Trik Mudah Memasang Postman di Ubuntu

Postman merupakan aplikasi yang membantu developer dalam mengembangkan API. Postman telah dipercaya lebih dari 5 juta developer dan digunakan oleh ratusan ribu perusahaan diseluruh dunia. Postman tersedia di sistem operasi Windows, Linux, maupun Mac OS X.

Meski tersedia untuk Linux, namun Postman tidak menyediakan file installer (.deb). Ia hanya menyediakan satu paket file tarball (.tar.gz) dimana kita bisa mengekstrak dan menjalankan executable Postman di dalamnya. Akan tetapi, Postman ini tidak bisa langsung diakses lewat menu, harus lewat terminal atau mengeksekusinya dari file manager. Kita tentu ingin agar pemanggilan Postman bisa dilakukan langsung dari menu bukan?

Penulis ada satu trik untuk mempermudah Pemasangan Postman untuk mengunduh versi yang terbaru dan membuat file .deb sehingga kita tinggal pasang dan Postman akan tersedia langsung di menu untuk dipakai kapan saja dan di mana saja. Trik ini bisa dipakai di distribusi yang menggunakan .deb.

Unduh Shellscript

Trik yang akan mengunduh dan membuat file .deb tersebut adalah sebuah shellscript yang bisa pembaca salin di sini. Simpan file .sh nya di komputer lokal.

Selanjutnya buka aplikasi terminal dan jalankan perintah:

$ sh ./Tools/postman-deb.sh

Script tersebut akan mengunduh versi tarball terbaru (.tar.gz) dari situs Postman lalu mengubahnya menjadi file debian package. Selesai proses selesai, ia akanmenanyakan apakah kita ingin untuk langsung memasang file .deb-nya?

Removing old Postman tarballs
ls: cannot access 'Postman*.tar.gz': No such file or directory
Downloading latest Postman tarball
##################################################################################### 100,0%
curl: Saved to filename 'Postman-linux-x64-6.0.10.tar.gz'

Extracting Postman tarball
Postman V6.0-10
Creating 'postman_6.0-10' folder structure and files
Copying files
Writing files
Setting modes
Building 'postman_6.0-10.deb'
Cleaning up
Do you want to install 'postman_6.0-10.deb'[Y/n]

Ketik Y lalu tekan tombol ENTER. Masukkan password sudo saat di minta.

Penutup

Tanpa menggunakan shellscript ini kita sebetulnya bisa saja menambahkan Postman ke menu secara manual. Tapi, penulis sendiri lebih suka cara yang otomatis sehingga lebih memilih cara ini daripada menambahkan Postman ke menu secara manual.

Dilihat kali

Is this helpful?

Share This Post