7 Bahasa Pemrograman Tersulit dan Sederhana, Belajar Mana Dulu?

Prasatya 23 Maret 2024

7 Bahasa Pemrograman Tersulit dan Sederhana, Belajar Mana Dulu?

***7 Bahasa Pemrograman Tersulit dan Sederhana, Belajar Mana Dulu? - *** Memasuki era digital, banyak orang mulai tertarik mempelajari bahasa pemrograman. Namun, memilih bahasa pemrograman yang tepat bisa menjadi dilema, terutama bagi pemula.

Pada bahasan ini kita akan mengenal bahasa pemrograman tersulit dan sederhana yang bisa kamu coba. Selain itu kita bahas contoh bahasa pemrograman yang sering di pakai developer.

Berikut ini jenis-jenis bahasa pemrograman dan contohnya, simak sampai akhir ya ders. Sebelum itu kita berkenalan dulu dengan bahasa pemrograman supaya kamu bisa lebih akrab saat menuliskan setiap baris code nya.

Pengenalan Bahasa Pemrograman

Oke ders, bahasa pemrograman tersulit itu memang ada. Tapi ada juga bahasa pemrograman sederhana yang bisa di pelajari untuk pemula. Tapi supaya akrab dengan dunia code, kita kenalan dulu nih sama bahasa pemrograman.

Jadi bahasa pemrograman adalah istilah atau sebuah sistem bahasa yang di gunakan oleh manusia (terutama developer). Bahasa pemrograman berfungsi untuk memberikan intruksi kepada sistem komputer.

Macam-macam bahasa pemrograman itu banyak sekali ders. Tapi kita akan ulas beberapa bahasa yang memang recommend sehingga bisa dengan mudah kamu pelajari.

Bahasa pemrograman Dasar

Oke deh ders, sebelum kita bahas bahasa pemrograman terselit. Kita mulai dulu dari bahasa pemrograman dasar dulu ya. Berikut bahasa pemrograman dasar yang bisa kamu pelajari nih ders.

Python

Sebelum kita melangkah lebih jauh ke dalam dunia bahasa pemrograman tersulit, tidak ada salahnya untuk mempelajari bahasa pemrograman yang sangat popular dan relative mudah dipelajari, yaitu Python.

Python adalah bahasa pemrograman yang terkenal dengan sintaksisnya yang mudah di pahami dan komunitas yang besar. Python cocok untuk pemula yang ingin belajar dasar-dasar pemrograman. Selain itu Python juga sering di gunakan dalam berbagai bidang, mulai dari pengembangan web hingga kecerdasan buatan.

JavaScript

Bahasa pemrograman yang wajib di kuasai untuk pengembangan web. JavaScript memiliki sintaksis yang mirip dengan Python, sehingga mudah di pelajari bagi yang sudah terbiasa dengan Python. Meskipun tidak sekompleks C++ atau Malbolge, Javascript tetap menawarkan tantangan tersendiri dalam pengembangan aplikasi web yang kompleks. Hal ini menjadikan Javascript sebagai Bahasa pemrograman web terbaik di kalangan para programmer.

Java

Java adalah salah satu bahasa pemrograman yang populer di dunia. Meskipun tidak sekompleks Malbogle atau Lisp, Java masih memiliki tingkat kesulitan yang signifikan, terutama bagi programmer pemula.

Namun Java masih tergolong masuk ke dalam bahasa pemrograman yang available bagi pemula. Syntack dari bahasa Java ini lebih kompleks, kelebihannya bahasa ini masih tergolong mudah di pelajari ders.

C++

Ketika kalian sudah nyaman dengan Python, kalian mungkin ingin mempelajari bahasa pemrograman yang lebih kuat dan fleksibel, seperti C++. Bahasa C++ adalah Bahasa pemrograman yang powerful dan banyak digunakan untuk pengembangan game dan aplikasi desktop.

