Touch Develop

TouchDevelop adalah pembuat aplikasi mobile-first dengan touch-friendly dan cross-platfrom. Terdiri dari editor, compiler dan run-time. Aplikasi ini di buat oleh the Research in Software Engineering group (RiSE) di Microsoft Research Team sudah open-source dengan license MIT, repo-nya ada di GitHub

TouchDevelop di buat dengan TypeScript. Dengan begitu hasil aplikasi ini adalah HTML5 + JS + CSS. Walaupun begitu, ia di kombinasikan juga dengan Apache-Cordova dan NodeJs. Dengan begitu hasil dari TouchDevelop akan bisa cross-platfrom. Cara juga mudah, tinggal di-Export-to-App. Btw hasil dari ini juga bisa Offline.

Programabilitas dari komputer 8-bit di era 80-an menjadi inspirasi dari project ini. Karena banyak dari Microsoft Research Team belajar programming dan mereka ingin membawa magic dari era itu ke era perangkat modern touch-based. Lagi pula TouchDevelop dapat menjadi sarana untuk belajar dan mengajar programming.

Untuk mencoba ini, bisa ke Web-nya.

alt text

Setelah kita sign-in, kita akan masuk ke dashboard. Banyak menu yang bisa di jelajah. Dari koleksi script, tutor dan aplikasi yang di-share oleh orang lain.

alt text

OnCode

_Bagaimana meng-code-nya?_ Membuat code di TouchDevelop, mirip seperti dengan AppInventor dari MIT untuk android. Seperti yang terlihat pada gambar di bawah. Dan kita men-run code itu juga disana dan hasil-nya terlihat di sisi kanan.

alt text

Karena ini di design untuk mobile yang mengarah ke touch/sentuh. Maka ketika kita ingin memasukkan object-turtle ke dalam code yang ada, kebanyakkan di lakukan dengan menyentuh menu di bawah-nya. Dari variable, method dan helper muncul sesuai dengan kondisi code yang di edit. Tentu saja kita tetap bisa menggunakan keyboard dan dalam beberapa hal ada yang mesti menggunakan ketikan.

alt text

Walaupun hanya satu 'layar', aplikasi ini juga dapat menghasilkan aplikasi yang cukup rumit. Silahkan di jelajah galeri aplikasi yang di share. Untuk sample yang sederhana seperti di bawah ini, juga menarik bukan?

alt text

Dilihat 1797 kali

Is this helpful?

Share This Post