Apa Itu Database? Yuk Cari Tahu Apa Itu Database

Hisyam Ali Husain 25 Juli 2023

Apa Itu Database? Yuk Cari Tahu Apa Itu Database

Hai Coders, gimana kabar kalian? semoga baik-baik saja ya! Oh iya sebelumnya kalian pasti sudah pada tahu dengan beberapa situs pembelanjaan online seperti Tokopedia, Shopee, Lazada, dan masih banyak lagi lainnya. Tapi, apakah kalian tahu kalau situs pembelanjaan online bahkan situs lainnya pun menggunakan fitur Database, karena dalam pembuatan suatu situs web ataupun aplikasi apapun pasti membutuhkan kehadiran dari Database, oleh karena itu kali ini kita akan bahas bersama-sama mengenai Database.

Pengertian Database

Database adalah suatu sistem yang dirancang untuk menyimpan, mengatur, dan mengelola kumpulan data yang terkait secara terstruktur. Database atau dalam pengucapan bahasa Indonesia, dikenal sebagai Basis Data/Pangkalan Data. Data dalam database dapat berupa informasi seperti teks, angka, gambar, audio, video, atau jenis data lainnya.

Database adalah kumpulan informasi atau data yang terstruktur dan tersimpan dalam suatu sistem komputer yang dapat diakses, diubah, dan dikelola dengan mudah. Dalam basis data, data-data tersebut disusun sedemikian rupa sehingga memungkinkan pengguna untuk menyimpan, mengelola, dan mengambil data dengan efisien.

Adapun penjelasan mengenai apa itu database atau basis data menurut beberapa ahli adalah sebagai berikut:

"Database adalah suatu sistem yang dirancang untuk menyimpan dan mengelola kumpulan data yang terkait, dengan tujuan untuk menyediakan akses yang efisien dan aman ke informasi." (Raghu Ramakrishnan dan Johannes Gehrke - Database Management Systems, 3rd Edition).

"Database adalah kumpulan data terintegrasi yang berarti data yang saling berhubungan, tersimpan pada media yang berbagi dan memiliki beberapa pengguna serta tujuan aplikasi yang berbeda." (Elmasri dan Navathe - Fundamentals of Database Systems, 7th Edition)

"Database adalah kumpulan data yang saling berhubungan, yang disimpan di dalam sebuah perangkat penyimpanan komputer secara terintegrasi." (Connolly dan Begg - Database Systems: A Practical Approach to Design, Implementation, and Management, 6th Edition)

Sejarah Singkat Adanya Database

Image

Perlu Coders ketahui, awalnya pada saat masih belum ada komputer, orang-orang menyimpan data masih secara konvensional, yang mana cara tersebut tidak terlalu efektif karena mempunya beberapa permasalahan seperti menghabiskan banyak ruang, data yang dituju susah ditemukan dan juga susah untuk dicadangkan. Akhirnya pada sekitar tahun 1960-an saat komputer generasi awal muncul, data sudah mulai terkomputerisasi.

Kegunaan Database?

Beberapa kegunaan utama dari database antara lain:

1. Penyimpanan dan Pengelolaan Data Database menawarkan fitur yang mana bisa menyimpan dan mengelola berbagai data secara teratur dan terstruktur.

2. Akses Cepat dan Efisien Database dapat diakses dengan mudah dengan cepat dan juga efisien, tidak seperti penyimpanan data konvensional yang masih secara tradisional (fisik), yang mana membutuhkan ruang, waktu dan juga biaya yang tidak sedikit.

3. Keamanan Data Database memiliki mekanisme keamanan yang dapat mengontrol hak akses pengguna terhadap data. Hal ini memastikan bahwa hanya pengguna yang berwenang yang dapat mengakses data sensitif, jadi tidak perlu risau perihal keamanan data.

4. Integrasi Data Database dapat menyimpan data secara historis, memungkinkan untuk melihat perkembangan data yang ada dari waktu ke waktu, hal ini memudahkan pengguna untuk mengintegrasikan data yang dipunya.

Image

Database mempunyai banyak kegunaan yang sangat penting dalam perkembangan dunia teknologi dan informasi seperti yang sudah dijelaskan di awal tadi, contohnya seperti situs pembelanjaan online tidak lepas dari andil adanya database untuk menyimpan berbagai data, seperti data pelanggan, produk, transaksi, dan lainnya. Jadi, kesimpulannya database adalah sistem atau kumpulan data yang terstruktur dan terkait secara logis, yang disimpan secara fisik di media penyimpanan komputer. Database bertujuan untuk menyediakan akses dan manajemen data secara efisien, memungkinkan pengguna untuk menyimpan, mengakses, dan memanipulasi informasi dengan mudah dan aman. Gimana nih Coders, udah puas belum sama pengetahuan baru ini?