Belajar Web Programing dari Nol, Bahasa Pemrograman Dasar!

sheli 22 Desember 2023

Belajar Web Programing dari Nol, Bahasa Pemrograman Dasar!

Coders! Belajar coding memang tidak mudah ya, terlebih bagi kamu yang baru memulai belajar bahasa pemrograman. Tapi jika kamu sudah mulai timbul rasa penasaran dan mulai ngulik bahasa pemrograman. Kini saatnya kamu gali dunia web programing agar rasa penasaranmu tidak berujung sia-sia hehehe..

Mengenal Bahasa Pemrograman Komputer

Konon, bahasa pemrograman adalah sekumpulan kode absurd yang digunakan untuk merangkai sebuah sistem yang dapat mempermudah pekerjaan manusia.

Sebetulnya tidak absurd jika kita bisa memahami setiap baris kode-nya. Jika ingin mendalami bahasa pemrograman, mulai belajar algoritma dalam sebuah sistem. Disini kamu akan mulai belajar analisa bagaimana sebuah aplikasi dapat berjalan.

Pada gambar di atas, hal dasar yang harus kamu temukan adalah inti persoalan. Kemudian disinilah sebuah algoritma di susun step by step. Selanjutnya akan ada tahapan untuk membuat sebuah flow untuk memecahkan masalah tersebut yang kemudian akan diproses menggunakan baris code. Ada banyak sekali bahasa pemrograman dasar yang dapat kamu pelajari. Mulai dari VB, bahasa C, Bahasa C++, Bahasa C#, Java dan lain sebagainya.

Algoritma dalam Bahasa Pemrograman

Sudah ada gambaran ya tentang algoritma dalam bahasa pemrograman? Pada intinya, algoritma ialah urutan langkah-langkah pemecahan masalah dengan menggunakan metode tertentu.

Contoh Algoritma dalam Bahasa Pemrograman

Kita akan mengenali beberapa contoh dalam bahasa pemrograman, berikut contohnya! Bahasa C++

#include <iostream>
using namespace std;

int main() {
	// Algoritma untuk menjumlahkan dua bilangan
		int bil1, bil2;
		
		count << "Masukkan bilangan pertama: ";
		cin >> bil1;
		
		count << "Masukkan bilangan kedua: ";
		cin >> bil2;
		
		// Menjumlahkan dua bilangan
		int hasilJumlah = bil1 + bil2;
		
		// Menjumlahkan dua bilangan
		int hasilJumlah = bil1 + bil2;
		
		//Menampilkan hasil
		count << "Hasil penjumlahan" << hasilJumlah << endl;
		
		return 0;
}

Bahasa Pemrograman Terbaik

Ada banyak sekali bahasa pemrograman web yang biasa digunakan oleh para developer. Diantara bahasa pemrograman web yang populer diantaranya yaitu javascript, python, PHP, HTML, hingga C#.

Sebagai pengembang web development, 5 bahasa pemrograman tersebut bisa kamu coba dan pelajari. Kemudian baru kamu bisa mempelajari lebih lanjut terkait framework.

Apa itu Framework? nanti kita akan bahas pada pembahasan selanjutnya ya. Semoga bermanfaat dan see you!