Mau Jadi Web Developer? Belajar Ini Dulu Yuk

sheli 27 Januari 2024

Mau Jadi Web Developer? Belajar Ini Dulu Yuk

Profesi web developer ini banyak sekali peminatnya ya dan banyak juga di gandrungi oleh para mahasiswa lulusan IT. Apa itu web developer? jadi web developer ini adalah seseorang profesional yang bekerja dalam siklus IT untuk membuat aplikasi berbasis website. Tugas web developer yaitu mulai dari analisis kebutuhan, perancangan baris code, hingga tahap pemeliharaan sebuah situs website.

Baca Juga: Aplikasi belajar web developer, install dulu yuk!

Nah coba siapa di sini yang tertarik menjadi seorang web developer? jika kamu tertarik, maka mari kita kaji profesi ini sampai tuntas ya.

Pengenalan Web Developer

Kecanggihan teknologi yang semakin maju membuat seorang web developer banyak di cari oleh industri. Kalian pernah browsing melalui situs online? jika pernah artinya kamu sudah sedikit pengenal pekerjaan seorang web developer.

Sama hal nya dengan seorang mobile developer, bahwa seorang web developer juga bekerja untuk menyusun setiap baris code agar membentuk sebuah aplikasi. Perbedaan antara mobile developer dan web developer yaitu jenis sistem operasi yang mereka kembangkan. Jika seorang mobile developer menyusun baris code untuk membuat aplikasi di mobile seperti smartphone, ipad dan tab. Seorang web developer bekerja untuk menyusun baris code agar berbentuk sebuah aplikasi berbasis web yang dapat di akses oleh browser.

Seorang web developer harus punya skills kemampuan berbahasa pemrograman. Bahasa apa yang di gunakan oleh web developer? jika kamu penasaran maka lanjut baca ulasannya sampai akhir ya.

Bahasa Pemrograman Web Developer

Seorang pengembang web di tuntut harus lihai dalam merancang setiap baris code menggunakan bahasa pemrograman seperti HTML, CSS, JavaScript, PHP, Python dan lain sebagainya.

Kira-kira untuk menjadi seorang web developer bahasa pemrograman apa yang harus di pelajari terlebih dahulu? jika kamu mau geluti dunia web developer maka belajar dari sini dulu.

HTML

Image

HTML juga merupakan bahasa pemrograman yang di gunakan untuk mendefinisikan sebuah text, image, link, form dan lainnya.

CSS

Selanjutnya setelah sudah memahami bahasa pemrograman HTML kamu bisa lanjut belajar bahasa CSS. Bahasa pemrograman CSS atau yang memiliki kepanjangan Cascading Style Sheets adalah bahasa yang di gunakan untuk menyusun tata letak sebuah halaman website.

Bahasa pemrograman CSS akan memberikan intruksi untuk mengatur mulai dari color, size, dan font dalam element-element yang ada di dalam HTML.

JavaScript

Image

Ibaratkan kerangka manusia di susun menggunakan bahasa HTML, maka sebelum di poles menggunakan CSS maka tubuh manusia belum memiliki gambaran jelas mulai dari tangan, kaki, sampai kepala. Agar bagian tubuh kita memiliki ukuran badan yang simetris dan memiliki warna kulit, baju, dan rambut yang menarik lalu kita lengkapi dengan CSS.

Tapi tidak sampai di sini karena manusia harus memiliki logic untuk berfikir. Nah di sinilah peran JavaScript dalam pemrograman. Sehingga sebuah situs website bisa menjadi lebih interaktif saat di gunakan oleh user.

SQL

Image

Secara gambaran singkatnya seperti ini, jika user melakukan input data pada halaman website kita. Maka SQL akan melakukan interaksi terhadap data tersebut untuk di kelola dan kemudian di simpan pada database system.

PHP, Python dan Ruby

Image

Bahasa pemrograman PHP umumnya akan di gunakan bersama dengan Apache sedangkan bahasa pemrograman Python di gunakan bersamaan dengan Djago/Flask. Kemudian untuk bahasa pemrograman Ruby di gunakan secara bersama dengan Ruby on Nails.

Baca Juga : Belajar Web Developer dari Nol Disini Yuk!

Nah Coders, jika kamu sudah pelajari beberapa bahasa pemrograman di atas. Maka kamu sudah bisa mengembangkan aplikasi berbasis website. Untuk pemahaman lebih lanjut kamu juga perlu pelajari bahasa Node.js, TypeScript, Framework dalam teknologi front-end, framework dalam teknologi backend.

Umumnya seorang web developer bekerja secara tim maka kamu juga perlu mempelajari sistem kontrol Git. Git akan sangat membantu kamu untuk mengelola dan mencaritahu sumber baris code untuk referensi serta pemanfaatan kolaborasi tim.

Gaji Web Developer di Indonesia
Image

Pada dasarnya gaji web developer sangat berfariatif bergantung pada beberapa aspek. Faktor yang mempengaruhi besaran gaji web developer di antaranya yaitu dari silsilah pendidikan, skills kompetensi, dan industri kerja.

Gaji web developer di Indonesia umumnya berkisar IDR 4 juta hingga IDR 8 juta tiap bulan untuk tingkat junior. Sedangkan untuk middle yang sudah memiliki pengalaman bisa memperoleh gaji berkisar IDR 8 juta hingga IDR 15 juta per bulan. Kira-kira ada yang tau untuk nominal gaji senior web developer? jika kamu sudah menjadi senior maka kamu bisa mengantongi gaji lebih tinggi yaitu berkisar IDR 15 juta per bulan bahkan bisa lebih, wow sangat menggiurkan ya.

Gimana coders? jika kamu tertarik menjadi seorang web developer maka jangan lengah untuk terus belajar ya. Yuk belajar pemrograman untuk jenjang karir yang menggiurkan disini!