Mau Jadi Mobile Developer, Belajar Dari Sini Dulu!

sheli 25 Januari 2024

Mau Jadi Mobile Developer, Belajar Dari Sini Dulu!

Profesi mobile developer ini cukup menarik ya apalagi untuk kamu yang sangat lihai dalam membangun struktur code dan memiliki keinginan untuk membangun sebuah inovasi dalam mobile apps. Mobile developer adalah seseorang yang memiliki profesi di bidang teknologi specialist untuk membuat software dalam perangkat mobile misalnya untuk di gunakan pada smartphone dan tab. Tugas mobile developer cukup krusial yaitu mulai dari analisis kebutuhan, perancangan aplikasi, testing hingga pemeliharaan.

Baca Juga : Caritahu yuk, Aplikasi untuk ngoding andoid disini!

Nah siapa di sini yang penasaran kira-kira mobile developer kerjanya apa ya? jika kamu penasaran, maka simak ulasan ini sampai akhir ya.

Pengenalan Mobile Developer

Image

Seperti yang kita ketahui bahwa teknologi perkembangan gadget semakin canggih dan selalu up to date pada tiap tahunnya. Ketahuilah bahwa kecanggihan fitur-fitur gadget ini di rancang oleh seorang mobile developer melalui baris code.

Pada setiap baris code yang mereka susun memiliki fungsionalitas tertentu untuk memudahkan pengguna. Baris code yang di maksud ini seperti apa? jika kamu memiliki latar belakang IT maka mungkin sudah kenal dengan yang namanya bahasa pemrograman.

Seorang mobile developer harus memiliki kemampuan bahasa pemrograman dan memahami kerangka kerja aplikasi sesuai dengan fungsinya. Berikut ini bahasa pemrograman yang harus kamu kuasasi sebagai seorang pengembang mobile.

iOs Development

Seseorang yang mengembangkan perangkat lunak untuk SO iOs seperti produk apple. Sistem operasi yang di kembangkan pada apple di antaranya iPhone, iPad, AppleTV dan sebagainya.

Bahasa pemrograman resmi yang di gunakan untuk mengembangkan aplikasi iOs dan macOS yaitu bahasa Swift. Selain itu bahasa pemrograman lama yang juga masih banyak di gunakan untuk mengembangkan aplikasi iOs selain swift yaitu bahasa Objective-C.

Andoid Development

Profesi yang bertugas mengembangkan aplikasi khusus untuk perangkat andorid. Berbeda dengan iOs bahwa aplikasi andoid ini di kembangkan langsung oleh Google umumnya di pasang pada perangkat smartphone, tablet dan perangkat andoid lainnya.

Umumnya untuk mengembangkan aplikasi andoid seorang developer menggunakan bahasa pemrograman kotlin. Bahasa pemrograman ini di sarankan langsung oleh google untuk pengembangan aplikasi andoid. Namun selain kotlin ada juga bahasa pemrograman java.

Memiliki pemahaman bahasa pemrograman Java/JavaScript ini terbilang masih sangat penting. Sebab banyak developer andoid yang masih men-development aplikasi dengan bahasa ini.

Game Development

Berbeda dengan dua profesi yang sudah kita bahas yaitu mobile dan android development. Seorang game developer bertugas untuk mengembangkan aplikasi berbasis permainan (berupa video bergerak).

Bahasa pemrograman untuk game developer yaitu Unity (C#) di gunakan untuk mengembangkan aplikasi dari berbagai platform seperti iOs dan android. Bahasa pemrograman untuk game developer lainnya yaitu Coco2d (C++ dan Lua) di gunakan untuk mengembangkan aplikasi game 2D bisa juga di gunakan untuk pengembangan aplikasi iOs ataupun andoid.

Nah itu dia beberapa bahasa pemrograman yang di gunakan untuk mengembangkan aplikasi mobile dan iOs. Kira-kira mobile developer kerjanya apa ya di industri secara detailnya? jika kamu penasaran maka lanjut pembahasannya sampai habis ya.

Tugas Mobile Developer

Image

Setelah mengenal bahasa pemrograman untuk profesi mobile developer, maka selanjutnya kita bahas tugas mobile developer di industri ya. Perlu kamu ketahui bahwa tugas profesi ini bervariatif. Mulai dari analisis kebutuhan sampai identifikasi masalah serta pemeliharaan. Berikut ini detail tugas mobile developer di industri kerja.

