Bereksperimen dengan Golang di The Go Play Space

Bagus Aji Santoso 9 Juni 2017

Bereksperimen dengan Golang di The Go Play Space

Go atau sering juga disebut golang adalah bahasa pemrograman yang free and open source dari Google. Bahasa ini dibuat pada tahun 2007 oleh Robert Griesemer, Rob Pike, dan Ken Thompson. Meskipun demikian Go pertama kali dirilis ke publik sebagai proyek open source pada tanggal 10 November 2009. Setelah desain dan pengembangan yang berlangsung selama bertahun-tahun, Go versi stabil (versi 1) akhirnya dirilis pada tanggal 28 Maret, 2012.

Go muncul dari rasa frustasi orang-orang Google terhadap bahasa pemrograman sistem yang telah ada karena menjadi terlalu sulit. Dalam memilih bahasa pemrograman sistem, ada tiga faktor yang perlu diperhatikan yaitu kompilasi yang efisien, eksekusi yang efisien, dan kemudahan dalam pengembangan. Ketiga faktor tersebut tidak tersedia di satu bahasa. Programmer akhirnya lebih memilih kemudahaan diatas keamanan dan efisiensi dengan mengganti pilihan bahasanya ke Python dan JavaScript dibanding C++ atau Java. Go merupakan usaha untuk menyatukan kebutuhan-kebutuhan tadi kedalam satu bahasa yang memiliki kemudahan namun dengan kompilasi dan eksekusi yang efisien.

Kepopuleran Go berdasarkan indeks Tiobe sedikit demi sedikit mulai naik. Oleh karena itu, untuk memfasilitasi developer yang ingin coba-coba bahasa Go, The Go Play Space dikembangkan.

Image

The Go Play Space merupakan sarana bereksperimen dengan bahasa Go yang dikembangkan dengan bahhasa Go itu sendiri. Go dikembangkan dengan GopherJS, transpiler dari Go ke dalam kode JavaScript, dan Vecty, pustaka frontend mirip React untuk GopherJS.

Fitur-fitur yang dimiliki oleh The Go Play Space adalah:

  1. Syntax highlighting
  2. Golang help lookup (akan menampilkan informasi saat melakukan double click di kata kunci Go seperti Println, func, dll.)
  3. Live syntax error checking
  4. *Error line highlighting
  5. Highlight lines and blocks of code
  6. Keyboard shortcut (ada keterangan di tiap tombol)
  7. Support UI themes and UI tweaks (ada di Settings)
  8. Support font Fira Code (bisa menggunakan yang ada di sistem atau webfont)

The Go Play Space dapat dikunjungi di htts://goplay.space dan kode sumbernya dapat dilihat di Github.

(mb/wikipedia/mashable/golang)