5 Framework Backend Terbaik 2022

Faisal Hanafi 6 Januari 2023

5 Framework Backend Terbaik 2022

Hallo Coders... kemarin kita sudah bahas tu 5 framework frontend terbaik tahun 2022, sekarang mimin akan membagi 5 framework backend yang lagi trend tahun 2022 ini, yuk kita simak :)

1. Spring Boot

spring

Java adalah salah satu bahasa pemrograman yang cukup populer dikalangan pengembang backend. java mempunyai framework yang biasa digunakan sebagai backend namanya adalah Spring Boot , Spring sendiri Framework adalah salah satu framework Java terbaik.

Ini dirilis pada tahun 2002 dan hari ini, ini adalah salah satu kerangka kerja backend paling populer yang digunakan untuk membuat aplikasi berbasis pegas dan mandiri tingkat produksi.

Dengan spring boot ini bisa mendapatkan banyak fungsi yang berguna seperti caching, manajemen transaksi, manajemen konfigurasi, pemantauan, dan sebagainya serta keamanan, kita menggunakan proyek Spring Framework seperti Spring Boot, Spring Cloud Spring Security, dll.

2. Django

django

Django adalah framework Python paling populer yang digunakan dalam pengembangan web. Berdasarkan prinsipnya Don't Repeat Yourself (DRY), Django berfokus pada penggunaan kembali kode, sehingga meningkatkan kecepatan pengembangan. Ini juga merupakan kerangka kerja yang sangat aman.

Menjadi kerangka kerja Python, Django sangat ramah pengguna dan mudah dipelajari. Ini juga salah satu kerangka kerja full-stack paling populer dan menyediakan banyak fungsi out-of-box seperti dukungan REST API.

3. Express

express

JavaScript adalah bahasa pemrograman paling populer di dunia. Dengan munculnya Node.js, popularitas JavaScript di komunitas pengembangan backend meningkat pesat dan dalam dekade terakhir, Node.js telah menjadi salah satu nama teratas.

Inilah mengapa Express dirilis pada 2010 untuk pengembang node. Ini adalah kerangka Node.js minimal yang digunakan untuk mengembangkan aplikasi yang sangat fleksibel.

Mengingat bahwa JavaScript adalah bahasa pengembangan web yang paling populer dan mungkin satu-satunya bahasa yang menyediakan pengembangan full-stack dari front ke backend ke mobile learning Expressjs bisa menjadi pilihan yang bagus untuk pemrograman.

4. Laravel

Image

PHP adalah salah satu bahasa pemrograman yang paling banyak digunakan dalam pengembangan backend. Laravel adalah kerangka kerja PHP yang didasarkan pada arsitektur MVC. Ini adalah kerangka kerja ramah pemula yang memiliki antarmuka yang ramah pengguna, perpustakaan yang luas, dan dukungan API yang brilian. Menggunakan Laravel menyederhanakan pengembangan backend sambil membangun aplikasi web modern yang aman.

5.Fiber

fiber

Fiber adalah kerangka pengembangan web untuk programmer Golang. Itu dibangun di atas Fasthttp, mesin HTTP tercepat untuk Go. Ini dirancang untuk mempermudah pengembangan cepat tanpa alokasi memori dan performa

Serat adalah kerangka kerja yang ramping tetapi sangat kuat. Menjadi sangat ramping, mudah untuk mengintegrasikan perpustakaan pihak ketiga dengan Martini. Framework ini menawarkan lebih banyak skalabilitas dan lebih sedikit masalah overhead.

Ini mirip dengan Express.js dan memiliki dukungan hebat untuk perutean, melayani file statis, membangun REST API, dukungan Middleware Fleksibel, mesin Templat, dan jejak memori rendah.

Demikian 5 framework backend yang terbaik 2022 hasil survey mimin :) kalau ada yang lain komen yaa coders :)