Jenis-Jenis Database? Intip Lebih Jauh Macam Jenis Database Yuk!

Hisyam Ali Husain 1 Agustus 2023

Jenis-Jenis Database? Intip Lebih Jauh Macam Jenis Database Yuk!

Hai Coders, ketemu lagi nih kita setelah sebelumnya membahas tentang "Apa Itu Database?" dan juga apa saja kegunaannya, nah kali ini kita akan menyelam lebih jauh untuk membahas terkait Jenis-Jenis Database. Coders udah tau belum nih ada berapa banyak dan apa saja macam jenis Database itu? Yuk kita bahas bersama-sama!

Macam Jenis Database

Perlu Coders ketahui, database sendiri mempunyai banyak macam berdasarkan model dan struktur penyimpanan datanya, adapun macam-macamnya sebagai berikut:

1. Relational Database (Basis Data Relasional)

Image

Relational Database (Basis Data Relasional) adalah jenis basis data yang menggunakan model relasional untuk menyimpan dan mengelola data. Dalam database relasional, data diorganisasi dalam bentuk tabel yang memiliki baris dan kolom. Setiap tabel mewakili entitas atau objek dalam dunia nyata, seperti pelanggan, produk, pesanan, atau karyawan. Data dalam tabel saling berhubungan melalui kunci utama dan kunci asing.

Beberapa jenis database ini yang populer antara lain ada MySQL, PostgreSQL, Oracle Database, Microsoft SQL Server, dan SQLite.

2. Hierarchical Database

Image

Hierarchical Database (Basis Data Berbasis Hierarki) adalah jenis basis data yang menggunakan struktur hirarki atau pohon untuk menyimpan dan menghubungkan data. Dalam basis data ini, data disusun dalam bentuk hirarki dengan satu entitas menjadi induk (parent) dari entitas lainnya yang menjadi anak (child). Setiap entitas anak hanya dapat memiliki satu entitas induk, dan setiap entitas induk dapat memiliki beberapa entitas anak.

Salah satu jenis basis data ini yang populer salah satunya adalah IBM Information Management System (IMS), namun perlu Coders ketahui seiring perkembangan teknologi, basis data relasional dan basis data NoSql menggeser kedudukan basis data hierarki karena telah lebih umum digunakan karena fleksibilitas dan kemampuan mereka untuk mengelola data yang lebih kompleks dan terstruktur dengan lebih baik.

3. Object Oriented Database

Image

Object Oriented Database (Basis Data Berorientasi Objek) adalah jenis basis data yang menggabungkan konsep dari bahasa pemrograman berorientasi objek dengan model penyimpanan data. Basis data ini memungkinkan penyimpanan dan pengambilan objek kompleks yang terdiri dari data dan metode (fungsi) yang berhubungan dengan objek tersebut. Dalam basis data berorientasi objek, data dianggap sebagai objek yang memiliki atribut (data) dan metode (aksi atau operasi).

Beberapa jenis basis data berorientasi objek adalah ObjectDB dan db4o.

4. Network Database

Image

Network Database (Basis Data Berbasis Jaringan) adalah jenis basis data yang menggunakan model penyimpanan data yang kompleks dengan hubungan yang kompleks antara entitas. Basis data ini memungkinkan satu entitas untuk memiliki lebih dari satu entitas induk (parent) dan mengatasi beberapa keterbatasan struktural dari basis data hierarki. Basis data berbasis jaringan menggunakan struktur grafik untuk menyimpan data, di mana entitas diwakili sebagai simpul (node) dan hubungan antara entitas diwakili sebagai tepi (edge) dalam grafik.

Salah satu database jenis ini ialah Integrated Database Management System (IDMS).

5. NoSql Database

Image

Jenis database NoSQL (Not Only SQL) adalah kelompok basis data yang tidak mengikuti model relasional tradisional yang digunakan dalam basis data relasional. Istilah "NoSQL" mengacu pada fakta bahwa basis data ini tidak hanya menggunakan bahasa kueri SQL seperti yang digunakan dalam basis data relasional. Basis data NoSQL dikembangkan untuk menangani beberapa tantangan yang tidak mudah diatasi oleh basis data relasional, terutama dalam konteks aplikasi modern yang membutuhkan skala yang besar, data tidak terstruktur, serta kebutuhan performa tinggi.

Beberapa jenis basis data NoSql adalah MongoDB, Apache Cassandra, Apache HBase, CouchDB.

Gimana nih Coders? Jadi tau kan macam-macam jenis database atau basis data?