Analisis Pengembangan

Sebelum membangun aplikasi mobile tentunya seorang developer harus melakukan analisis. Kira-kira apasaja kerangka kerja yang akan di buat agar sesuai dengan tujuan dan fungsinya.

Development Kerangka Aplikasi

Apabila tahap analisis sudah menemukan kerangka spesifik terkait aplikasi yang akan mereka kembangkan. Developer akan membuat kerangka UI dan UX sesuai dengan kebutuhan tersebut. Kemudian lanjut ke tahap perancangan aplikasi dengan menuliskan baris code nya. Developer akan mulai membuat tampilan UI dan pengalaman pengguna UX.

Developer menuliskan baris code dengan menggunakan bahasa pemrograman sesuai dengan kebutuhan aplikasi yang akan di buat. Macam-macam bahasa pemrograman nya sudah kita bahas sebelumnya di atas ya.

Optimasi dan Testing

Nah tahap berikutnya setelah aplikasi sudah selesai di buat masuk ke dalam tahap testing. Pada tahap ini biasanya developer akan menemukan bug yang kemudian harus mereka bereskan agar fungsionalitasnya kembali sesuai kebutuhan pengguna.

Pada tahap pengujian dalam industri kerja biasanya akan di lakukan menggunakan perangkat lunak QA. Quality Assure adalah alat testing yang memastikan sebuah aplikasi apakah sudah stabil dan kinerja aplikasi sudah sesuai.

Integritas API

Apabila palikasi sudah lolos tahap QA maka developer akan mulai melakukan integrasi aplikasi menggunakan API. Apa itu API? jika kamu belum tau maka berikut penjelasan singkatnya.

API atau kepanjangan Application Programming Interface adalah sekumpulan intruksi pada sebuah aplikasi agar dapat saling terhubung satu dengan lainnya.

Uji Keamanan Apps

Kemudian langkah selajutnya adalah developer melakukan identify kembali agar aplikasi tidak memiliki potensi masalah. Maksudnya masalah dalam memastikan sebuah data user dapat di simpan, terjaga, dan aman.

Launching Apps

Tahap paling menyenangkan bagi seorang developer adalah peluncuran aplikasi untuk di pasang pada google play store dan app store. Namun sebelum aplikasi di pasang pada platform ini harus di pastikan kembali aplikasi sudah sesuai dengan kaidah dan pedoman yang benar agar tidak menyalahi aturan.

Apabila terjadi problem atau pengembangan lebih lanjut mengenai aplikasi setelah deploy. Developer sudah bertugas untuk mengikuti update terbarunya. Tetapi sebetulnya ini tergantung dengan persepakatan awal. Artinya apakah akan ada proyek lanjutan atau akan di lanjutkan oleh developer lain.

Baca juga : Yuk Belajar Membuat Aplikasi Andoid dengan Kotlin

Gaji Developer di Indonesia

Setelah mengulas pemahaman terkait mobile developer, selanjutnya kita caritahu ya berapa sih besaran gaji mobile developer d Indonesia? yuk kita bahas.

Besaran gaji mobile developer berfariatif tergantung pada beberapa faktor seperti latar belakang pendidikan, pengalaman kerja, lokasi industri dan proyek yang di kerjakan.

Namun pada umumnya gaji mobile developer di indonesia untuk pemula sekitar IDR 8 juta s/d IDR 15 juta tiap bulan. Sedangkan untuk tingkat menengah dengan pengalaman 2 sampai 5 tahun bisa mendapatkan gaji lebih tinggi yaitu sekitar IDR 15 juta sampai IDR 25 juta rupiah tiap bulan. Tingkat senior dengan pengalaman 5 tahun lebih bisa mendapatkan gaji yang tidak kalah tingginya yaitu mulai dari IDR 25 juta sampai 40 juta perbulan.

Menjadi seorang mobile developer sangat menggiurkan apalagi setelah mengetahui profit atau gaji yang bisa kita dapat dalam tiap bulan. Karena perkembangan gadget ini tidak pernah mengalami penurunan bahkan selalu meningkat peminatnya pada tiap tahunnya. Menjadi profesional mobile developer cukup menjanjikan untuk jenjang karir nih coders.

Nah, bagaimana nih coders? jika kamu tertarik belajar seputar dunia mobile programming atau belajar bahasa pemrograman lebih luas telusuri materi belajar nya disini ya.