Lebih terarah belajar coding melalui Kelas Online dan Interactive Coding Lihat Materi Belajar

What You See Is What You Get, Si Text Editor Untuk Halaman Website

Ditulis oleh Salwa Husnun Fauziah Huda, dipublikasi pada 23 Sep 2019 dalam kategori Info
What You See Is What You Get, Si Text Editor Untuk Halaman Website - CodePolitan.com

WYSIWYG, tak asing lagi dengan istilah tersebut bukan? WYSIWYG merupakan singkatan dari What You See Is What You Get yang mana biasanya berarti suatu editor yang digunakan oleh suatu aplikasi untuk menggambarkan bahwa konten yang sedang disunting akan terlihat sama persis dengan hasil akhirnya.

Text editor WYSIWYG sangat ramah dengan penggunanya jika dibandingkan dengan text editor yang lain. Mengapa demikian?

Hal itu menunjuk kepada kemampuan yang dimiliki oleh software atau program aplikasi yang sudah di operasikan serta sejumlah kemampuan lain yang dimilikinya. Bahkan bagi sobat pemula sekalipun dengan menggunakan text editor ini, sobat tidak akan mengalami banyak kesukaran untuk mengoperasikan sebuah program aplikasi.

Dalam penggunaannya, text editor ini tidak memerlukan penulisan sintaks seperti pada text editor yang lain karena sudah dilengkapi dengan icon-icon dimana sobat hanya perlu mengklik salah satu dari icon yang akan digunakan dan secara otomatis akan terformat.

Selain itu, text editor ini juga mempunyai keuntungan lain seperti mampu menampilkan teks satu halaman, integrasi dengan grafik, speadsheet, foto dalam satu dokumen, auto correct, hypermedia, hypertext, dan masih banyak lagi.

Apa aja sih yang termasuk text editor WYSIWYG untuk halaman website?

Mungkin pertanyaan tersebut yang sering sobat tanyakan, baiklah berikut beberapa text editor WYSIWYG untuk halaman website:

1. CKEditor

CKEditor merupakan HTML text editor yang digunakan dan didesain untuk memudahkan sobat dalam membuat serta mengatur tata letak konten. Text editor ini memiliki banyak fitur lengkap di dalamnya antara lain seperti dapat dipindahkan dari Microsoft Word, terdapat widgets atau tools tambahan, mampu melakukan drag dan drop image serta file upload, dan masih banyak lagi.

2. TinyMCE

TinyMCE adalah sebuah platform web independen yang berbasis Javascript, text editor ini dirilis sebagai sebuah aplikasi open source dibawah lisensi LGPL. Text editor ini dirancang untuk mudah diintegrasikan dengan library JavaScript seperti React, Vue.js, AngularJS serta content management systems seperti Joomla dan WordPress. Selain itu, text editor ini juga memiliki banyak fitur lengkap, terdiri dari 4 paket yakni Community (gratis), Premium ($0.40/m), Pro ($1.00/m) dan Enterprice (call). Untuk paket gratis sebenarnya sudah cukup lengkap, namun tidak disediakan fitur untuk upload gambar.

3. Summernote

Summernote merupakan text editor yang sangat simple dan gratis. Text editor ini menggunakan pengkodean base64 sehingga dapat digunakan tidak hanya untuk mengedit text, melainkan sobat juga bisa upload gambar secara langsung tanpa perlu menerapkan penanganan gambar sama sekali. Text editor ini dibuat dengan jQuery dan Bootstrap, yang mana UInya sederhana sehingga sobat bisa lebih mudah untuk mengkostum tampilan ataupun menambah dan mengurangi toolbar.

4. Froala

Froala merupakan HTML WYSIWYG editor yang mudah untuk diintegrasikan dan mudah untuk digunakan tanpa harus mengetik banyak kode. Plugin ini membutuhkan jQuery versi 1.11.0 atau lebih tinggi dan Font Awesome 4.4.0. Plugin ini menyediakan SDK sisi server untuk PHP, Node.JS, .NET, Java dan Python. Plugin ini tersedia dibawah 4 lisensi yaitu: lisensi situs web tunggal, lisensi pengembang, lisensi bisnis, dan lisensi OEM. Plugin ini juga memiliki konektor dengan beberapa development framework seperti: CakePHP, Joomla, Symfony, Yii, Django, Ruby on Rails, AngularJS, Meteor.

5. Redactor

Redactor adalah content editor yang memberikan desain yang smooth dan clean, fleksibel serta memiliki dukungan yang tak terbatas bagi para penggunanya. Content editor ini terintegrasi erat dengan MODX yang menawarkan user interface yang sederhana dan dilengkapi dengan icon, modem, serta fungsi yang jelas dan dapat dipahami. Fitur-fitur canggih yang tersedia dapat diaktifkan maupun dinonaktifkan sesuai kebutuhan sehingga dapat mengontrol aktivitas pengguna.

6. Quilljs

Quilljs merupakan text editor yang 100% gratis, tampilannya simple dan elegant. Text editor ini menyediakan konfigurasi dimana sobat bisa melakukan kostum tampilan serta menambah dan mengurangi toolbar. Text editor ini juga di dorong oleh API sehingga dapat bekerja secara konsisten dan deterministik dengan JSON sebagai input dan outputnya. Selain itu, text editor ini lintas platform sehingga mendukung semua browser modern di desktop, tablet maupun ponsel.


background

Gabung CodePolitan Membership

Ingin belajar coding secara online dengan lebih terarah? Gabung sekarang dalam program Premium Membership di CodePolitan. Dapatkan ratusan modul belajar pemrograman premium dalam beragam format dengan materi silabus lengkap dan tersusun rapi dari awal hingga mahir.

LIHAT MATERI BELAJAR GABUNG MEMBERSHIP