Belajar Membangun Proyek Open Source, Emang bisa?

Prasatya 5 Februari 2024

Belajar Membangun Proyek Open Source, Emang bisa?

Belajar code open source, Emang bisa? Hallo coders! Pernah kah kalian mengalami overthinking ketika kesusahan memecahkan masalah pada kasus atau projek yang sedang di kerjakan? Jika dengan membaca contoh implementasi dari dokumen malah makin nambah puyeng kepala.

Eiits, tapi tenang! Pada atikel kali ini akan membahas tentang salah satu “trik” dan tips membangun proyek open source yang kerap di pakai untuk mempelajari library/code yang belum familiar di telinga kamu.

Tapi, sebelum itu. Boleh dong kita berkenalan lebih dahulu, sebab ada pepatah yang mengatakan tak kenal maka tak sayang, hiks. Jadi sudah tahu apa itu itu Open Source? Jika penasaran ulas sampai habis ya artikel nya.

Baca Juga: Mau Jadi Web Developer? Belajar Ini Dulu Yuk

Pengenalan

Code Open source adalah sebuah model pengembangan perangkat lunak di mana code sumber perangkat lunak tersebut tersedia untuk umum. Siapapun dapat melihat, mempelajari, bahkan memodifikasi serta mendistribusikan ulang code tersebut sesuai dengan lisensi yang di tetapkan.

Model proyek open source melibatkan beberapa prinsip utama, seperti akses yang terbuka dari sumber perangkat lunak, biasanya di hosting di platform seperti GitHub, GitLab, atau BitBucket. Hal ini memungkinkan siapapun melihat code, belajar code, dan mengidentifikasi masalah atau bug. Adapun lisensi yang mengatur penggunaan proyek open source. Lisensi ini cukup bervariasi, mulai dari lisensi yang sangat terbuka seperti MIT atau BSD hingga lisensi yang lebih restriktif seperti GNU GPL.

Dengan model proyek open source, inovasi dan kolaborasi di promosikan melalui akses terbuka terhadap code sumber dan partisipasi bagi siapapun yang mau berkontribusi. Hal ini telah membawa banyak keuntungan bagi industri perangkat lunak, seperti percepatan pengembangan, peningkatan kualitas perangkat lunak dan promosi pengetahuan teknis yang luas.

Manfaat Belajar Code Open Source

Belajar code di open source memiliki beragam manfaat yang dapat meningkatkan keterampilan dan pengalaman seorang pengembang. Partisipasi dalam komunitas open source memungkinkan untuk berkolaborasi dengan pengembang lain, berbagi pengetahuan, dan memperluas jaringan professional. Belajar di open source memperkaya pemahaman tentang konsep-konsep kompleks dalam pemrograman dan teknologi yang berbeda, melalui pengalaman langsung dalam memecahkan masalah dan mengimplementasikan solusi.

Kontribusi pada proyek-proyek yang sudah ada membuat seseorang dapat mengembangkan keterampilan interpersonal seperti komunikasi dan kerja sama tim yang menjadi aspek penting dalam pengembangan proyek dalam skala lebih besar. Kesempatan membangun portofolio yang kuat serta mendapat pengakuan dari komunitas dan mengembangkan pemahaman lebih mendalam tentang industri pemrograman secara keseluruhan.

Dengan semua manfaat proyek open source ini tidak hanya memperluas pemahaman teknis, tetapi juga mempersiapkan untuk menjadi programmer yang lebih efektif dan terampil dalam lingkungan kerja yang beragam. Jadi, bagaimana belajar code dari open source?

Tips & Trik Belajar Membangun Proyek Open Source

Misalkan kalian pengen belajar code integrasi OpenAi di project Next js. Maka daripada kebingungan melihat contoh di docs sampai akhirnya menangis dalam batin, kamu bisa leverage search GitHub buat melihat contoh code yang mirip.

Catatan, jangan lupa untuk filter search nya sesuai dengan stack yang digunakan.

Image

Syntax Open Source yang bisa kalian tulis:

	* language: -> untuk filter bahasa pemrograman
	* path: -> filter berdasarkan directory
	* OR, AND, NOT -> boolean operator
	*  // -> regex syntax

Selengkapnya kamu bisa cek di dokumentasi GitHub di sini

Contoh lain? Misalnya mau belajar findUnique Prisma di Next.js:

Image

/prisma.*.findUnique/ language:typescript path:app/

Breakdown:

* /prisma.*.findUnique/ -> regex syntax findUnique
* language:typescript -> bahasa typescript
* path: app/ -> di path /app (next.js app dir)

Baca Juga: Mau Jadi Mobile Developer, Belajar Dari Sini Dulu!

Kesimpulan

Poin poin yang dapat disimpulkan dari manfaat dan tips belajar membangun proyek open source adalah akses yang terbuka terhadap code sumber yang memungkinkan pembelajaran terbaik dalam meningkatkan kreativitas pemrograman. Komunitas di dalam open source bisa menjadi jembatan buat kalian berkolaborasi, berbagi pengetahuan, memperluas jaringan dengan programmer lain.

Jadi, mulailah dengan proyek-proyek yang sesuai dengan minat dan tingkat keterampilan kalian, berinteraksi dengan komunitas secara aktif, jangan takut bertanya dan meminta bantuan, dan ingatlah bahwa belajar code di open source adalah perjalanan yang terus berlanjut di mana kalian dapat terus bertumbuh dan berkembang sebagai seorang programmer yang handal.

Sekian, semoga membantu, ya!