau dilakukan dalam jangka waktu yang lama, ciri-cirinya rasa sakit pada pergelangan tangan hingga pundak, punggung, juga leher, kesemutan, dan mati rasa. Sayangnya rasa sakit ini sering kali di anggap sepele padahal jika di biarkan akan semakin parah seperti kehilangan kekuatan tangan bahkan sampai tidak dapat digerakan lagi. Karena itu penting untuk teman-teman Luangkan waktu setiap hari untuk menjaga kesehatan fisik seperti jogging, bersepeda, senam, dan lain sebagainya. Jika kamu bosan melakukan ini sendirian, kamu bisa mengajak teman kamu atau pergi ke tempat gym atau taman, hal ini tidak hanya akan membuat badan kamu merasa sehat, tetapi kehidupan sosial kamu juga akan lebih baik. Bila cara tersebut dirasa menyita waktu dan tidak dapat dilakukan beberapa tips yang bisa anda lakukan:

Peregangan Leher

Mulailah dengan peregangan leher yang mudah namun dapat mengurangi sakit punggung, caranya adalah miringkan kepalamu sehingga telinga menyentuh bahu dan tahan selama beberapa detik. Kamu juga bisa berdiri di depan pintu dan merentangkan tangan sehingga kedua tanganmu menyentuh kusen pintu, kemudian berjalan sampai kamu merasakan peregangan di bagian dada. Terakhir, letakkan tangan di pinggang kemudian lengkungkan tubuhmu ke belakang.

Peregangan Telapak Tangan

Berdiri di depan mejamu, letakkan kedua tanganmu di atas meja, dengan posisi jari-jari menghadap ke arahmu. Kemudian, turunkan tubuhmu perlahan hingga kamu merasakan peregangan. Tahan selama 15 detik, kemudian kembali berdiri tegak.

Peregangan Kaki

Duduk di kursimu dan panjangkan satu kaki lurus di depanmu, tahan posisi tersebut selama dua detik, kemudian naikkan setinggi mungkin, tahan lagi dua detik, kemudia turunkan kakimu secara perlahan ke posisi semua. Ulangi 15 kali untuk masing-masing kaki.

Peregangan Tulang Belakang

Duduk tegak di kursimu dan angkat kedua tanganmu ke atas, letakkan tangan kirimu di atas meja, sentuh bagian belakang kursimu dengan tangan kanan, dan putar perlahan ke arah kanan. Tahan selama 10 detik, lalu kembali ke posisi semula, dan angkat kedua tanganmu ke atas lagi, ulangi ke arah sebaliknya.

Peregangan Bahu

Duduk tegak di kursimu dan lipat lengan kirimu, letakkan di belakang punggung dengan telapak tangan menghadap ke atas. Angkat tangan kananmu ke atas dan tekuk, sehingga menyentuh telapak kanan kirimu. Jika kamu bisa, tahan 10 detik, namun jika tidak bisa jangan di paksakan Pegang saja bajumu.

Peregangan Trisep

Berdirilah membelakangi mejamu dengan bokong menempel pada sisi meja, kemudian letakkan telapak tanganmu di pinggir meja. Rapatkan kakimu tekuk siku, dan bawa badanmu turun. Tahan selama 10 detik, kemudian naik lagi. Ulangi 20 kali.

Peregangan Tangan

Duduk tegak di kursimu dan angkat kedua tanganmu. Genggam pergelangan tangan kananmu dengan tangan kiri dan tarik untuk meregangkan tubuh bagian kananmu. Tahan posisi ini selama 10 detik, sebelum kembali ke posisi semua. Lakukan hal yang sama dengan tangan lainnya dan ulangi masing-masing 5 kali tiap sisi.

Jika teman-teman malas melakukan hal tersebut dikarenakan tidak dapat mengatur waktu antara pekerjaan dan olahraga. teman-teman bisa menggunakan aplikasi ini untuk memandu teman-teman melakukan pemanasan atau peregangan otot yang terjadwal.

Aplikasi Sworkit - Workouts & Fitness Plans for Everyone

  • Sworkit aplikasi pelatih pribadi olahraga yang mudah untuk digunakan dengan dukungan video instruktur agar memudahkan Anda untuk melakukan setiap gerakan. Fitur yang tersedia cukup lengkap untuk gerakan mulai peregangan, yoga, strength and cardio workouts.
  • Video instruktur dapat anda stel dengan durasi yang Anda butuhkan. Ini memudahkan jika Anda memiliki sedikit waktu untuk aktifitas olahraga.
  • Hanya 5 menit untuk lakukan olahraga secara rutin setiap hari dan itu sangat tidak menggangnggu kesibukan Anda. Anda dapat menambahkan durasi kapanpun Anda telah siap melakukan gerakan-gerakan tersebut untuk waktu yang lebih lama.