Banyak bahasiswa IT atau pemula mulai belajar bahasa C++ untuk mengembangkan sebuah aplikasi. Nah jadi buat kamu yang masih pemula, bisa juga untuk belajar bahasa C++ ya, semoga membantu.

C

Bahasa pemrograman yang mendasari banyak bahasa pemrograman lainnya yaitu bahasa C. Jadi buat kamu pemula mulai mengenal bahasa C dulu yuk seupaya bisa mengasah logic kamu sebelum memasuki bahasa pemrograman lainnya.

Bahasa Pemrograman Tersulit

Haskell

Bahasa pemrograman fungsional yang terkenal dengan tingkat keabstrakannya yang tinggi. Haskell memiliki sintaksis yang sangat berbeda dengan bahasa pemrograman lainnya dan membutuhkan waktu untuk mempelajarinya.

Malbolge

Ketika kalian merasa siap untuk tantangan yang lebih besar, kalian mungkin ingin mencoba mempelajari Bahasa pemrograman Malbolge. Bahasa pemrograman yang terkenal sebagai bahasa pemrograman tersulit di dunia. Malbolge memiliki sintaksis yang aneh dan tidak intuitif, sehingga sangat sulit untuk dipelajari dan digunakan.

Baca Juga: Aplikasi Jaki Diretas Usai di Pamerkan Gubernur DKI Jakarta?

Jadi kalau kita bisa klasifikasikan ke dalam 2 tingkat yang rumit sampai ke yang sederhana, penjelasan di bawah ini akan membantumu dalam memahami artikel ini, simak ya!

Bahasa Pemrograman Tersulit: Malbolge

Malbolge adalah bahasa pemrograman yang dirancang untuk menjadi bahasa pemrograman tersulit di dunia. Bahasa ini memiliki sintaksis yang aneh dan tidak intuitif, sehingga sangat sulit untuk dipelajari dan digunakan. Malbolge tidak memiliki tujuan praktis dan hanya digunakan sebagai tantangan bagi para programmer yang ingin menguji kemampuan mereka.

Bahasa Pemrograman Termudah: Python

Python adalah bahasa pemrograman yang terkenal dengan sintaksisnya yang mudah dipahami dan komunitas yang besar. Python cocok untuk pemula yang ingin belajar dasar-dasar pemrograman. Banyak sumber belajar dan tutorial Python tersedia online dan offline, sehingga mudah untuk memulai belajar bahasa ini.

Pilih Belajar Mana Dulu?

Memilih bahasa pemrograman yang tepat untuk di pelajari tergantung pada tujuan dan minat kita. Jika kita ingin belajar pemrograman untuk pertama kali, Python adalah pilihan yang tepat. Apabila Jika kita ingin mengembangkan aplikasi web, JavaScript adalah pilihan sangat bagus untuk kamu pelajari. Terakhir, Jika kita ingin mengembangkan aplikasi Android, Java adalah pilihan yang umum dan populer di kalangan para android developer.

Baca Juga: Info penting buat Gen Z!!! Belajar Coding Gratis, Coba Yuk!

Tips Memilih Bahasa Pemrograman

Berikut beberapa tips memilih bahasa pemrograman:

• Tentukan tujuan Anda: Apa yang ingin Anda capai dengan belajar bahasa pemrograman?

• Pertimbangkan minat Anda: Bahasa pemrograman apa yang menarik bagi Anda?

• Cari tahu tingkat kesulitan bahasa pemrograman: Apakah Anda siap untuk belajar bahasa pemrograman yang rumit?

• Pertimbangkan sumber belajar yang tersedia: Apakah ada banyak sumber belajar dan tutorial untuk bahasa pemrograman tersebut?

Dalam kesimpulan, bahasa pemrograman tersulit bisa menjadi tantangan yang menarik bagi para programmer yang mencari pengalaman baru. Konon bahasa pemrograman tersulit memiliki sistem atau code yang juga lebih kompleks dan memiliki benteng kuat. Sehingga banyak programmer pakai bahasa pemrograman tersebut, semoga ulasan ini bermanfaat ya.