Tutorial Instalasi LEMP Stack (Linux, Nginx, MySQL, PHP) di Ubuntu 16.04

Ditulis oleh Ari Wibowo, dipublikasi pada 29 Oct 2017 dalam kategori Tutorial
Tutorial Instalasi LEMP Stack (Linux, Nginx, MySQL, PHP) di Ubuntu 16.04 - CodePolitan.com

LEMP stack adalah seperangkat aplikasi yang digunakan secara bersamaan untuk menjalankan web server. LEMP merupakan singkatan (akronim) dari Linux + Nginx + MySQL/MariaDB + PHP.

17 Grup Populer tentang Pemrograman di Facebook yang Berasal dari Indonesia

Linux

Linux berperan sebagai sistem operasi di mana Nginx, MySQL/MariaDB, dan PHP berjalan. Linux merupakan sistem operasi server yang sangat populer. Hal ini dikarenakan ia mudah untuk didapatkan, mudah untuk dipasang, serta mudah untuk dikonfigurasi. Dengan komunitas yang amat besar, tak sulit mencari panduan atau bantuan dalam mempelajarinya.

Nginx

Nginx adalah aplikasi server open source sebagai server HTTP dan Proxy dengan fokus pada performa dan efisiensi.

MySQL/MariaDB

MySQL/MariaDB adalah salah satu database server yang banyak digunakan. MySQL sangat populer dikalangan PHP developer. Jika pembaca ke toko buku dan menemukan buku belajar web, maka nama MySQL/MariaDB biasanya akan ikut tercetak sebagai judul.

PHP

PHP adalah bahasa pemrograman atau scripting language yang berjalan pada server side yang digunakan untuk mengembangkan web. Bahasa ini merupakan bahasa pemrograman web yang paling populer di Indonesia sehingga pilihan untuk mempelajari PHP merupakan pilihan yang bagus.

LEMP

Pembaca mungkin telah mengenal LAMP. LEMP sendiri berfungsi sama seperti LAMP, hanya saja LAMP menggunakan Apache sebagai server HTTP dan Proxy dan tentunya dari segi kenyamanan lebih pada Apache karena banyaknya modul dan sudah lama eksis dan memiliki dukungan komunitas yang sangat banyak. Namun, Nginx memiliki kelebihan sendiri dibandingkan Apache, karena Nginx lebih unggul dalam performa dan penggunaan memori yang kecil. Dari pengalaman saya lebih menyukai Nginx walaupun secara konfigurasi awal-awal agak sulit, karena sebelumnya terbiasa dengan Apache, tapi don’t worry, kali ini saya akan sedikit berbagi tentang cara instalasi LEMP di Ubuntu, kebetulan versi Ubuntu yang saya pakai yaitu Ubuntu 16.04 Xenial Xerus namun pada dasarnya sama seperti versi Ubuntu sebelumnya (khususnya 14.04 sudah saya coba dan berhasil).

Cara Mengamankan Nginx Web Server dengan Let's Encrypt di Ubuntu 16.04

Praktek

Sekarang mari kita buka Terminal via Menu Aplications atau Ctrl + Alt + T

1. Langkah Pertama : Install NGINX

sudo apt update
sudo apt install nginx

Jika sukses silahkan coba ketik url http://localhost , maka akan muncul tampilan dasar NGINX yang berarti telah berhasil instalasi NGINX.

2. Langkah Kedua : Install MySQL Sebagai database management

sudo apt install mysql-server

Kemudian akan muncul perintah untuk mengisi password root (administrative) password yang akan dipergunakan pada MySQL, silahkan diisi sesuai dengan perintah dan konfirmasi ulang password. jika berhasil maka MySQL database software telah selesai diinstal.

Untuk mengecek apakah berhasil instal MySQL ketik command berikut di terminal :

mysql --version

Maka akan terlihat versi dari MySQL yang berhasil diinstal :

3. Langkah Ketiga : Install PHP

sudo apt install php-fpm php-mysql

untuk memeriksa berhasil instal PHP ketik command berikut di terminal :

php --version

Selesai, Instalasi LEMP stack (Nginx, Mysql, PHP) di Ubuntu 16.04 telah berhasil.
Pada artikel selanjutnya akan saya coba share untuk membuat virtual host / server block pada NGINX agar url web lokal lebih terlihat user friendly.

Selamat mencoba, semoga bermanfaat.

Sumber



Berlangganan Informasi CodePolitan Melalui Email

Jangan sampai kamu melewatkan informasi penting tentang pemrograman dan teknologi! Kamu bisa berlangganan Newsletter CodePolitan dengan cara mengisi formulir di samping.

Banner foot-promo-update is not found.