3. Hindari Terlalu Banyak Kafein

Tentunya bagi teman-teman yang terbiasa begadang sambil meng-coding akrab sekali dengan namanya kopi kebiasaan minum kopi sudah menjadi rutinitas bagi seorang programmer. Ketika meng-coding tidak semua programmer mengkonsumsi kopi ada pula yang mengkonsumsi minuman bersoda, walaupun kedua hal tersebut dapat meringankan beban kita terhadap rasa kantuk atau memberikan sensasi menyenangkan. Jika di lihat dari segi kesehatan kedua hal tersebut sangat tidak dianjurkan dikonsumsi secara berlebihan atau sering karena dapat mengakibatkan gangguan kesehatan seperti:

  • Bahaya kopi yang pertama adalah menyebabkan detak jantung lebih cepat dari biasanya. Oleh karena itu, bagi anda yang mengalami gejala serangan jantung sebaiknya menghindari atau tidak minum kopi berlebihan.
  • Bahaya kopi yang selanjutnya adalah dapat menimbulkan gejala atau sakit maag karena minuman kopi dapat meningkatkan asam lambung.
  • Minum kopi secara berlebihan dapat menimbulkan resiko serangan jantung dan stroke karena dapat meningkatkan kadar trigliserida, kolesterol jahat pada tubuh serta darah anda akan lebih pekat. Hal inilah yang menimbulkan endapan lemak, penyempitan pada pembuluh darah yang mana dapat menimbulkan serangan jantung dan stroke.
  • Mengkonsumsi kopi dapat menimbulkan masalah gejala insomnia atau susah tidur yang mana sangat tidak baik bagi kesehatan anda.

Bagaimana dengan Soda?

  • Di dalam satu kaleng minuman bersoda terkandung pemanis yang setara dengan 10 sendok teh gula. Total gula yang terkandung di dalam soda, khususnya yang berbentuk cair, dapat membuat gula darah meningkat dan menyebabkan reaksi insulin dalam tubuh. Jika terus menerus dikonsumi maka seiring berjalannya waktu dapat menyebabkan diabetes atau resistensi insulin.
  • Peneliti Harvard baru-baru ini menemukan hubungan antara minuman bersoda dengan obesitas. Studi ini menemukan bahwa anak usia 12 tahun yang minum soda lebih cenderung menjadi gemuk daripada mereka yang tidak. Untuk setiap porsi soda yang dikonsumsi, risiko obesitas meningkat 1,6 kali.

Dari beberapa gejala yang ditimbulkan antara kedua minuman tersebut dapat dipastikan semakin memperburuk kesehatan seorang programmer yang rata rata jarang melakukan olahraga. Sebaiknya ganti kedua hal tersebut dengan mengkonsumsi air mineral secara rutin sesuai dengan kebutuhan.

Perbanyak Mengonsumsi Air Mineral.

Banyaknya anjuran-anjuran yang berbeda mengenai jumlah kecukupan asupan air putih perhari mungkin telah membuat kita bingung, lalu anjuran minum air putih yang benar itu seperti apa sih? Minumlah air putih secukupnya, artinya tidak terlalu sedikit dan tidak terlalu banyak, yang dikatakan terlalu berlebihan itu yang bagaimana sih? Terkait dengan berbagai macam dampak fatal yang terjadi pada para perlari maraton akibat terlalu banyak minum air putih, International Marathon Medical Directors Association (IMMDA) menyarankan agar kita mengkonsumsi air minum hanya pada saat kita merasa haus dan dahaga. Konsumsilah air minum secukupnya atau tidak berlebihan, yaitu tidak lebih dari 0.03 liter per kg berat badan kita. Jadi, misalnya seseorang memiliki berat badan seberat 50 kg, maka konsumsi air minum yang diperbolehkan untuk orang tersebut adalah tidak lebih dari 1.5 liter per hari. Teman-teman telah mengetahui baik dan buruknya namun terasa sulit menerapkan hal tersebut karena tidak ada yang mengingatkan? Aqualert: Water Reminder H2O

Aqualert adalah salah satu aplikasi mobile pengingat minum air. Aplikasi ini akan membantu Anda untuk mengonsumsi air dengan seimbang melalui notifikasi pengingat minum serta seberapa banyak air yang harus diminum. Beberapa fungsi dari Aqualert adalah sebagai berikut:

  • Aplikasi ini mudah dan simpel sehingga cocok digunakan untuk semua umur.
  • Penghitungan jumalh air minum yang menyerupai kalkulator berdasarkan berat badan, jenis kelamin, dan tingkat aktivitas.
  • Fitur ini akan membantu setiap orang untuk mengetahui seberapa banyak air yang harus diminumnya.
  • Bisa mnghitung berapa banyak porsi air yang tersisa.
  • Adanya pemberitahuan dan pengingat yang akan mengingatkan kita untuk minum sesusai keinginan kita serta membantu kita untuk minum lebih banyak air.
  • Display grafis yang akan menunjukan level hidrasi dan konsumsi air harian Masih banyak lagi.

Baca juga: Teknologi untuk Kesehatan Masyarakat

4. Perbaiki Pola Makan dan Tidur

Hal yang menjadi penyebab yang paling sering di derita seorang programmer yaitu penyakit maag, seorang programmer cenderung menahan lapar atau rasa lapar yang terlupakan akibat seluruh fokus tertuju pada codingan ataupun pekerjaan yang belum terselesaikan namun sudah jatuh tempo, seorang programmer akan berpikir bagaimana pekerjaanya dapat diselesaikan dengan lebih cepat agar tidak memasuki deadline pengerjaan dengan berbagai cara salah satunya mengurangi waktu tidur dan menunda makan. Hal tersebut menimbulkan fungsi lambung untuk bekerja akan terganggu, sedangkan tubuh kita bekerja selama 10 hingga 12 jam setiap hari. Jika pola makan Anda tidak teratur maka tubuh yang terus bekerja akan terganggu dengan tiadanya asupan makanan yang masuk,maka tidak akan ada yang dikonsumsi padahal sistem pencernaan tetap akan bekerja, dampaknya sistem pencernaan tersebut akan melukai organ pencernaan sendiri.
Gunakan aplikasi ini untuk menjadwal pola makan anda Meal Reminder - Weight Loss

Meal Reminder adalah aplikasi sederhana membantu Anda untuk terus makan teratur, Ingat bahwa makan 5 kali sehari (dengan sekitar 3 interval jam) memiliki banyak keuntungan:

  • Mempercepat pembakaran lemak tubuh Anda, yang menyebabkan penurunan berat badan atau membantu untuk menjaga berat badan Anda
  • Membantu Anda untuk mengontrol jumlah setiap kali makan dan mencegah makan berlebihan
  • istirahat teratur di antara waktu makan melindungi dari penurunan mendadak kadar glukosa dalam darah Anda dan memastikan kenyang Meal Reminder - aplikasi Weight Loss membantu Anda untuk mengikuti rencana diet yang mudah ini dengan fitur berikut:
  • Custom waktu makan yang sesuai dengan kebutuhan Anda
  • Alarm untuk memberitahu Anda tentang waktu makan
  • Status hari ini untuk melihat baik makanan yang dimakan atau dilewati
  • Kemungkinan menambahkan 6, makan opsional, jika Anda bangun lebih awal dan menyelesaikan hari Anda larut malam
  • Editing makanan terakhir - hanya menggesek item makanan pada tombol daftar dan penggunaan edit (jika Anda ingin mengubah status makan terakhir, klik pada item makanan)

Tidur memiliki peran penting bagi tubuh, karena pada saat tidur tubuh kita akan beristirahat sejenak agar kesehatan fisik dan mental kita tidak terganggu. Kebutuhan tidur tiap orang itu berbeda, namun kebanyakan setiap orang melakukan waktu tidur delapan jam dan memang tentu bagus, paling utama waktu tidur adalah 8 jam.

Kebutuhan tidur yang tidak tercukupi dapat menyebabkan penyakit yang serius, diantaranya Penyakit Anemia. Penyakit Anemia adalah kondisi dimana tubuh terjadi akibat sel-sel darah merah (eritrosit) atau hemoglobin (Hb) yang sehat dalam darah berada dibawah nilah normal (Kurang darah). Penyebab penyakit anemia adalah sebagai berikut:

  • Anemia yang disebabkan oleh kehilangan darah.
  • Anemia yang disebabkan oleh penurunan produksi sel darah merah.
  • dan anemia yang disebabkan oleh kerusakan sel darah merah.

Seseorang yang mengalami anemia biasanya memiliki ciri-ciri sering terlihat pucat dan juga mengalami gejala yang lain, seperti:

  • Lebih cepat merasa Kelelahan atau lesu.
  • Mudah mengantuk.
  • Sakit Kepala.
  • Sering Pingsan.
  • Tangan dan Kaki terasa dingin.
  • Pusing jika habis jongkok kemudian langsung berdiri.
  • Sesak nafas.
  • Nyeri dada.
  • Penurunan terhadap daya ingat.
  • Lemah dan mudah cape.
  • Telapak tangan yang terlihat memutih.
  • Rambut menjadi tipis dan juga halus.
  • Wajah terlihat pucat.
  • Selaput darah mata biasanya terlihay lebih pucat.
  • Bibir terlihat pucat sehingga tidak ada warna kemerah-merahan.
  • Kuku kaki dan tangan terlihat lebih pucat dan juga putih.

Namun, gejala anemia terkadang tidak jelas secara fisik terlihat sehat padahal tingkat hemoglobin memang bisa terlihat tanpa adanya gejala anemia maka dengan itu solusi tepat untuk seorang programmer yaitu terjadwal. Pola makan dan tidur yang terjadwal dapat membantu seorang programmer tetap menjaga pola hidup yang sehat berikut aplikasi yang diharapkan dapat memanage jadwal makan dan tidur teman-teman. SLEEP AS ANDROID Sleep as Android adalah aplikasi yang dapat mencatat history tidur dan memberikan statistik tidur nyenyak kamu, selain itu aplikasi ini memberikan lagu pengantar tidur yang menyenangkan.

Semoga artikel Tips Menjadi Programmer yang Sehat dapat bermanfaat untuk mengatasi masalah kesehatan yang sering terjadi khususnya bagi seorang programmer.

Referensi: DWB Envato Stride

Dilihat 3112 kali

Is this helpful?

Share This Post